Sukses

Apple Ungkap Penyebab Overheat di iPhone 15, Sebut Ada Bug iOS 17 dan Aplikasi Pihak Ketiga

Overheating pada iPhone 15 disebabkan oleh bug iOS 17 dan aplikasi tertentu, Apple menyebutkan Instagram sebagai salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi diperkenalkan ke publik, iPhone 15 banyak dilaporkan mengalami panas berlebih atau overheating oleh para pengguna. Terkait masalah tersebut, Apple kini mengungkap penyebab hal itu bisa terjadi.  

“Kami telah mengidentifikasi beberapa kondisi yang dapat menyebabkan iPhone bekerja lebih panas dari perkiraan. Perangkat mungkin terasa lebih hangat selama beberapa hari pertama," tulis Apple seperti dikutip dari CNET, Selasa (3/10/2023).

Apple juga menambahkan, mereka menemukan bug di iOS 17. Hal ini juga berdampak pada beberapa pengguna, tetapi akan diatasi dalam pembaruan perangkat lunak.

Pernyataan dari Apple tersebut bertentangan dengan spekulasi yang beredar sebelumnya. Disebutkan dari informasi yang beredar, iPhone 15 mengalami overheat karena desain perangkat kerasnya. 

Apple menyatakan, rangka titanium dan substruktur aluminium pada iPhone 15 tidak berkontribusi terhadap masalah ini. Bahkan, justru desain model ini dapat menghilangkan panas lebih baik daripada baja tahan karat yang digunakan pada model Pro sebelumnya.

Selain bug pada iOS 17, sejumlah aplikasi versi terbaru juga menyebabkan panas berlebih pada iPhone 15. Apple menjelaskan update terkini pada beberapa aplikasi pihak ketiga di iOS 17, seperti Instagram, Asphalt 9, dan Uber, membebani CPU chip A17 Pro.

Sebelumnya, reviewer teknologi Faruk Korkmaz membagikan videonya yang mendokumentasikan suhu iPhone 15 Pro Max miliknya naik hingga 98 derajat dalam beberapa menit setelah membuka aplikasi Instagram. 

Hal serupa terjadi pada iPhone 14 Pro Max miliknya yang menjalankan iOS 17. Untuk mengatasi hal ini, Apple bekerja sama dengan pengembang pihak ketiga untuk menerapkan perbaikan. Hasilnya, Instagram merilis aplikasi versi terbaru pada 27 September 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna Melaporkan iPhone 15 Mencapai Suhu 80 Derajat Fahrenheit

Dengan adanya permasalahan overheat pada iPhone 15 ini, beberapa pengguna mengeluh tidak dapat memegang ponselnya dengan nyaman.

Diberitakan oleh CNET, Selasa (3/10/2023), seorang pengguna membagikan gambar termometer inframerah yang menunjukkan suhu iPhone 15 mereka mencapai lebih dari 80 derajat Fahrenheit.

Dilaporkan pula, 15 Pro Max menjadi terasa panas setelah pengguna menggunakan adaptor daya 140W MacBook Pro untuk mengisi daya.

Belum ada kabar kapan pembaruan perangkat lunak yang mengatasi bug iOS 17 akan keluar. Kendati demikian, Apple menjelaskan bahwa perbaikan tersebut tidak akan mengurangi kinerja iPhone.

Dalam hal pengisian daya, Apple mengatakan 15 Pro dan Pro Max mendukung adaptor USB-C apa pun yang sesuai dengan standar USB-C, termasuk Pengiriman Daya USB. 

Perusahaan juga mengatakan bahwa iPhone telah diatur untuk membatasi pengisian daya hingga maksimal 27W. Dengan demikian, jika pengguna menggunakan pengisi daya 20W atau lebih, akan mengakibatkan perangkat terasa lebih hangat untuk sementara waktu.

3 dari 4 halaman

Hal yang Bisa Dilakukan Pengguna untuk Mengatasi Panas Berlebih pada iPhone 15

Halaman dukungan Apple mencatat bahwa iPhone 15 akan terasa hangat saat pengguna pertama kali mengaturnya, memulihkannya dari cadangan, atau mengisi dayanya secara nirkabel. 

Jika kamu memiliki iPhone 15 Pro atau Pro Max dan mengalami panas berlebih,  ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Setidaknya, hingga Apple merilis pembaruan iOS 17. 

Aktifkan Low Power Mode dari Control Center atau di bagian Battery pada aplikasi Settings. Dengan melakukan pengaturan ini, akan menghentikan semua tugas di latar belakang, membatasi sementara kecepatan refresh layar hingga 60Hz, dan mengurangi kecerahan. 

Selain itu, kamu juga perlu menghindari penggunaan atau menyimpan iPhone 15 di bawah sinar matahari langsung atau di lingkungan yang sangat panas dalam waktu lama. 

Adapun jika kamu mencurigai suatu aplikasi mungkin menjadi penyebab masalahnya, nonaktifkan penyegaran latar belakang untuk aplikasi tersebut di bagian General di aplikasi Settings.

4 dari 4 halaman

Tidak Hanya Overheat, iPhone 15 Juga Dikeluhkan Lemot

Seperti yang dilaporkan Mashable sebelumnya, pada hari peluncuran iPhone 15, beberapa pengguna iPhone 15 terjebak pada loop boot logo Apple saat mencoba mentransfer data dari iPhone lama mereka.

Untungnya, ini adalah salah satu masalah yang telah diperbaiki oleh Apple. Pembaruan iOS yang dirilis pada hari peluncuran memperbaiki masalah bagi pengguna. 

Pemilik iPhone 15 akan melihat opsi untuk meningkatkan ke iOS baru saat pengaturan. Pengguna yang terjebak dalam loop dapat melakukan serangkaian tindakan singkat untuk mengatur ulang perangkat mereka dan meningkatkan ke iOS baru.

Dengan demikian, mereka dapat meluncurkan pengaturan tanpa hambatan.

Beberapa pengguna iPhone 15 mengeluhkan kelambatan saat menggunakan ponsel ini. Kemungkinan besar masalah ini berkaitan dengan iOS 17 yang baru diluncurkan.

Selain itu, banyak aplikasi yang mungkin belum meluncurkan pembaruan untuk iOS 17 atau iPhone baru.

Dengan demikian, pengalaman perangkat lunak apa pun yang terdegradasi terkait hal tersebut akan diperbaiki segera setelah pembaruan dikeluarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini