Sukses

Pemain Starfield Tembus 10 Juta, Jadi Perilisan Game Tersukses Bethesda

Game Starfield yang baru dirilis awal September 2023 lalu, menurut Bethesda Game Studios, sudah tembus 10 juta pemain.

Liputan6.com, Jakarta - Bethesda Game Studios mengklaim bahwa gim teranyarnya Starfield, kini sudah memiliki lebih dari 10 juta pemain, membuatnya jadi perilisan terbesar mereka.

"Terima kasih untuk lebih dari 10 juta penjelajah #Starfield yang telah membuat peluncuran terbesar sepanjang sejarah Bethesda," tulis perusahaan, melalui akun X resminya, dikutip Sabtu (23/9/2023).

Pengumuman tersebut diungkapkan pada 20 September pekan ini, atau cuma 20 hari setelah game itu dirilis pada tanggal 1 September 2023 melalui akses awal, disusul rilis penuh pada 6 September.

Bethesda Game Studios memang tidak mengungkapkan berapa kopi game yang sudah terjual sejauh ini. Namun laporan terakhir menyebutkan, Starfield sudah punya sekitar 2 juta pemain walau belum dirilis penuh.

Berdasarkan laporan dari PlayTracker, angka tersebut berdasarkan pemain Starfield yang sudah menjajal gim RPG fiksi ilmiah itu selama masa early access atau akses awal.

Mereka yang sudah mendapatkan akses awal adalah para pembeli versi Premium, di mana pemain sudah dapat memainkannya lima hari sebelum dirilis secara resmi.

Mengutip Dot Esports, sampel data pengguna dari PlayTracker mencatat, game Starfield sudah mencapai 1 juta pemain di Steam, serta 1 juta pemain di Xbox sehari sebelum dirilis.

Selain itu, mengutip Gamerant, berkat capaian pemain selama early access, Starfield berhasil masuk ke 10 game yang paling dimainkan di platform Steam.

Data dari SteamDB menyebut, game dari pembuat Skyrim dan Fallout ini mencapai puncaknya di angka 248.632 pemain secara bersamaan.

Angka tersebut menempatkan Starfield sebagai game keenam yang paling banyak dimainkan di platform Valve ini, kurang dari 24 jam menjelang rilis resminya.

Judul-judul lain yang ada di atasnya adalah gratis untuk dimainkan, dengan satu-satunya pengecualian adalah Baldur's Gate 3 yang juga mencetak rekor di Steam.

Bedanya, Baldur's Gate 3 baru dirilis eksklusif untuk PC, tapi game Starfield diluncurkan juga di konsol Xbox.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latar Dunia Starfield

Starfield mengambil latar di abad ke-22, di mana manusia telah menjelajahi dan mengkolonisasi ruang angkasa.

Mengutip siaran pers, Selasa (13/6/2023), berlatar di tahun 2330, umat manusia sudah berkelana di luar tata surya, menetap di planet baru, dan hidup di luar angkasa.

Pemain akan bergabung dalam Constellation, grup penjelajah luar angkasa terakhir, yang mencari artefak langka di seluruh galaksi. Game ini pun diklaim sebagai "game terbesar dan paling ambisius dari Bethesda Game Studios."

Seperti di Skyrim dan Fallout, gamer akan bisa membuat karakter dan penampilannya sendiri. Karakter ini juga akan bisa ditentukan Background dan Traits-nya.

Bethesda menyebut, beberapa opsi antara lain "penjelajah yang berpengalaman, diplomat yang menawan, pelari dunia maya yang tersembunyi," atau yang lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Harga Starfield di PC

Pemain juga dijanjikan dapat menjelajahi bintang-bintang dan lebih dari 1000 planet, kota-kota yang ramai, pangkalan berbahaya, hingga lingkungan yang liar.

Konten menarik lain yang ditawarkan di game ini adalah membangun kapal sesuai dengan keinginan sendiri, di mana dia bisa dipersonalisasi tampilannya, serta dimodifikasi baik dari sisi senjata, perisai, hingga kru-nya.

Starfield sendiri baru dirilis secara eksklusif untuk PC Windows dan Xbox Series X/S. Gim ini juga akan tersedia di layanan streaming Xbox Game Pass sejak hari pertama peluncurannya.

Untuk PC, kamu sudah dapat menemukan gim Starfield melalui platform Steam. Berikut ini harga game buatan Bethesda Softworks tersebut:

  • Starfield Edisi Standar - Rp 759.000
  • Starfield Digital Premium Edition - Rp 1.099.000
4 dari 4 halaman

Spesifikasi PC Buat Main Starfield

Buat gamer PC, ada baiknya terlebih dulu melihat apakah perangkat yang kamu miliki sudah memenuhi syarat memainkan Starfield berikut ini. Berikut spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk memainkan game ini, seperti dikutip dari Steam:

Spesifikasi Minimal Starfield

  • OS: Windows 10 version 21H1 (10.0.19043)
  • CPU: AMD Ryzen 5 2600X, Intel Core i7-6800K
  • RAM: 16 GB
  • GPU: AMD Radeon RX 5700, NVIDIA GeForce 1070 Ti
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 125 GB *butuh SSD

Spesifikasi Direkomendasikan Starfield

  • OS: Windows 10/11
  • CPU: AMD Ryzen 5 3600X, Intel i5-10600K
  • RAM: 16 GBGPU: AMD Radeon RX 6800 XT, NVIDIA GeForce RTX 2080
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 125 GB *butuh SSD

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.