Sukses

Instagram Akan Tambahkan Durasi Reels hingga 10 Menit dan Fitur Berbagi Komentar ke Stories

Durasi Instagram Reels akan diperpanjang sampai 10 menit. Fitur berbagi komentar ke stories juga sedang diuji coba.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu suka nonton konten video di Instagram Reels tapi rasanya terlalu singkat atau ber-part-part? Atau kamu suka bikin konten video tapi durasinya terlalu pendek?

Rasanya menyebalkan jika aktivitas seru kamu tidak bisa dibagikan ke Instagram hanya gara-gara keterbatasan durasi, kan? Permasalahan ini akan segera berakhir.

Dilansir The Verge, Jumat (1/9/2023), kabarnya Instagram sedang mengerjakan versi Reels yang lebih panjang dan memungkinkan pengguna dapat merekam video hingga 10 menit.

Menambah durasi Instagram Reels dari 3 menit menjadi 10 menit membuatnya mendekati durasi video di YouTube dan TikTok.

Sebelumnya, TikTok telah lebih dulu menambahkan durasi video di platformnya, yakni 10 menit untuk pengguna gratis dan durasi hingga 20 menit untuk pengguna berbayar. 

Perpanjangan durasi ini tentu saja sebagai bentuk layanan yang diberikan kepada para penggunanya agar dapat menonton video atau membuat konten dalam waktu yang lebih lama.

Hal ini berbanding terbalik dengan YouTube yang menghadirkan YouTube Short untuk konten dengan durasi lebih singkat.

Instagram telah melakukan banyak pembaruan dan menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan keterlibatan, seiring berkembangnya platform pesaing TikTok yang semakin banyak penggunanya dan diminati oleh kreator konten video.

Bahkan fitur-fitur baru di Instagram Reels dapat dikatakan mirip dengan TikTok, mulai dari metode pengeditan dan templat baru untuk membuat ulang konten yang sedang viral.

Tidak hanya itu, Instagram juga dikabarkan tengah meguji coba fitur berbagi komentar ke Stories Instagram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Uji Coba Internal Instagram Reels Berdurasi Hingga 10 Menit

Dilaporkan TechCrunch, Instagram telah mengonfirmasi adanya pembaruan ini. Raksasa media sosial itu mengatakan pihaknya tidak mengujinya secara eksternal. Fitur ini pertama kali ditemukan oleh reverse engineer Alessandro Paluzzi.

Jika diluncurkan secara resmi, durasi yang diperpanjang tersebut akan memberikan lebih banyak waktu dan fleksibilitas kepada para pembuat konten saat merekam hal-hal seperti demo memasak, tutorial kecantikan, konten pendidikan, sketsa komedi, dan yang lainnya.

Meskipun selama ini para kreator konten dapat mengakali durasi tiga menit dengan membagi konten mereka menjadi beberapa bagian, tetapi dengan perpanjangan durasi ini akan membuat kreator lebih efisien dan memudahkan penonton menonton konten dalam satu waktu dan satu video Reels saja.

3 dari 4 halaman

Instagram Juga Uji Coba Fitur Berbagi Komentar di Stories Instagram

Sebelum kabar uji coba perpanjangan durasi pada Instagram Reels, platform media sosial ini juga sedang bereksperimen dengan fitur baru yang memungkinkan kreator konten membagikan komentar penggemar terkenal ke Stories mereka. Baik komentar di postingan ataupun di video Reels.

Dilansir TechCrunch, dalam postingan di saluran Pembaruan IG, Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan perusahaan ingin memudahkan kreator konten untuk menyorot komentar yang menarik.

Kreator yang mengikuti uji coba ini dapat menggeser komentar yang ingin mereka soroti dan mengetuk ikon 'Tambahkan ke Cerita" (berbentuk lingkaran dengan tanda plus di bagian tengahnya).

Dengan melakukan hal tersebut, maka komentar akan muncul di Stories bersama dengan postingan asli di feed.

Pembaruan ini menjadi langkah lain Instagram untuk memungkinkan kreator konten melakukan interaksi dengan penggemar atau pengikutnya.

4 dari 4 halaman

4 Fitur Baru Instagram yang Telah Diluncurkan pada Tahun 2023

Melihat adanya uji coba pada pembaruan Instagram, tentunya ini akan menambah daftar fitur-fitur baru yang disediakan oleh platform media sosial ini. Di tahun 2023 sendiri, Instagram telah mengeluarkan beberapa fitur baru yang cukup populer bagi penggunanya.

1. Instagram Notes

Fitur ini sempat ramai pada masa awal dikeluarkan. Bahkan sampai saat ini masih banyak yang memanfaatkan fitur ini. Instagram Notes terletak di halaman Direct Message, pengguna juga dapat membalas catatan yang dibuat oleh orang lain.

2. Scheduled Post

Fitur ini sangat berguna bagi para kreator konten, pemilik toko online, atau pun pihak-pihak yang harus mengunggah postingan secara rutin. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur jadwal postingan sendiri, sehingga mereka tidak harus aktif untuk menunggu waktu mengunggah postingan.

3. Snooze 30 hari

Fitur ini berguna untuk kamu yang tidak ingin melihat postingan tertentu.

4. Menambahkan lagu pada Instagram Notes

Tidak hanya meninggalkan catatan, tidak lama ini di Instagram Notes juga dapat menambahkan lagu seperti halnya menambahkan lagu di Stories.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini