Sukses

Xiaomi Buka Program Beta Android 14 untuk 3 HP Android Andalannya, Apa Saja?

Xiaomi adalah OEM pertama yang meluncurkan Android 14 beta untuk smartphone flagship mereka. Simak cara daftar dan fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh OS terbaru dari Google ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelumnya, sistem operasi Android 14 dikabarkan meluncur pada Agustus 2023. Akan tetapi karena satu lain hal, Google memutuskan merilis Android 14 miliknya tepat dengan pengumuman Google Pixel 8 di Oktober 2023.

Walau masih ada waktu bulan depan, Android 14 versi beta ini sudah tersedia dan Xiaomi adalah OEM pertama "mencicipi" OS baru milik Google tersebut.

Akan tetapi, tidak semua HP Android milik Xiaomi dapat kebagian Android 14 beta ini. Mengutip Android Authority, Minggu (24/9/2023), perusahaan asal China itu membuka program Android 14 beta untuk smartphone flagship mereka.

Xiaomi membuka program beta Android 14 untuk tiga perangkat andalan mereka, yakni Xiaomi 13, Xiaomi 13 Pro, dan Xiaomi 12T. 

Perusahaan ini awalnya meluncurkan program beta di China pada Agustus 2023 lalu, tetapi sekarang program ini telah tersedia secara global bagi pengguna HP Android Xiaomi.

Selain versi beta, pembaruan juga menyertakan patch keamanan terbaru, dengan ukuran update data sebesar 5,4GB. 

Xiaomi 13 dan 13 Pro akan memiliki versi 14.2.0 UMCMIXM dan MIUI 14.0.2.0 UMBMIXM. Sementara itu, Xiaomi 12T akan mendapatkan versi 14.0.4.0 UMQMIXM.

Namun, tidak semua orang mendapatkan Android 14 beta. Pengguna diwajibkan untuk mendaftarkan diri untuk bergabung dalam uji beta. Xiaomi mengatakan, hanya pengguna terpilih dapat memakai pembaruan awal ini.

Android 14 membawa beberapa fitur baru dan peningkatan pada OS. Beberapa di antaranya termasuk fitur aksesibilitas baru, peningkatan privasi, penyesuaian layar kunci, dan banyak lagi. 

Namun perlu diingat ini adalah versi beta, jadi ada kemungkinan kamu akan menemukan satu atau dua bug di Android 14 beta ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vivo Buka Pendaftaran Program Preview Android 14 untuk Pengguna X90 Pro

Sebelumnya, perusahaan smartphone lain, yakni Vivo juga umumkan pendaftaran uji coba Android 14 untuk pengguna perangkat flagship mereka.

Bagi pengguna Vivo X90 Pro yang tidak sabar untuk merasakan Android 14 dan Funtouch OS 14, ada kabar baik. Sebab, mereka dapat bergabung dalam Program Preview Android 14 untuk X90 Pro.

Dilansir GSM Arena, Senin (18/9/2023), untuk mendaftar program ini, pengguna harus memastikan telah menjalankan firmware dengan versi 13.1.13.8.W30.V000L1 atau yang lebih tinggi.

Selanjutnya, buka menu "Settings" > "System Update" pada Vivo X90 Pro. Klik ikon roda gigi di pojok kanan atas dan pilih "Trial version."

Setelah pengajuan disetujui, kamu dapat menginstal Funtouch OS 14 berbasis Android 14 dengan menavigasi ke menu "Settings" > "System Upgrade." Vivo hanya memberikan kesempatan ini kepada 500 pendaftar tercepat.

Penting untuk dicatat, versi ini masih dalam tahap beta, sehingga kemungkinan memiliki bug yang dapat memengaruhi pengalaman kamu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pemasangan di perangkat utama kamu.

Jika pengguna Vivo X90 Pro tetap ingin melanjutkan uji coba, disarankan untuk melakukan pencadangan data sebelum mendaftar. Proses pendaftaran sudah dibuka, dan update akan dirilis pada tanggal 18 September 2023.

Dengan bergabung dalam Program Pratinjau Android 14, kamu dapat menjadi salah satu pengguna pertama yang merasakan pembaruan tersebut. 

Sayangnya, pembaruan ini baru dirasakan oleh pengguna di India, sehingga belum diketahui kapan pengguna global dapat ikut merasakannya. 

3 dari 4 halaman

Fitur Keamanan Baru di Android 14, dari Nonaktifkan Koneksi 2G hingga Enkripsi Jaringan

Di sisi lain, perilisan Android 14 yang akan datang bakal jadi kemajuan besar dalam hal keamanan seluler. Google pun telah mengumumkan sejumlah fitur baru yang akan mempersulit hacker untuk mendekripsi komunikasi kamu dengan orang-orang di sekitar.

Salah satu perubahan paling signifikan di Android 14 adalah kemampuan untuk menonaktifkan konektivitas 2G. Pasalnya, kini, jaringan 2G dipandang sudah cukup tua dan tidak aman, serta masih didukung oleh banyak perangkat.

Kendati masih banyak perangkat yang menawarkan dukungan konektivitas 2G, sangat mudah bagi penyerang untuk menyusupi menara 2G dan mengganggu trafik.

Nah, dengan menonaktifkan konektivitas 2G, pengguna bisa secara signifikan mengurangi risiko jadi korban penyerangan.

Selain itu, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Minggu (13/8/2023), fitur keamanan Android 14 adalah kemampuan untuk mempersyaratkan enkripsi bagi seluruh koneksi seluler.

Itu artinya, layanan suara (panggilan) dan trafik SMS kamu bakal selalu terenkripsi bahkan jika jaringan yang terhubung dengan ponsel tidak mendukung enkripsi. Fitur ini akan mempersulit penyerang untuk mengganggu komunikasi kamu.

4 dari 4 halaman

Proteksi dari Malware

Sebagai tambahan dari dua fitur keamanan ini, Android 14 juga menyertakan sejumlah peningkatan keamanan lainnya. Misalnya, ada proteksi baru terhadap malware yang mencoba mencuri password atau data sensitif lain dari smartphone pengguna.

Ada pula fitur baru yang mempermudah pengguna mengontrol bagaimana data-data mereka dipakai oleh aplikasi-aplikasi.

Secara keseluruhan, Android 14 jadi lompatan besar dalam keamanan mobile. Jika kamu mencari ponsel yang aman, kamu bisa mempertimbangkan untuk memperbarui OS ke Android 14, saat software ini tersedia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini