Sukses

Google Doodle Meriahkan HUT ke-78 RI dengan Ilustrasi Unik Bertema Semangat Gotong Royong

Google Doodle merayakan HUT ke-78 RI dengan ilustrasi karya seniman Jawa Barat, Diela Maharanie, yang menampilkan berbagai aktivitas dan budaya Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle hari ini, Kamis (17/8/2023), menampilkan ilustrasi gambar menarik dengan mengubah tampilan logo Google di halaman utamanya.

Pada Google Doodle kali ini, raksasa mesin pencari itu berkolaborasi dengan seniman asal Jawa Barat, Diela Maharanie, untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.

Mengutip keterangan laman Google, Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini bertemakan "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

"Tema ini menggambarkan semangat gotong royong, yaitu kerjasama untuk mempercepat pertumbuhan negara sambil menjaga kearifan lokal," tulis Google dalam situsnya.

Dalam ilustrasi tersebut, terlihat logo "Google" diubah dengan tambahan sosok karakter orang sedang bermain sepak takraw, bulu tangkis, balap karung, dan bela diri.

Tak hanya itu, pengguna juga akan disambut dengan taburan konfeti merah putih saat mengeklik Google doodle hari ini di laman utama.

Google menjelaskan, perayaan Hari Kemerdekaan selalu diawali dengan siaran langsung upacara di Istana Negara sejak pagi hari yang dihadiri oleh presiden hingga sejumlah nama-nama terkenal di Tanah Air.

Selama upacara HUT ke-78 RI, masyarakat Indonesia mengibarkan bendera nasional merah putih. Merah melambangkan keberanian, dan putih melambangkan kejujuran.

Sekadar informasi, seperti biasa, dalam perayaan hari ini akan dilakukan pula Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai awalnya, akan dilakukan kirab bendera pusaka.

Setelah itu, dilakukan pula kirab teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka untuk peringati HUT RI ke-78.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Rangkaian Peringatan HUT ke-78 RI di Istana, Diawali Kirab Bendera Pusaka

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bersiap mengibarkan Bendera Merah Putih saat saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Rangkaian upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka akan dimulai Kamis (17/8/2023), pukul 08.30 WIB. Acara akan dimulai dengan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Silang Monas Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Merdeka.

Hal ini berdasarkan informasi yang dilansir dari surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B- 761 /M/S/TU.OO.04/08/2023 tentang Pedoman Peringatan HUT ke-78 RI Tahun 2023.

Kemudian, pertunjukan kesenian di halaman Istana Merdeka akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Adapun upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB.

Sore harinya, akan dilakukan rangkaian kegiatan penurunan bendera merah putih yang didahului dengan pertunjukan kesenian pada pukul 15.45 WIB. Sementara itu, upacara penurunan bendera merah putih pada pukul 17.00 WIB.

Dalam surat edaran ini, upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Halaman Istana Merdeka. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertindak selaku inspektur upacara.

Tamu undangan upacara akan terdiri dari pimpinan lembaga negara, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Para Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh negara-negara sahabat di Jakarta, dan tamu undangan lainnya. Kemudian, masyarakat yang telah mendaftar melalui laman https://www.pandang.istanapresiden.go.id.

"Pakaian yang dikenakan saat upacara yaitu, Pakaian Nasional (Adat Daerah)," sebagaimana dikutip Liputan6.com dari surat edaran Mensesneg, Kamis (17/8/2023).  

3 dari 3 halaman

16.000 Tamu Undangan

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) membawa Bendera Merah Putih saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Sebagai informasi, pihak Istana mengundang 16.000 tamu undangan untuk hadir pada perayaan HUT ke-78 RI. Sebanyak 8.000 tamu untuk upacara pagi hari, dan sisanya pada upacara penurunan bendera sore hari.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023), akan digelar lebih meriah. Tak hanya pejabat, masyarakat juga akan mengikuti perayaan HUT ke-78 RI di Istana.

"Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia besok (hari Kamis) akan lebih meriah. Masyarakat ikut terlibat serta mengikuti kegiatan perayaan di istana," jelas Jokowi dikutip dari akun Instagramnya @jokowi, Kamis (17/8/2023).

Dia menyampaikan pihak Istana menyiapkan sejumlah kegiatan hiburan yang bisa dinikmati masyarakat. Mulai dari, pertunjukan musik hingga atraksi pesawat udara.

"Selain Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, akan ada pertunjukan musik dan lagu, atraksi pesawat udara, dan lain-lain," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, rangkaian Peringatan Hari Kemerdekaan di Istana akan dimulai lebih pagi. Nantinya, Jokowi dan para undangan yang datang ke Istana akan memakai busana nasional dari daerah-daerah yang ada di Indonesia.

"Peserta dan undangan yang datang ke istana akan memakai busana nasional dari daerah," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini