Sukses

Hacker China Curi 60 Ribu Email dari Departemen Luar Negeri AS

Peretas Tiongkok yang menerobos platform email Microsoft (MSFT.O) berhasil mencuri 60.000 email dari 10 akun Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, hal ini memperburuk hubungan yang sudah tegang antara kedua negara, karena dikabarkan, Beijing telah membantah tuduhan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Hacker China yang menerobos platform email Microsoft (MSFT.O) dilaporkan mencuri puluhan ribu email dari akun Departemen Luar Negeri AS. Demikian klaim seorang staf Senat kepada Reuters, pada 27 September 2023.

Para pejabat IT Departemen Luar Negeri mengatakan kepada anggota parlemen bahwa 60.000 email telah dicuri dari 10 akun Departemen Luar Negeri. Sembilan dari korban tersebut bekerja di Asia Timur dan Pasifik, serta satu orang bekerja di Eropa.

Diberitakan Reuters, Jumat (29/9/2023), pejabat AS dan Microsoft mengatakan pada bulan Juli 2023 bahwa peretas yang terkait dengan negara Tiongkok sejak Mei telah mengakses akun email sekitar 25 organisasi. Termasuk Departemen Perdagangan dan Luar Negeri AS. 

Kendati demikian, sejauh mana kompromi tersebut masih belum jelas.

Tuduhan AS bahwa Tiongkok berada di balik pelanggaran tersebut telah memperburuk hubungan yang sudah tegang antara kedua negara. Sebab, Beijing telah membantah tuduhan tersebut.

Individu-individu Departemen Luar Negeri yang akunnya disusupi sebagian besar berfokus pada upaya diplomasi Indo-Pasifik. Para peretas juga memperoleh daftar yang berisi semua email departemen tersebut.

Peretasan besar-besaran ini telah memfokuskan kembali perhatian pada peran Microsoft yang sangat besar dalam menyediakan layanan IT kepada pemerintah AS

Departemen Luar Negeri telah mulai beralih ke lingkungan “hibrida” dengan beberapa perusahaan vendor dan meningkatkan penggunaan otentikasi multi-faktor. Tindakan ini sebagai bagian dari langkah-langkah untuk melindungi sistemnya.

Para peretas menyusupi perangkat insinyur Microsoft, yang memungkinkan mereka membobol akun email Departemen Luar Negeri AS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peretas Dijuluki dengan Storm-0558

Awal September 2023 ini, Microsoft mengatakan bahwa peretasan pejabat senior di Departemen Luar Negeri dan Perdagangan AS berasal dari peretasan akun perusahaan insinyur Microsoft.

Peretas berhasil mengekstrak kunci kriptografi dari akun sang insinyur dan menggunakannya untuk mengakses akun email yang seharusnya tidak dapat mereka akses.

“Kami perlu memperkuat pertahanan terhadap serangan dan penyusupan siber semacam ini,” kata Senator Erick Schmitt

“Kami juga perlu mencermati ketergantungan pemerintah federal pada satu vendor sebagai potensi titik lemahnya,” tambahnya.

Juru bicara Microsoft belum memberikan komentar mengenai tanggapan senat tersebut. Microsoft mengatakan bahwa kelompok peretas yang dijuluki Storm-0558 telah membobol akun webmail yang berjalan pada layanan Outlook perusahaan tersebut.

Peretas diduga telah mencuri ratusan ribu email dari pejabat tinggi AS, termasuk Menteri Perdagangan Gina Raimondo, Duta Besar AS untuk Tiongkok Nicholas Burns, dan Asisten Menteri Luar Negeri untuk Asia Timur Daniel Kritenbrink.

Microsoft mengatakan pihaknya telah memperbaiki kelemahan yang menyebabkan kunci dapat diakses oleh peretas. Perwakilan Microsoft juga mengklaim akun insinyur tersebut telah diserang menggunakan "malware pencuri token".

3 dari 4 halaman

Microsoft Dituntut Untuk Memberikan Layanan Keamanan Gratis Kepada Penggunanya

Dilansir Reuters, Jpada akhir Juni 2023, salah satu klien pakar keamanan siber Steven Adair mendapat peringatan dari Microsoft. Akun email salah satu karyawan klien yang menangani masalah hak asasi manusia telah disusupi.

Adair berupaya melakukan penyelidikan, tetapi tidak dapat menemukan apa pun. Para peretas email tersebut adalah peretas yang sama dengan pencuri data pejabat Amerika Serikat.

Microsoft mengatakan peretasan tersebut dilakukan bukan dengan membajak komputer atau mencuri kata sandi. Melainkan dengan memanfaatkan masalah keamanan yang masih dirahasiakan pada layanan email online perusahaan yang ada di mana-mana.

Karena klien Adair tidak membayar Microsoft untuk paket keamanan premiumnya, data forensik terperinci tidak tersedia. Adair kini mendorong Microsoft untuk memberikan data tambahan kepada kliennya secara gratis.

Senator AS Ron Wyden mengatakan, Microsoft harus menawarkan kemampuan forensik penuh kepada semua pelanggannya.

4 dari 4 halaman

Keamanan Microsoft Sedang Longgar, Tim AI Microsoft Sempat Bocorkan 38TB Data dan 30.000 Pesan Teams

Tim AI GitHub Microsoft dikabarkan tanpa sengaja membocorkan data pribadi sebesar 38TB (terabyte). Tidak hanya itu, sebanyak lebih dari 30.000 pesan internal Microsoft Teams dari 350 karyawan juga terekspos.

Data yang diekspos termasuk cadangan penuh dari dua komputer karyawan. Cadangan ini berisi data pribadi sensitif, termasuk kata sandi layanan Microsoft.

Dilaporkan Mashable, Rabu (20/9/2023), hal ini terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi pada salah satu token SAS (Share Access Signature). Token ini merupakan URL bertanda tangan yang memberikan akses ke data Azure Storage.

Token SAS dapat diatur dengan batasan pada file yang diakses. Namun, dalam kasus ini tautan khusus tersebut dikonfigurasi dengan akses penuh.

Tautan yang disediakan oleh tim AI Microsoft memberi akses penuh ke seluruh akun penyimpanan Azure. Dengan demikian, pengunjung tidak hanya dapat melihat apa yang ada pada akun, tetapi mereka juga bisa mengunggah, menimpa, dan menghapus file.

Kesalahan ini terjadi setelah tim AI Microsoft mengunggah sekumpulan data pelatihan yang berisi kode sumber terbuka dan model AI untuk pengenalan gambar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini