Sukses

Jaringan XL Axiata Tersedia di Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jaringan XL Axiata dipastikan tersedia di sepanjang jalur kereta cepat Bandung-Jakarta. Perusahaan telekomunikasi ini menyebut akan terus meningkatkan kualitas jaringan di titik-titik yang baru.

 

Liputan6.com, Jakarta - Layanan transportasi kereta cepat pertama di Indonesia yang menghubungkan Jakarta dan Bandung, akan segera resmi beroperasi.

Transportasi kereta cepat ini nantinya akan menghubungkan Jakarta dan Bandung dengan waktu tempuh 30-45 menit.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pun berkomitmen untuk menghadirkan jaringan di sepanjang jalur yang dilalui.

XL Axiata juga memastikan ketersediaan layanan di seluruh stasiun pemberhentian yaitu Stasiun Halim di Jakarta Timur, Stasiun Karawang di Kabupaten Karawang, Stasiun Padalarang di Bandung Barat, hingga Stasiun Tegalluar di Kabupaten Bandung.

Plt. Group Head Technology Strategy & Assurance XL Axiata, Tetra Siti Sarah, mengatakan, XL Axiata menyambut sarana transportasi massa yang menghubungkan Jakarta-Bandung dengan cepat, untuk menunjang tingginya mobilitas masyarakat di kedua kota.

XL, menurut Tetra, juga rutin mengecek kualitas jaringan XL Axiata di sepanjang jalur dan stasiun yang dilalui kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Sejauh ini, kami pastikan bahwa jaringan dan layanan XL Axiata telah tersedia di sebagian besar jalur yang dilalui, termasuk di seluruh stasiun pemberhentiannya sendiri," kata Tetra, mengutip keterangan XL Axiata, Senin (4/9/2023).

Menurutnya, karena sebagian jalur kereta cepat berada di area rural, jauh dari lokasi pemukiman penduduk, dan merupakan jalur yang sama sekali baru, maka XL Axiata masih akan terus meningkatkan kualitas jaringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Prioritas

Peningkatan kualitas jaringan akan terus XL Axiata lakukan seiring dengan semakin dekatnya operasional kereta cepat.

Menurut Tetra, kenyamanan pelanggan di sepanjang jalur kereta menjadi prioritas perusahaan. Apalagi, kereta cepat diprediksi akan menjadi sarana penunjang mobilitas masyarakat, yang tentu juga membutuhkan kenyamanan akses data saat berada di dalam kereta.

Sekadar informasi, saat ini seluruh rute layanan kereta cepat Jakarta-Bandung telah terlayani oleh lebih dari 520 BTS 4G.

3 dari 4 halaman

BTS XL Axiata di Jawa Barat dan Jakarta

Di seluruh provinsi Jawa Barat, jaringan XL Axiata didukung lebih dari 28.700 BTS, dengan mayoritas merupakan 4G. Sementara itu, di provinsi DKI Jakarta terdapat lebih dari 10.200 BTS, dengan mayoritas merupakan BTS 4G.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani 58 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 38 provinsi Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Punya 150 Ribu BTS

XL Axiata memiliki lebih dari 150 ribu BTS dengan mayoritas BTS 4G untuk mendukung layanan pelanggan.

Selain itu XL Axiata juga memiliki jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km.

Jaringan fiber optik ini menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.