Sukses

Unik, Konsumen Ternyata Banyak yang Beli Layangan di Tokopedia Saat Musim Kemarau

Saat puncak musim panas 2023 yakni pada Juli lalu, penjualan layangan secara online di Tokopedia meningkat hingga 4,5 kali lipat. Selain layangan, ini deretan produk yang laku di Tokopedia pada musim panas.

Liputan6.com, Jakarta - Tren belanja online berubah tiap musimnya. Terbaru, marketplace Tokopedia mengungkap bahwa puncak musim kemarau di bulan Juli 2023 mendongkrak penjualan beberapa produk, termasuk layangan.

Sebagaimana diketahui, BMKG belum lama ini menyatakan, puncak musim kemarau sebagian besar wilayah Indonesia berlangsung Juli-Agustus 2023.

Menurut Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega, ada berbagai produk yang mengalami kenaikan penjualan signifikan selama puncak musim kemarau di bulan Juli 2023.

Berikut adalah datanya produk yang laris saat belanja online di musim kemarau, sebagaimana dikutip dari keterangan Tokopedia, Kamis (24/8/2023):

1. Tren Beli Layangan Naik 4,5 Kali Lipat di Tokopedia

Musim kemarau ternyata menjadi waktu yang tepat untuk main layangan bagi banyak orang. Tren penjualan layagan secara online di Tokopedia pun naik pesat.

"Selama puncak musim kemarau yang panas di bulan Juli 2023, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan di Tokopedia sepanjang 2023, penjualan layangan meningkat hampir 4,5 kali lipat," kata Antonia.

Tokopedia juga mengungkap data berbagai jenis layangan yang laris manis. Misalnya, penjualan layangan hias naik hampir 2,5 kali lipat. Sementara layangan koang naik lebih dari 6 kali lipat.

Selain layangan, penjualan gelasan layangan juga naik lebih dari 6 kali lipat.

Tokopedia mencatat, daerah dengan kenaikan tertinggi transaksi produk layangan antara lain adalah Lampung, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan, dengan rerata kenaikan lebih dari 6 kali lipat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Transaksi Produk Aktivitas Outdoor Voli Naik Hampir 2 Kali Lipat

Produk untuk mendukung olahraga voli juga banyak dicari di Tokopedia sepanjang musim kemarau.

Data internal Tokopedia memperlihatkan, selama puncak musim kemarau yang panas di bulan Juli 2023, penjualan produk berkaitan dengan voli naik hampir 2 kali lipat dibandingkan transaksi rata-rata sepanjang 2023.

Selain voli, aktivitas camping juga kian dilirik. Data Tokopedia memperlihatkan, survival kit, tenda, senter camping, alat masak camping hingga sleeping bag jadi perlengkapan camping paling populer. Apalagi, menurut Antonia, sejumlah toko yang ada di halaman Sportacular Tokopedia menawarkan diskon.

3 dari 5 halaman

3. Transaksi Produk Sayur dan Buah Naik 2 Kali Lipat

Pada musim kemarau, makanan sehat yang mengandung banyak air dan elektrolit seperti sayur dan buah diyakini membantu tubuh tetap terhidrasi.

Antonia pun mengungkap, di Tokopedia selama puncak musim kemarau bulan Juli 2023, penjualan produk sayur dan buah meningkat hampir 2 kali lipat.

Apalagi, Tokopedia, kata Antonia, punya Tokopedia Now, yakni pengiriman gratis ongkir dalam waktu 2 jam setelah pembayaran. Bahan segar seperti sayur dan buah pun bisa dikirimkan dengan Tokopedia Now.

 

4 dari 5 halaman

4. Penjualan Es Krim hingga Puding Naik 2 Kali Lipat

Camilan manis dan segar seperti es krim banyak digemari saat cuaca sedang panas-panasnya. Di Tokopedia, makanan ringan seperti es krim, puding dan jeli mengalami kenaikan transaksi lebih dari 2 kali lipat selama puncak musim kemarau di bulan Juli 2023, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan sepanjang 2023.

Antonia mengatakan, makanan ringan di atas bisa didapatkan di Tokopedia Nyam, agar tidak perlu repot-repot keluar rumah. Pesanan pun bisa dikirim dalam waktu sesuai preferensi, baik same day atau instan.

5 dari 5 halaman

5. Penjualan Buku Naik 4 Kali Lipat

Data internal Tokopedia mengungkap, penjualan buku naik hampir 4 kali lipat selama puncak musim kemarau di bulan Juli 2023, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan sepanjang 2023.

Tokopedia sendiri, menurut Antonia, memiliki kampanye Bookarnaval untuk memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai buku dengan promo menarik, dari flash sale hingga diskon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.