Sukses

Meta Umumkan Fitur Keamanan Baru untuk Akun WhatsApp Business, Ini Daftarnya

Meta mengumumkan langkah-langkah keamanan baru untuk akun WhatsApp Business untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Meta mengumumkan langkah-langkah keamanan baru untuk akun WhatsApp Business. Salah satunya adalah sistem verifikasi akun baru, yang dirancang untuk membantu pengguna mengidentifikasi dan berinteraksi dengan bisnis resmi.

Tidak hanya itu, sistem ini juga bertujuan untuk melindungi pengguna dari penipuan.

Mengutip dari Gizchina, Rabu (27/9/2023), sistem verifikasi akun masih dalam tahap pengujian. Meski demikian, Meta berencana meluncurkannya ke semua akun bisnis dalam waktu dekat. 

Untuk mendapatkan verifikasi, setiap akun bisnis perlu memberikan bukti identitas dan legitimasi. Setelah diverifikasi, mereka akan menerima lencana akun terverifikasi, yang akan ditampilkan di sebelah nama mereka di obrolan WhatsApp.

Selain sistem verifikasi akun, Meta juga memperkenalkan sejumlah fitur baru lainnya untuk akun bisnis. Beberapa di antaranya adalah kemampuan membuat laman WhatsApp yang dipersonalisasi, dukungan untuk banyak perangkat, dan fitur baru yang disebut Flows.

Flows memungkinkan pengguna akun bisnis menawarkan layanan yang lebih luas kepada pelanggan mereka tanpa harus meninggalkan jendela obrolan WhatsApp. 

Sebagai contoh, sebuah akun bisnis dapat menggunakan WhatsApp Flows membuat menu produk dan layanannya, atau memungkinkan pelanggan membuat janji temu atau menjadwalkan pengiriman.

Meta juga mempertimbangkan untuk memperkenalkan lencana verifikasi berbayar bagi akun bisnis WhatsApp. Ini sama dengan lencana verifikasi berbayar yang ada di Facebook dan Instagram, tapi Meta belum mengumumkan kapan fitur itu akan meluncur. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Keamanan Baru WhatsApp Business Disambut Baik

Langkah-langkah keamanan baru yang diumumkan Meta untuk akun WhatsApp Business disambut baik oleh banyak pengguna. Sebab, penipuan dan peniruan identitas adalah masalah besar di banyak platform online, tidak terkecuali WhatsApp. 

Sistem verifikasi akun baru dan langkah-langkah keamanan lainnya yang diperkenalkan Meta ini disebut akan membantu menjadikan WhatsApp Business menjadi platform yang lebih aman dan terjamin bagi bisnis dan pelanggan mereka.

Fitur-fitur baru yang diperkenalkan Meta untuk akun bisnis juga penting bagi para penggunanya, karena bisa memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

Secara keseluruhan, langkah-langkah dan fitur keamanan baru yang diumumkan Meta untuk WhatsApp Business merupakan perkembangan positif.

Langkah-langkah ini akan membantu menjadikan platform lebih aman dan terjamin bagi bisnis dan pelanggan mereka, dan juga akan membantu bisnis memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Kelola Akun WhatsApp dari Banyak Perangkat

Verifikasi akun

Sistem verifikasi akun merupakan kemajuan yang signifikan dalam hal keamanan untuk WhatsApp Business. Fitur ini akan membantu pengguna mengidentifikasi dan berinteraksi dengan bisnis yang sah, serta mempersulit penipu meniru identitas pengguna.

Proses verifikasi akan berlangsung ketat guna memastikan hanya bisnis sah yang diverifikasi. Meta juga harus mempertimbangkan untuk menjadikan proses verifikasi gratis, sehingga semua bisnis mempunyai kesempatan untuk diverifikasi.

Halaman WhatsApp yang dipersonalisasi

Dengan fitur ini, pengguna dimungkinkan bisa menciptakan tampilan yang lebih profesional dan informatif di WhatsApp. Hal ini akan memudahkan pelanggan menemukan dan mempelajari bisnis di platform.

Dukungan untuk banyak perangkat

Dukungan untuk banyak perangkat adalah fitur baru yang berguna untuk akun bisnis. Fitur ini memungkinkan pengguna mengelola akun WhatsApp Business mereka dari beberapa perangkat, seperti laptop, tablet, dan ponsel pintar. 

Jadi, mereka akan dimudahkan untuk tetap responsif dan memberikan dukungan pelanggan bahkan ketika mereka jauh dari meja kerjanya.

4 dari 4 halaman

Kemudahan Fitur Flow untuk Pengguna WhatsApp Business dan Pelanggan

Flows

Fitur Flows yang baru berpotensi merevolusi cara bisnis menggunakan WhatsApp untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Flows akan memungkinkan pengguna menawarkan berbagai layanan kepada pelanggan mereka tanpa harus meninggalkan jendela obrolan WhatsApp. 

Hal ini tentu memudahkan pelanggan mendapatkan bantuan dan dukungan yang mereka butuhkan. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih lancar dan efisien.

Lencana Verifikasi Berbayar

Kemungkinan lencana verifikasi berbayar untuk akun bisnis WhatsApp adalah topik kontroversial. 

Beberapa orang berpendapat verifikasi harus gratis untuk semua bisnis, sedangkan yang lain berpendapat lencana verifikasi berbayar dapat membantu menghasilkan pendapatan untuk Meta dan bisa mencegah penipu.

Jika Meta memutuskan memperkenalkan lencana verifikasi berbayar, penting untuk memastikan biayanya terjangkau untuk berbagai skala bisnis.  

Meta juga harus mempertimbangkan menawarkan berbagai paket verifikasi, sehingga bisnis dapat memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.