Sukses

Headset Mixed Reality Meta Quest 3 Dirilis, Pakai Snapdragon XR2 Gen 2

Meta secara resmi meluncurkan headset mixed reality terbaru mereka, Meta Quest 3, dalam acara Meta Connect 2023.

Liputan6.com, Jakarta Meta meluncurkan perangkat headset mixed reality (MR) terbarunya, Meta Quest 3 melalui gelaran Meta Connect 2023 pada hari Rabu pekan ini waktu setempat.

Headset ini dijual dengan harga USD 499,99 (sekitar Rp 7,7 juta) untuk versi 128GB dan USD 649,99 (sekitar Rp 10 juta) untuk penyimpanan yang lebih besar yaitu di 512GB.

Menurut perusahaan, pengguna headset MR ini juga bisa melakukan tap dua kali di untuk transisi yang mulus antara pengalaman imersif dan lingkungan campuran, dengan elemen virtual di lingkungan fisik.

Mengutip laman resmi Meta, Jumat (29/9/2023), Quest 3 punya pemrosesan grafis yang dua kali lipat lebih baik daripada pendahulunya Quest 2 yang memakai Snapdragon XR2 Gen 1.

Meta Quest 3 sendiri diklaim sebagai perangkat pertama yang memakai Snapdragon XR2 Gen 2 yang dikembangkan oleh perusahaan bersama dengan Qualcomm.

Sementara, layar dan optik di headset ini memakai 4K+ Infinite Display, yang disebut sebagai lompatan resolusi hampir 30 persen dibandingkan Meta Quest 2. Layar Meta Quest 3 hadir dengan 25 pixels per degree dan 1.219 pixels per inch.

Dalam blog resminya, Meta juga mengatakan Quest 3 juga punya tingkat ketajaman yang dinaikkan hingga 25 persen dibandingkan Quest 2.

Perangkat ini juga memiliki profil optik 40 persen lebih ramping dibandingkan pendahulunya. Desainnya pun lebih tipis sehingga memiliki bobot yang lebih seimbang ketimbang Quest 2.

Untuk audio, Meta membawa teknologi audio spasial yang diperbarui di headset MR generasi teranyar mereka ini, dengan kejernihan suara dan performa bass yang ditingkatkan punya jangkauan audio 40 persen lebih keras dibanding sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meta Quest 3 Sudah Diungkap Mark Zuckerberg

Sebelum diluncurkan di Meta Connect 2023, CEO Mark Zuckerberg telah memperkenalkan Meta Quest 3, di mana pengumuman ini diungkap jelang rilisnya Apple Vision Pro pada Juni lalu.

Mark Zuckerberg melalui Instagram resminya, mengatakan bahwa Meta Quest 3 adalah headset mainstream pertama, dengan "high-res color mixed reality."

Headset ini diklaim 40 persen lebih tipis dan lebih nyaman ketimbang Quest 2, serta memiliki tampilan dan resolusi yang lebih baik. Diungkap juga, chipset yang digunakan akan memakai chip generasi terbaru dari Qualcomm Snapdragon.

"Chipset Snapdragon generasi berikutnya itu menghadirkan kinerja grafis lebih dari dua kali lipat dari GPU Snapdragon generasi sebelumnya di Quest 2," tulis Meta di laman resminya.

3 dari 4 halaman

Desain Ulang Touch Plus Quest

Selain itu, perusahaan induk Facebook dan Instagram itu juga telah mendesain ulang controller Touch Plus Quest dengan bentuk yang lebih ramping dan ergonomis.

Outer tracking rings dilepaskan sehingga controller akan terasa "seperti perpanjangan tangan" yang lebih alami, serta tidak memakan banyak ruang. Meta juga menyertakan fitur haptik TruTouch yang pertama kali dirilis di Touch Pro.

Pengguna juga bisa melakuan upgrade ke Meta Quest Touch Pro Controllers yang sepenuhnya dapat dilacak sendiri, untuk mendapatkan pengalaman yang lebih premium.

Pengguna headset VR ini juga akan bisa melakukan eksplorasi tanpa controller dengan Direct Touch, memungkinkannya untuk menggunakan tangan agar bisa berinteraksi dengan obyek virtual.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.