Sukses

Usai Rilis Fitur Kirim Gambar HD, WhatsApp Kini Izinkan Pengguna Bagikan Video Kualitas HD

WhatsApp mengumumkan telah menggulirkan kemampuan mengirimkan video berkualitas HD, setelah pekan lalu merilis kemampuan berkirim foto berkualitas tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp resmi menggulirkan fitur baru untuk para penggunanya. Setelah memungkinkan pengguna mengirimkan gambar berkualitas HD, kini giliran video yang bisa dikirimkan dengan kualitas tinggi.

Fitur ini sebenarnya sudah sempat diungkap Meta ketika mengumumkan dirilisnya fitur kemampuan berkirim gambar berkualitas HD. Mengutip informasi dari 9to5Mac, Jumat (25/8/2023), fitur ini jelas membantu para pengguna WhatsApp mengirimkan video dengan kualitas lebih baik.

Sebelumnya, video yang dikirimkan melalui WhatsApp selalu dikompres dan dikurangi resolusinya menjadi 480p. Kualitas itu dipilih agar konsumsi data yang digunakan lebih sedikit dan waktu upload lebih singkat, tapi kualitasnya memang tidak terlalu baik.

Oleh sebab itu, fitur ini menjawab kebutuhan pengguna yang ingin mengirimkan video dengan kualitas tinggi. Adapun kualitas video HD yang didukung mencapai resolusi 720p.

Sama seperti mengirimkan foto berkualitas HD, pengguna dapat memilih opsi kualitas video yang dikirimkan. Pengguna tinggal mengklik ikon HD ketika mengirimkan video untuk mengubah opsi pengirim ke kualitas HD.

Sebenarnya, opsi mengirimkan video berkualitas tinggi di aplikasi chatting ini bukannya tidak bisa sama sekali. Namun cara itu tidak bisa dilakukan dengan langsung menambahkan video, melainkan mengirimkannya dengan opsi dokumen.

Perlu diketahui, CEO Meta Mark Zuckerberg sebelumnya mengumumkan bahwa aplikasi messenger WhatsApp, kini bisa mengirimkan foto dalam kualitas tinggi atau High Definition (HD).

"Berbagi foto di WhatsApp baru saja ditingkatkan -- sekarang Anda dapat mengirim dalam format HD," tulis Mark Zuckerberg di akun Facebook-nya pekan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Ketahuan Uji Coba Fitur Baru, Bisa Bikin Stiker Pakai AI

Di sisi lain, aplikasi chatting WhatsApp diketahui tengah menguji coba fitur membuat stiker dengan bantuan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Fitur ini baru diluncurkan melalui Google Play Beta Program, serta masih terbatas untuk para penguji coba WhatsApp beta. Jadi, belum tersedia untuk seluruh pengguna.

Seperti dilaporkan WABetaInfo, dikutip Selasa (22/8/2023), fitur baru WhatsApp ini nantinya memungkinkan pengguna untuk membuat stiker, hanya dengan menuliskan teks tentang gambar yang diinginkannya.

Dalam bocoran yang beredar, diketahui nantinya aplikasi WhatsApp akan punya tombol "Create", ketika pengguna membuka keyboard untuk tab stiker.

Jika memilih tombol ini, pengguna aplikasi WhatsApp dapat mengetikkan deskripsi untuk stiker AI yang ingin mereka buat.

 

3 dari 4 halaman

Cara Kerja Berkirim Stiker Buatan AI di WhatsApp

WhatsApp lalu akan menampilkan beberapa stiker buatan AI berdasarkan deskripsi tersebut, dan pengguna pun kemudian bisa membagikannya ke dalam percakapan.

Apabila merasa stiker tersebut tidak pantas, pengguna pun dapat melaporkannya ke Meta. Selain itu, stiker buatan AI ini nantinya juga akan mudah dikenali oleh penerima pesan kita.

Dengan fitur ini, tentu saja akan memudahkan mereka yang memiliki kemampuan atau aplikasi yang terbatas untuk membuat stiker, lebih mudah dalam membuatnya tanpa perlu memakai aplikasi tambahan.

Namun, fitur WhatsApp ini masih diuji coba secara terbatas di sekelompok beta tester, yang sudah memasang WhatsApp beta versi terbaru untuk Android. Mereka baru akan rilis ke lebih banyak pengguna beberapa pekan mendatang.

4 dari 4 halaman

Meta Rilis Fitur Share Screen WhatsApp di HP Android hingga iPhone

Sebelumnya. WhatsApp juga merilis fitur di mana pengguna dapat berbagi tampilan layar atau share screen WhatsApp saat video call.

Yup, dengan fitur ini Anda dapat dengan mudah menunjukkan tampilan di layar ponsel kepada lawan bicara saat video call WhatsApp, baik itu tampilan seluruh layar atau hanya aplikasi tertentu.

Mengutip keterangan resmi Meta, Rabu (9/8/2023), pengguna akan memiliki opsi untuk membagikan seluruh layar atau aplikasi tertentu langsung dari fitur share screen WhatsApp ini.

"Pengguna bisa berbagi dokumen pekerjaan, menelusuri foto dengan keluarga, merencanakan liburan, atau sekadar membantu kakek-nenek dengan dukungan teknis lewat fitur ini," tulis Mark Zuckerberg dalam keterangannya.

Diketahui, fitur ini sebenarnya sudah ada di beberapa layanan konferensi video populer, seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams.

Dalam siaran persnya, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa fitur ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp di perangkat Windows, iOS, dan Android secara global.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.