Sukses

Pengguna Keluhkan iPhone 15 Pro Masih Panas Berlebihan Meski Sudah Update iOS 17.0.3

Isu overheating iPhone 15 Pro belum terselesaikan dengan update iOS 17.0.3

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah menanggapi keluhan pengguna iPhone 15 Pro yang mengalami overheat atau pemanasan berlebihan dengan luncurkan pembaruan iOS 17.0.3.

Mengutip ZDNet, Minggu (15/10/2023), banyak pengguna HP Apple yang sudah menggunakan update iOS 17.0.3 di iPhone 15 Pro masih terlalu panas saat dipakai.

Di laporan sama, tak ada  menyebutkan overheating saat melakukan pengisian daya, jadi masalah itu tampaknya berhasil diperbaiki oleh Apple. 

Namun, orang-orang melaporkan masalah dengan iPhone 15 Pro atau Pro Max panas berlebihan ini terjadi saat melakukan panggilan telepon, bermain game, menyimpan ponsel di saku, memutar musik, hingga menggunakan kamera HP iPhone.

Laporan-laporan ini datang dari media sosial, jadi tidak mungkin untuk memverifikasi semuanya. 

Salah satu laporan panas berlebih iPhone ini berasal dari sumber terpercaya, dan memberikan bukti meyakinkan tentang masalah overheating.

Gabriel Suchowolski, seorang desainer grafis di Spanyol, melaporkan overheating pada iPhone 15 Pro Max miliknya. 

Dia mengatakan, "bukan panas membara, tetapi panas seperti roti bakar ... di area di sebelah kanan lensa (kamera) dan di sisi dekat tombol volume." 

Ia mengatakan, hal ini terjadi apabila melakukan panggilan telepon lebih dari satu menit, dan ketika mengambil 4 sampai 5 foto atau lebih secara berturut-turut.

Masalah panas ini terus terjadi terus-menerus, meski dia telah memperbarui ponselnya ke iOS 17.0.3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciptakan Bekas Terbakar pada Layar

Lebih lanjut, Suchowolski memberikan foto termometer yang digunakannya untuk mengukur suhu iPhone 15 Pro Max miliknya saat overheating. 

Termometer mencatat suhu pada 42 derajat Celcius atau setara 107,6 derajat Fahrenheit. Suhu ini sangat mirip dengan angka 107,1 F yang pernah ZDNet temukan pada pengujian ponsel saat pengisian daya fast charging, sebelum update iOS 17.0.3.

Selain panas berlebih, Suchowolski juga mengalami beberapa keanehan pada layar ponselnya. Terlihat pola membekas pada layar, yang mengindikasikan efek terbakar pada layar iPhone 15 Pro Max. 

Selain itu, ada laporan terpercaya dari kolega CNet yang melaporkan model iPhone miliknya tetap mengalami overheating, bahkan layar freeze setelah update iOS 17.0.3.

Kemudian terdapat laporan dari Sam Harman, seorang engineers di Inggris yang melaporkan model iPhone 15 Pro Max miliknya terasa lebih panas saat menggunakan kamera, terutama setelah update iOS 17.0.3.

Terdapat juga laporan mengenai masalah overheating yang dikarenakan penggunaan MagSafe fast charging yang menghentikan proses pengisian daya hanya dalam waktu 30 menit karena terlalu panas.

Nampaknya, permasalah overheating pada model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ini tak sebatas permasalahan software, dan Apple perlu memperbaikinya segera.

3 dari 4 halaman

Update iOS 17.0.3 Perlambat Kinerja iPhone 15 agar Tak Overheat?

Belakangan ini, Apple dihebohkan dengan komplain pengguna beberapa seri iPhone yang cepat panas atau overheat. Masalah ini tak hanya ditemukan pada seri lawas iPhone, namun juga seri terbarunya iPhone 15.

Menyusul banyaknya keluhan tentang masalah overheating yang mempengaruhi model iPhone 15 Pro, Apple merilis pembaruan iOS 17.0.3 untuk mengatasi masalah ini. 

Menurut perusahaan, panas berlebih disebabkan oleh perangkat lunak, bukan karena hardware atau cacat desain. Apple juga mengatakan mereka tidak akan mengurangi kinerja chip A17 Pro dengan pembaruan tersebut.

Perusahaan tersebut berpendapat bahwa iPhone menjadi lebih panas dari biasanya saat pertama kali melakukan pengaturan, memulihkan cadangan, mengisi daya, atau menjalankan aplikasi secara intensif. 

Namun, perusahaan mengakui bahwa masalah perangkat lunak di iOS 17 menyebabkan model iPhone 15 mengalami overheating, demikian jika dikutip dari 9to5Mac, Senin (9/10/2023).

Pada saat itu, perusahaan mengatakan kepada 9to5Mac bahwa pembaruan tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja chip A17 Pro, karena beberapa pengguna khawatir Apple mengurangi kinerja perangkat agar iPhone tidak overheating.

Apakah iOS 17.0.3 mempengaruhi kinerja iPhone 15 Pro?

Masih belum diketahui apa yang sebenarnya telah dilakukan Apple untuk mengatasi masalah overheating, tetapi 9to5Mac menjalankan beberapa tes benchmark menggunakan Geekbench 5 untuk melihat apakah performa terpengaruh oleh pembaruan iOS 17.0.3.

4 dari 4 halaman

Pengaruh iOS 17.0.3 dengan Kinerja iPhone

Ketika iPhone 15 Pro keluar, ini adalah hasil Geekbench 5 yang diperoleh dengan perangkat baru yang menjalankan iOS 17.0.1 dan iOS 17.0.2:

  • Skor single core: 2914
  • Skor multi-core: 7199

Perlu dicatat bahwa tes benchmark dapat bervariasi berdasarkan banyak kondisi, seperti suhu perangkat dan bahkan persentase baterai karena iOS cenderung mengurangi kinerja saat baterai hampir habis untuk menghematnya. 

Itulah mengapa hampir tidak mungkin untuk mendapatkan hasil yang sama persis setelah menjalankan tes lagi pada perangkat yang sama.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, berikut ini adalah hasil pengujian yang dilakukan setelah menginstal iOS 17.0.3 pada iPhone 15 Pro Max:

  • Skor single core: 2875
  • Skor multi-core: 7006

Ada sedikit penurunan, tetapi 9to5Mac dapat dengan mudah menemukan hasil yang sama dari iPhone yang menjalankan iOS 17.0.2. 

Setelah menginstal pembaruan dan menunggu dua jam hingga iPhone menjadi dingin, tim menjalankan pengujian lagi. Inilah hasilnya:

  • Skor single core: 2941
  • Skor multi-core: 7523

Kesimpulannya, tidak ada penurunan performa pada iOS 17.0.3 seperti yang diisukan untuk mencegah iPhone overheating.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini