Sukses

WhatsApp Garap Fitur Group Chat Event, Begini Cara Kerjanya

WhatsApp akan hadirkan fitur Group Chat Event, pengguna dapat menjadwalkan acara dan mengoordinasikan diskusi dalam obrolan grup, sehingga dapat mengurangi risiko panggilan tidak terjawab atau keterlambatan.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp diketahui sedang mengembangkan fitur baru di aplikasinya. Diinformasikan WABetaInfo, sebuah fitur baru untuk grup obrolan akan segera hadir, yakni fitur Group Chat Event. 

Kehadiran fitur baru WhatsApp ini muncul di aplikasi chat untuk Android itu di versi beta 2.23.21.12, dan sudah dapat diakses di Google Play Store, sebagaimana dikutip dari WABetaInfo, Jumat (13/10/2023).

Dengan fitur ini, pengguna dapat menjadwalkan acara dan mengoordinasikan diskusi dalam obrolan grup. Dengan demikian, ini dapat mengurangi risiko panggilan tidak terjawab atau terlambat dalam acara tertentu.

Saat ini, fitur Group Chat Event masih dalam tahap pengujian dan secara eksklusif tersedia untuk sekelompok pengguna WhatsApp Beta tertentu. Jadi, bagi pengguna yang penasaran perlu bersabar dan menunggu sampai adanya pembaruan aplikasi di masa mendatang.

Pada pembaruan mendatang, tindakan baru di menu berbagi obrolan akan menampilkan pintasan acara. Pengguna dapat membuat acara dengan nama tertentu dan mengatur pengingat dalam percakapan.

Perlu dicatat, Chat Event ini dienkripsi secara end-to-end. Maka dari itu, pengguna tidak perlu khawatir soal keamanannya, karena hanya peserta percakapan yang dapat mengaksesnya.

Setelah event dibuat, acara tersebut secara otomatis ditambahkan ke percakapan grup, sehingga semua peserta grup harus memperbarui WhatsApp ke versi terbaru untuk melihat dan menerima acara undangan grup baru.

Menjadi catatan pula, saat ini, fitur Group Chat Event terbatas pada obrolan grup komunitas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Baru WhatsApp Bisa Buat Stiker dan Gambar Fotorealistik Dibantu AI

Di samping itu, WhatsApp dipastikan akan memiliki beberapa fitur baru berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI). Hal ini diungkap secara langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg.

Dalam sesi di Meta Connect 2023, Mark Zuckerberg membagikan informasi tentang fitur baru WhatsApp yang akan dapat dinikmati pengguna.

Adapun fitur baru WhatsApp yang akan hadir tersebut akan menggunakan teknologi berbasis AI. Ketiga fitur itu antara lain, stiker AI, chat AI, dan pembuatan gambar fotorealistik.

Mengutip keterangan di blog WhatsApp, Minggu (1/10/2023), ketiga fitur baru WhatsApp ini akan ditenagai oleh chatbot buatan Meta sendiri yang bernama Llama 2.

"Meta AI akan tersedia dalam chat berbasis teks dengan akses informasi real-time," kata bos Meta tersebut di Meta Connect 2023.

Untuk mewujudkan hal ini, perusahaan sudah bermitra dengan mesin pencari Bing milik Microsoft untuk memberikan tanggapan terkini dan langsung.

Beda dari chatbot populer lainnya, chatbot milik Meta AI ini mampu menghasilkan gambar fotorealistik seperti Midjourney dan Dall-E langsung dari laman chatting.

3 dari 4 halaman

Meta Umumkan Fitur Keamanan Baru untuk Akun WhatsApp Business

Meta mengumumkan langkah-langkah keamanan baru untuk akun WhatsApp Business. Salah satunya adalah sistem verifikasi akun baru, yang dirancang untuk membantu pengguna mengidentifikasi dan berinteraksi dengan bisnis resmi.

Tidak hanya itu, sistem ini juga bertujuan untuk melindungi pengguna dari penipuan.

Mengutip dari Gizchina, Rabu (27/9/2023), sistem verifikasi akun masih dalam tahap pengujian. Meski demikian, Meta berencana meluncurkannya ke semua akun bisnis dalam waktu dekat. 

Untuk mendapatkan verifikasi, setiap akun bisnis perlu memberikan bukti identitas dan legitimasi. Setelah diverifikasi, mereka akan menerima lencana akun terverifikasi, yang akan ditampilkan di sebelah nama mereka di obrolan WhatsApp.

Selain sistem verifikasi akun, Meta juga memperkenalkan sejumlah fitur baru lainnya untuk akun bisnis. Beberapa di antaranya adalah kemampuan membuat laman WhatsApp yang dipersonalisasi, dukungan untuk banyak perangkat, dan fitur baru yang disebut Flows.

Flows memungkinkan pengguna akun bisnis menawarkan layanan yang lebih luas kepada pelanggan mereka tanpa harus meninggalkan jendela obrolan WhatsApp. 

4 dari 4 halaman

Langkah Keamanan Baru WhatsApp Business Disambut Baik

Langkah-langkah keamanan baru yang diumumkan Meta untuk akun WhatsApp Business disambut baik oleh banyak pengguna. Sebab, penipuan dan peniruan identitas adalah masalah besar di banyak platform online, tidak terkecuali WhatsApp. 

Sistem verifikasi akun baru dan langkah-langkah keamanan lainnya yang diperkenalkan Meta ini disebut akan membantu menjadikan WhatsApp Business menjadi platform yang lebih aman dan terjamin bagi bisnis dan pelanggan mereka.

Fitur-fitur baru yang diperkenalkan Meta untuk akun bisnis juga penting bagi para penggunanya, karena bisa memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

Secara keseluruhan, langkah-langkah dan fitur keamanan baru yang diumumkan Meta untuk WhatsApp Business merupakan perkembangan positif.

Langkah-langkah ini akan membantu menjadikan platform lebih aman dan terjamin bagi bisnis dan pelanggan mereka, dan juga akan membantu bisnis memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.