Sukses

Akhirnya, Kamu Bisa Pakai Lebih dari Dua Akun WhatsApp Berbeda di Satu Perangkat

Isu update fitur Multi Account WhatsApp telah lama dibicarakan. Setelah membawa banyak pembaruan fitur, WhatsApp kini uji coba fitur Multi Account kepada pengguna WhatsApp Beta. Pelajari lengkapnya melalui artikel ini!

Liputan6.com, Jakarta - Baru saja diumumkan, sekarang pengguna WhatsApp dapat menggunakan beberapa akun di perangkat yang sama tanpa harus menggunakan cara yang rumit dan berbahaya.

Sebelumnya, pengguna harus mengkloning aplikasi WhatsApp atau menggunakan aplikasi penyimpanan paralel. Kedua cara ini berpotensi memperlambat perangkat dengan menjalankan Layanan Google Play secara paralel dan meningkatkan beban kerja CPU.

Dilansir Neowin, Minggu (3/9/2023), dengan WhatsApp Beta 2.23.18.21 dan seterusnya, pengguna di Android dapat melihat fitur baru dengan tombol "Tambah akun". Fitur ini terbatas pada penguji beta terpilih, seperti yang dilaporkan sebelumnya untuk versi 2.23.17.8.

Selain menambahkan kemampuan untuk menggunakan akun yang sama di beberapa ponsel, pengenalan fitur ini secara lebih luas akan membuat aplikasi ini menjadi lebih mirip dengan Messenger milik Meta.

Fitur lain yang akan datang adalah siapa saja yang dapat memasukkan anggota ke komunitas. Nantinya, pemilik komunitas dapat memilih antara semua orang dan hanya admin komunitas yang dapat menambahkan anggota baru.

Admin komunitas di aplikasi WhatsApp juga dapat mengedit pengumuman yang dibuat dalam obrolan. Opsi edit akan tersedia hingga 15 menit setelah pengumuman dibuat.

Dalam obrolan grup, admin dapat memilih sejauh mana anggota baru dapat melihat percakapan sebelumnya setelah bergabung. Tombol berbagi riwayat terbaru akan memungkinkan admin untuk mengizinkan pengguna baru melihat riwayat obrolan hingga 24 jam sebelum bergabung.

Selain itu, masih terdapat beberapa fitur baru WhatsApp yang termasuk pada versi ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Update Baru WhatsApp

Pada pengumuman ini, WhatsApp juga akan memperbanyak fitur login, dari login yang hanya menggunakan nomor telepon menjadi multi-login.

WhatsApp menambahkan opsi email untuk memverifikasi alamat email sebagai saluran alternatif untuk menerima kode verifikasi.

Hal ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap banyak pengguna yang mengeluh karena tidak dapat menerima OTP (kata sandi sekali pakai) melalui SMS.

Para penguji beta yang memenuhi syarat dapat mencoba fitur baru ini yang tersedia di bawah pengaturan akun.

Selain beberapa update di atas, WhatsApp baru saja menjawab keresahan pengguna dengan membawakan opsi HD pada fitur pengiriman gambar.

3 dari 5 halaman

WhatsApp Hadirkan Opsi Berkirim Foto Berkualitas HD, Cek Cara Pakainya

WhatsApp telah mengumumkan kehadiran fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini, CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan pengguna WhatsApp bisa mengirimkan foto dalam kualitas tinggi atau HD (High Definition).

Perlu diketahui, fitur ini menjadi salah satu yang dinantikan oleh para pengguna. Sebab, foto yang dikirimkan melalui WhatsApp biasanya dikompres ukurannya sehingga menurun dari foto aslinya.

Untuk sekarang, fitur ini telah mulai digulirkan untuk sejumlah pengguna di WhatsApp. Nah untuk mengetahui cara mengirimkan foto HD melalui WhatsApp, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih foto yang ingin dikirimkan atau langsung mengambil foto lewat fitur kamera
  • Nantinya, kamu akan melihat opsi ikon HD di bagian atas layar
  • Klik ikon HD tersebut untuk mengirimkan foto dalam kualitas tinggi
  • Selanjutnya, WhatsApp akan memberikan informasi soal pilihan foto yang akan dikirimkan, Standar atau HD
  • Apabila sudah sesuai, kamu tinggal klik opsi mengirimkan gambar

Sebelumnya, Mark Zuckerberg melalui akun Facebook-nya mengumumkan, "Berbagi foto di WhatsApp baru saja ditingkatkan -- sekarang Anda dapat mengirim dalam format HD."

Fitur ini juga akan memberikan informasi kalau foto HD akan terlihat lebih jelas, tapi ukuran standar akan membuatnya lebih cepat dikirimkan dan lebih hemat ruang penyimpanan.

4 dari 5 halaman

Usai Rilis Fitur Kirim Gambar HD, WhatsApp Kini Izinkan Pengguna Bagikan Video Kualitas HD

WhatsApp resmi menggulirkan fitur baru untuk para penggunanya. Setelah memungkinkan pengguna mengirimkan gambar berkualitas HD, kini giliran video yang bisa dikirimkan dengan kualitas tinggi.

Fitur ini sebenarnya sudah sempat diungkap Meta ketika mengumumkan dirilisnya fitur kemampuan berkirim gambar berkualitas HD. Mengutip informasi dari 9to5Mac, Jumat (25/8/2023), fitur ini jelas membantu para pengguna WhatsApp mengirimkan video dengan kualitas lebih baik.

Sebelumnya, video yang dikirimkan melalui WhatsApp selalu dikompres dan dikurangi resolusinya menjadi 480p. Kualitas itu dipilih agar konsumsi data yang digunakan lebih sedikit dan waktu upload lebih singkat, tapi kualitasnya memang tidak terlalu baik.

Oleh sebab itu, fitur ini menjawab kebutuhan pengguna yang ingin mengirimkan video dengan kualitas tinggi. Adapun kualitas video HD yang didukung mencapai resolusi 720p.

Sama seperti mengirimkan foto berkualitas HD, pengguna dapat memilih opsi kualitas video yang dikirimkan. Pengguna tinggal mengklik ikon HD ketika mengirimkan video untuk mengubah opsi pengirim ke kualitas HD.

Sebenarnya, opsi mengirimkan video berkualitas tinggi di aplikasi chatting ini bukannya tidak bisa sama sekali. Namun cara itu tidak bisa dilakukan dengan langsung menambahkan video, melainkan mengirimkannya dengan opsi dokumen.

Perlu diketahui, CEO Meta Mark Zuckerberg sebelumnya mengumumkan bahwa aplikasi messenger WhatsApp, kini bisa mengirimkan foto dalam kualitas tinggi atau High Definition (HD).

"Berbagi foto di WhatsApp baru saja ditingkatkan -- sekarang Anda dapat mengirim dalam format HD," tulis Mark Zuckerberg di akun Facebook-nya pekan lalu.

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini