Sukses

WhatsApp Siapkan Fitur Kode Rahasia, Apa Fungsinya?

WhatsApp sedang menguji fitur baru 'Kode Rahasia', apa fungsinya untuk pengguna?

Liputan6.com, Jakarta - Pengembang WhatsApp sedang menguji fitur baru yang diberi nama 'Kode Rahasia', menurut pemberitaan The Indian Express, dikutip Rabu (11/10/2023). Fitur ini berfungsi untuk mengunci obrolan.

Tidak hanya pada satu perangkat, fitur ini juga akan berfungsi pada perangkat yang terhubung dan memungkinkan pengguna menggunakan kata sandi khusus untuk folder obrolan yang dilindungi.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur baru ini pertama kali terlihat pada WhatsApp beta di Android 2.23.21.9, yang dapat diunduh dari Google Play Store oleh pengguna yang mendaftar program pengujian beta WhatsApp.

Dengan fitur Kode Rahasia ini, pengguna  dapat dengan mudah menemukan obrolan yang terkunci langsung dari bilah pencarian aplikasi dan mengunci obrolan bahkan pada perangkat yang terhubung.

Saat menggunakan fitur baru ini, WhatsApp akan merekomendasikan penggunaan kata atau emoji sederhana sebagai kode. Dengan demikian, dapat dengan cepat menemukan obrolan yang terkunci.

Pada Mei 2023, WhatsApp memperkenalkan cara mengunci obrolan menggunakan biometrik atau kode PIN. Namun, banyak yang merasa tidak puas, karena itu tidak mengunci obrolan di perangkat sekunder.

Dan saat ini, fitur Kode Rahasia baru WhatsApp tampaknya sedang dalam pengembangan. Dengan begitu, akan diperlukan waktu beberapa minggu atau bulan sampai fitur ini hadir di semua pengguna WhatsApp.

Dalam beberapa bulan terakhir, pengembang WhatsApp juga telah menambahkan beberapa fitur baru. Mulai dari WhatsApp Channel, berbagi gambar dan video dalam kualitas HD, membuat grup tanpa nama, mengedit teks media, dan masih banyak lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengunci Obrolan di WhatsApp dengan Fitur Chat Lock

Fitur baru Chat Lock di WhatsApp Messenger, diperkenalkan oleh Meta, memberikan pengguna kontrol lebih lanjut terhadap privasi dan keamanan pesan mereka.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan chat ke dalam folder tersembunyi yang hanya dapat diakses melalui kode sandi, sidik jari, atau ID wajah.

Dengan menggunakan Chat Lock, pengguna dapat menyembunyikan notifikasi dari kontak tertentu dan menjaga percakapan pribadi mereka tetap aman.

Berikut adalah cara mengaktifkan Chat Lock di WhatsApp pada Android dan iPhone:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih log obrolan (gambar profil) dari kontak atau grup yang ingin kamu sembunyikan.
  • Ketuk ikon informasi obrolan (biasanya ikon "i" di pojok kanan atas).
  • Gulir ke bawah dan ketuk opsi "Kunci Obrolan."
  • Nyalakan Kunci Obrolan dan atur autentikasi menggunakan sidik jari, kode sandi, atau pengenalan wajah (tergantung pada perangkat).
  • Ketuk "Lihat" untuk melihat obrolan yang ditempatkan di folder Obrolan terkunci.

Penting untuk memastikan bahwa perangkat kamu memiliki versi WhatsApp terbaru. Jika kamu belum mengatur autentikasi perangkat, kamu mungkin diminta untuk melakukannya sebelum menggunakan fitur Kunci Obrolan WhatsApp.

3 dari 5 halaman

Beberapa Smartphone Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Mulai 24 Oktober 2023

Beralih dari fitur keamanan yang dihadirkan WhatsApp, buat para pengguna aplikasi WhatsApp di smartphone lawas harus mulai mengecek sistem operasi (operating system/OS) di perangkatnya masing-masing.

Pasalnya mulai 24 Oktober 2023, WhatsApp bakal membatasi aplikasinya untuk dapat berjalan hanya di OS versi tertentu di smartphone Android.

"Perangkat dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami secara berkala meninjau sistem operasi mana yang akan kami dukung dan melakukan pembaruan," tulis WhatsApp di laman FAQ-nya.

Menurut aplikasi chatting milik Meta itu, setiap tahunnya mereka meninjau perangkat dan perangkat lunak mana yang paling lama dan dengan jumlah pengguna sedikit, untuk menentukan dukungan apa yang akan disetop.

"Perangkat ini mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," kata mereka, dikutip Kamis (5/10/2023).

4 dari 5 halaman

WhatsApp Hanya Untuk HP Android dengan OS Android Versi 5.0 dan yang Lebih Baru

Pada 24 Oktober mendatang, WhatsApp mengumumkan bahwa hanya HP Android dengan OS Android versi 5.0 dan yang lebih baru, yang akan mendapatkan dukungan dari mereka.

Sebelumnya, OS Android minimal yang direkomendasikan untuk aplikasi WhatsApp adalah OS 4.1.

"Mulai 24 Oktober 2023, hanya OS Android versi 5.0 dan yang lebih baru yang akan didukung," tulis perusahaan.

Jadi, buat pengguna HP Android kira-kira masih memakai OS 4.1 atau yang lebih lama, ada baiknya untuk melihat versi berapa sistem operasi yang dipakai saat ini.

Apabila sudah tidak didukung, pengguna HP Android dapat melakukan update OS apabila masih bisa melakukan pembaruan, atau harus mengganti perangkat ke yang lebih baru jika tidak bisa update.

Sementara untuk iPhone, hanya perangkat yang sudah menjalankan iOS 12 dan yang lebih baru, yang masih dapat dukungan. OS lain yang masih didukung aplikasi WhatsApp adalah KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

5 dari 5 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.