Sukses

Ini Cara Aman Pakai Jaringan Wi-Fi Gratisan, Dijamin Jauh dari Virus dan Serangan Hacker

Masuk ke jaringan Wi-Fi penuh dengan risiko. Perhatikan tips ini agar jaringan kamu tetap aman.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu sering bepergian ke tempat publik dan mengakses jaringan internet atau media sosial dengan Wi-Fi publik gratisan?

Mungkin sekarang sudah saatnya kamu lebih berhati-hati. Kamu tidak pernah tahu bahaya apa yang mengintai perangkat dan data pribadi kamu.

Beberapa hal perlu diwaspadai, seperti datangnya virus, serangan hacker, dan bahaya lainnya.

Selain itu, tidak hanya mewaspadai penggunaan jaringan Wi-Fi gratisan, kamu juga perlu memilah perangkat mana yang diperbolehkan untuk masuk ke jaringan utama kamu. Hanya perlu waktu beberapa menit untuk mengatur guest network.

Untuk mengecek apa saja yang ada di jaringan kamu, kamu dapat melakukannya melalui aplikasi. Kunjungi situs web provider kamu untuk menemukan aplikasi resmi. Kemudian instal ke smartphone dan masuk dengan kresidensial ISP kamu.

Mengutip USA Today, Selasa (5/9/2023), salah satu aplikasi yang dapat dicoba adalah aplikasi Cox Panaromic Wi-Fi.

Dengan aplikasi ini kamu dapat meninjau dan mengatur perangkat, mengubah nama dan kata sandi Wi-Fi, memecahkan masalah koneksi, dan masih banyak lagi.

Fitur lainnya juga dapat kamu temukan dalam aplikasi ini, seperti memblokir koneksi internet ke perangkat tertentu dari mana saja.

Bagi pengguna smartphone, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Fing-Network Scanner yang dapat diinstal di Google Play Store atau Apple App Store.

Opsi lainnya yang bisa kamu coba selain dengan aplikasi adalah menggunakan router's online interface. Ini cara sederhana untuk menunjukkan siapa yang menggunakan jaringan kamu. Untuk melihat informasi tersebut, kamu hanya perlu masuk ke router.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek dan Hapus Perangkat Tidak Dikenali yang Terhubung dengan Wi-Fi

Untuk masuk ke router, hal yang kamu perlukan adalah alamat IP komputer kamu. Kemudian, masukkan alamat IP ke bilah alamat browser.

Dengan begitu kamu sudah bisa masuk dengan nama pengguna dan kata sandi khusus router kamu atau informasi default kalau kamu belum pernah melakukan pengaturan.

Setelah kamu masuk, periksa daftar yang bertuliskan DHCP Client atau Connected Devices. Di sana kamu bisa melihat daftar perangkat yang menggunakan jaringan kamu.

Apabila kamu melihat ada perangkat yang tidak dikenali atau mencurigakan, ada baiknya segera ubah kata sandi Wi-Fi.

Kamu juga dapat menghapus secara manual masing-masing perangkat dari daftar perangkat terhubung. Cari perintah untuk menghapus, memblokir atau menghapus.

3 dari 4 halaman

Terlalu Banyak Perangkat yang Terhubung Bikin Jaringan Wi-Fi Lemot

Jaringan Wi-Fi kamu lemot dan nge-lag? Bisa jadi penyebabnya adalah terlalu banyaknya perangkat yang terhubung. Coba cara-cara ini untuk mengatasinya.

Pertama, hapus perangkat. Tidak hanya menghapus perangkat asing yang terhubung ke jaringan, kamu juga perlu mengecek apakah ada perangkat pribadi yang sudah tidak lagi kamu gunakan.

Hapus perangkat-perangkat yang sebenarnya tidak digunakan lagi dan jaringan Wi-Fi kamu akan berjalan lebih baik.

Kedua, biarkan perangkat lain (milik orang lain) terhubung ke jaringan tamu. Jangan biarkan masuk ke jaringan utama kamu.

Ketiga, selami lebih dalam jaringan kamu. Untuk PC Windows, Wireless Network Watcher memindai jaringan kamu dan menunjukkan alamat IP, alamat MAC, nama, dan manufaktur perangkat yang terdeteksi di jaringan kamu.

Setelah kamu mem-boot Wireless Network Watcher, kamu akan melihat semua perangkat yang terdeteksi dalam daftar.

 

 

4 dari 4 halaman

Ketahui Apakah Ada Penyusup di Jaringan Wi-Fi dengan Aplikasi Ini

Dengan adanya kemudahan berbagi jaringan dengan perangkat lain, keamanan jaringan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Hal ini karena banyak orang yang dapat mengakses jaringan wireless milik kamu, baik atas seizin kamu ataupun dengan cara membobol kata sandi.

Maka dari itu, Liputan6.com akan menyajikan lima rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa keamanan jaringan Wi-Fi kamu.

1. Fing-Network Tools

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi ini disediakan untuk perangkat smartphone. Kamu dapat melacak siapa saja yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi kamu. Hanya saja, kekurangannya adalah kamu hanya bisa melihat merk dan tipe smartphone yang terhubung.

2. Wi-Fi Scanner

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat mengetahui riwayat penggunaan jaringan Wi-Fi. Kamu dapat menyesuaikan hari atau tanggal yang ingin kamu cek riwayat penggunaannya.

Aplikasi ini menyajikan informasi lengkap perangkat, mulai dari alamat IP, alamat MAC, dan tipe perangkat.

3. Who Uses My Wi-Fi

Aplikasi yang satu ini dapat dikatakan sebagai aplikasi terbaik. Dengan menggunakan ini, kamu dapat melihat perangkat apa saja yang terhubung dan terdapat fitur blokir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.