Sukses

Danau Toba Tampil Sebagai Google Doodle Hari Ini 31 Agustus 2023

Google doodle menghormati Danau Toba, danau kawah terbesar di dunia yang menjadi UNESCO Global Geopark. Simak keindahan dan budaya yang ditawarkan oleh danau ini.

Liputan6.com, Jakarta - Google doodle hari ini, Kamis (31/8/2023), menampilkan ilustrasi menawan Danau Toba terletak di Sumatera Utara ketika laman utama pencarian Google dibuka.

"Google doodle hari ini merayakan tahun ke-4 Danau Toba diakui sebagai UNESCO Global Geopark pada 31 Agustus 2020 lalu," tulis Google dalam situsnya.

Diketahui, Danau Toba di pulau Sumatera, Indonesia ini adalah danau kawah terbesar di dunia dan salah satu danau terdalam di dunia.

Terbentuk ribuan tahun lalu akibat letusan gunung berapi dahsyat dari Kaldera Toba, danau ini menawarkan pemandangan indah dan menawan bagi banyak warga sekitar dan turis dari berbagai negara di dunia.

Google menjelaskan, Kaldera Toba meletus lebih dari 74.000 tahun lalu dan menciptakan Danau Toba.

Letusan besar tersebut menyebabkan ruang magma gunung berapi runtuh, akhirnya membentuk pulau sekarang dikenal sebagai Samosir.

Pulau ini merupakan tujuan wisata terkenal dan rumah bagi beberapa suku etnis Pribumi. Dalam merayakan Google Doodle Danau Toba, penting juga untuk mengenal Masyarakat Adat Batak Toba yang merupakan penghuni asli danau tersebut.

"Desa-desa tradisional mereka penuh dengan pasar lokal dan rumah-rumah menakjubkan menarik pengunjung penasaran dari berbagai penjuru," kata Google.

Tak hanya itu, pengunjung atau wisatawan pun dapat menyaksikan tarian tradisional seperti Tor-Tor dan suvenir ukiran kayu asli.

Bagi wisatawan yang lebih memilih aktivitas luar ruangan dan keajaiban alamnya, mereka dapat mengunjungi Huta Ginjang untuk bermain paralayang.

Sementara untuk yang lebih menyukai air dapat bersantai di pantai atau berkayak melintasi danau. Air terjun Sipiso-piso di dekatnya juga dikatakan sebagai pengalaman luar biasa yang menghilangkan semua kekhawatiran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjelajah Tempat Tersembunyi di Kawasan Wisata Danau Toba

<p>Keindahan Danau Toba. (Bola.com/Pixabay)</p>

Danau Toba, yang terletak di Sumatera Utara, Indonesia, adalah salah satu tujuan wisata yang paling terkenal di negara ini. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, danau ini menarik ribuan pengunjung setiap tahun. 

Namun, baru-baru ini, sebuah spot indah di Danau Toba viral dan menarik perhatian banyak orang. Destinasi tersembunyi ini menawarkan pemandangan yang luar biasa dan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Spot indah ini terletak di sekitar daerah Tuktuk Siadong, sebuah pulau kecil di tengah Danau Toba. Spot ini menjadi viral berkat foto-foto menakjubkan dibagikan oleh pengunjung yang terpesona oleh keindahannya.

Apa yang membuat spot ini begitu istimewa adalah kombinasi lansekap indah, air jernih, dan pegunungan yang mempesona yang mengelilingi danau. 

Pemandangan matahari terbenam yang memukau juga menjadi daya tarik utama di tempat ini. Selain menikmati pemandangan indah, ada berbagai kegiatan menarik yang dapat dilakukan di spot ini.

 

3 dari 4 halaman

Jelajah Danau dengan Menyewa Perahu Tradisional

Pemandangan Danau Toba dari Bukit Holbung (Reza EFendi/Liputan6.com

Para pengunjung dapat menyewa perahu tradisional Batak untuk menjelajahi danau dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Mereka juga dapat berenang atau bermain air di perairan jernih Danau Toba. 

Bagi yang menyukai petualangan, hiking ke bukit-bukit sekitar danau juga menjadi pilihan yang populer. Selain keindahan alamnya, spot indah ini juga memiliki keunikan budaya yang menarik. 

Tuktuk Siadong merupakan salah satu kampung wisata Batak yang mempertahankan tradisi dan kebudayaan lokal. Pengunjung dapat mengunjungi rumah tradisional Batak, mengikuti pertunjukan tari dan musik tradisional, serta mencoba masakan khas Batak yang lezat.

4 dari 4 halaman

Mudah Akses

Ilustrasi Danau Toba

Untuk mencapai spot indah ini, pengunjung dapat mengaksesnya melalui perjalanan darat dari kota Medan ke Pelabuhan Parapat, dan kemudian menggunakan kapal feri untuk mencapai pulau Tuktuk Siadong. 

Terdapat juga penerbangan langsung ke Bandara Silangit yang terletak tidak jauh dari Danau Toba. Spot indah di Danau Toba yang sedang viral ini menawarkan pengalaman yang menakjubkan bagi para pengunjungnya. 

Dengan pemandangan yang luar biasa, kegiatan menarik, dan keunikan budaya. Tempat ini menjadi tujuan yang sangat menarik bagi wisatawan yang mencari petualangan dan keindahan alam. 

Bagi mereka yang ingin menjelajahi tempat-tempat tersembunyi yang belum banyak diketahui, spot indah ini adalah pilihan yang sempurna untuk dikunjungi di Danau Toba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini