Sukses

Tak Perlu Reset Pabrik, Ini 5 Cara Buka HP Android yang Terkunci karena Lupa Password

Lupa kata sandi atau pola HP merupakan hal yang fatal karena dapat membahayakan dokumen penting yang ada di dalamnya. Berikut 5 cara yang kami rekomendasikan untuk kamu agar dapat memulihkan HP Android yang terkunci.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone saat ini bukan hanya perangkat elektronik untuk menelepon atau chatting dengan orang lain, tetapi juga dianggap sebagai komputer portabel, sekaligus kebutuhan hidup manusia.

Saat ini, ponsel digunakan untuk menyimpan sebagian besar data sensitif seseorang, mulai dari kartu identitas, kartu kredit untuk melakukan pembayaran, dan juga menyimpan obrolan penting, foto, dan data sensitif lainnya.

Karena perangkat ini penting dalam kehidupan, kamu perlu menjaganya dengan aman. Baik Android maupun iOS menawarkan berbagai cara untuk mengamankan data kamu dengan layar kunci yang aman.

Android memiliki pilihan password PIN, kata sandi, dan bahkan pola untuk menjaga data kamu tetap aman. Namun, jika kamu lupa kata sandi atau polanya, ini bisa menjadi masalah, dikutip dari GizChina, Senin (4/9/2023).

Kami akan mengajarkamu cara membuka kunci pola HP Android ketika kamu lupa polanya.

Apakah Mungkin Membuka Kunci Tanpa Reset Pabrik?

Ya, mungkin untuk menghapus perangkat kamu jika lupa pola kata sandi di perangkat Androidmu. Ada beberapa cara untuk mendapatkan kembali akses, namun dengan batasan dan syarat. Jadi, kamu harus memilih yang paling cocok untuk kebutuhan kamu.

Cara Membuka Kunci Pola dan Kata Sandi Android Tanpa Reset Pabrik

1. Tenorshare Unlocker

Merupakan metode paling efektif untuk mendapatkan kembali akses setelah lupa pola layar pengunci kamu. Ini datang tanpa batasan dan syarat, dan menggunakan Tenorshare 4uKey for Android.

Aplikasi ini dapat dengan mudah menghapus berbagai jenis kata sandi Android, termasuk PIN, Pola Layar, Biometrik, dan Face ID.

  • Unduh dan Instal Tenorshare Android Unlocker, lalu hubungkan ponsel Android kamu ke PC menggunakan Kabel USB.
  • Pilih "Hapus Kunci Layar". Ketuk "Mulai" untuk melanjutkan dengan penghapusan kata sandi. Klik "OK" untuk mengkonfirmasi.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk memungkinkan ponsel kamu masuk ke mode pemulihan dan me-reboot sistem.

Itulah cara melewati kata sandi dengan 4uKey for Android tanpa perlu reset pabrik.

 

2. Membuka HP Samsung dengan Find My Mobile

Jika ponsel Android kamu bemerk Samsung dan kamu telah menghubungkannya dengan akun Samsung, kamu dapat menggunakan Find My Mobile untuk membukanya.

Fitur ini memungkinkan membuka perangkat secara remote tanpa perlu PIN, hanya dengan menggunakan kredensial akun Samsung.

  • Buka "findmymobile.samsung.com" di peramban PC kamu dan masuk ke akun Samsung kamu.
  • Pilih "Kunci Layar Saya" dari panel kiri. Klik "Buka Kunci," dan ketika diminta, tekan "Buka Kunci" sekali lagi.
  • Masukkan kata sandi Samsung kamu. Pola Layar Kunci kamu Akan Dihapus.

Masalah terbesar dengan metode ini adalah hanya berlaku untuk ponsel Samsung. kamu akan memerlukan akun Samsung untuk menggunakannya.

3. Find My Device

Jika ponsel Android kamu menggunakan OS Android 7.1 atau versi Android yang lebih lama, kamu dapat menggunakan Fitur Find My Device dari Google untuk Menghapus Pola.

Namun, kamu harus sudah menghubungkannya dengan akun Google sebelumnya agar metode ini berfungsi. Berikut cara membuka kunci pola dengan Find My Device.

  • Buka Find My Device di peramban PC kamu dan masuk ke Akun Google yang terhubung. Pilih perangkat kamu dan pilih "Kunci".
  • kamu akan diminta untuk memasukkan PIN baru. Klik "Kunci" lagi, dan ponsel kamu akan terbuka.

Jika ponsel kamu mati, kamu perlu masuk ke mode pemulihan untuk menggunakan Find My Device. Selain itu, metode ini tidak akan berfungsi jika kamu telah mengaktifkan kunci FRP pada perangkat kamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lupa Pola

4. Membuka HP Tanpa Reset Pabrik dan Komputer

Jika ponsel Android kamu menggunakan OS Android 4.4 atau versi yang lebih lama, kamu dapat menggunakan fitur "Lupa Pola" untuk membukanya.

kamutidak perlu mereset perangkat atau menggunakan komputer. Berikut cara menggunakan metode lama ini:

  • Masukkan Pola yang Salah di Ponsel kamu, dan pilih opsi "Lupa Pola". kamu akan mendapatkan dua opsi untuk membuka ponsel kamu: akun Google dan PIN cadangan.
  • ilih Opsi Akun Google dan Masukkan Kredensial Google kamu. kamu akan mendapatkan kembali akses ke Ponsel kamu dalam beberapa menit.

Kekurangan di sini adalah bahwa metode ini hanya berfungsi dengan Android 4.4 atau versi Android yang lebih lama. Kami tidak berpikir ada banyak pengguna yang masih menggunakan Android 4.4 atau versi yang lebih lama saat ini. Jadi solusi ini sangat terbatas.

 

3 dari 4 halaman

Hapus Kunci Perangkatmu

5. Gunakan ADB

Cara lain adalah dengan menggunakan Android Debug Bridge (ADB) untuk menghapus kunci asli perangkat kamu. Berikut cara menggunakan metode tersebut:

  • Unduh Paket ADB dan Instal semua paket untuk tugas pengembang. Hubungkan Ponsel Terkunci kamu ke PC dan buka command prompt di direktori instalasi ADB.
  • Ketik "adb shell rm/data/system/gesture.key". Tekan "Enter". Putuskan hubungan ponsel kamu dari PC dan reboot ponsel kamu.

Metode ini memerlukan keahlian tertentu dan tidak ditujukan untuk pemula. Kamu harus tahu cara menginstal program di Windows, memeriksa apakah driver ponsel kamu terinstal, dan harus tahu cara menggunakan Command Prompt.

Selain itu, kamu perlu memiliki Pengaturan Pengembang dan opsi Debugging USB diaktifkan pada ponsel Android kamu sebelum mencoba metode ini. Jika kamu belum pernah bermain-main dengan opsi-opsi ini, maka ini tidak akan membantu kamu.

Jika kamu menemukan diri kamu terkunci dari ponsel Android kamu karena lupa pola, panduan ini menawarkan lima solusi potensial.

Namun, setelah memeriksa semuanya, kami dapat menyimpulkan bahwa Tenorshare 4uKey For Android adalah metode paling kamul dan mudah.

Kamu tidak perlu memenuhi persyaratan atau masuk ke pengaturan teknis. Ini adalah solusi sederhana dan intuitif untuk mendapatkan kembali akses ke ponsel Android kamu.

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.