Sukses

Cara Mengonversi GIF Menjadi Video dengan HP Android

Berikut cara mengonversi GIF menjadi video dengan mudah di HP Android. Simpel dan cepat kok...

Liputan6.com, Jakarta - GIF (Graphics Interchange Format) adalah sebuah gambar bergerak atau animasi dengan durasi yang sangat singkat. Bisa dibilang, GIF juga merupakan gabungan antara foto dan video.

Biasanya GIF digunakan untuk mengekspresikan lelucon atau emosi. Kamu mungkin pernah mengirim atau menerima beberapa di antaranya melalui pesan singkat di media sosial.

Itu menjadi salah satu cara untuk membumbui percakapan agar lebih ekspresif apabila kamu merasa stiker dan emoji kurang mewakili energi yang kamu rasakan saat saling berkirim pesan.

Namun sayangnya, beberapa aplikasi sosial dan pemutar media tidak mendukung fitur tersebut. Contohnya seperti instagram yang hanya bisa memposting GIF animasi di bagian komentar. 

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonversi GIF menjadi format video. Membuat  GIF dari video itu mudah, tetapi melakukan yang sebaliknya tidak cukup menyenangkan karena proses konversinya menghasilkan resolusi lebih rendah.

Ada banyak situs web dan perangkat lunak yang dapat membantu kamu melakukan konversi di PC, atau ponsel Android dan tablet jika ingin melakukannya dengan lebih cepat. 

Untuk membuat GIF, kamu memerlukan video atau foto. Namun, tanpa membuatnya, kamu tetap dapat menggunakan GIF yang telah disediakan oleh GIPHY dan Tenor.

Layanan ini terintegrasi ke dalam aplikasi media sosial, sehingga kamu dapat mengirim GIF secara instan. Sebagian besar HP Android terbaru juga telah mendukung berbagi langsung dari keyboard.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Menggunakan CapCut

Konverter GIF seluler lebih aman dan lebih cepat digunakan dibandingkan dengan situs web ketiga.

Hal ini dikarenakan sebagian besar konten di Google Play Store telah lulus pemeriksaan keamanan, sehingga risiko masuknya perangkat lunak berbahaya ke perangkat kamu lebih kecil.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah GIF menjadi Video adalah CapCut. Aplikasi ini merupakan aplikasi editor video gratis dan terkenal di kalangan pengguna TikTok, yang menyediakan templat dan efek transisi yang keren. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur teks otomatis.

Saat kamu menambahkan audio ke GIF, minta aplikasi CapCut untuk memindai dan mengubah teks sehingga kamu tidak perlu mengetiknya.

Namun, kamu juga perlu menyesuaikan pula, karena teks yang  muncul tidak selalu akurat. Selain itu, kamu dapat menambahkan panjang durasi GIF dari detik ke menit, memasukkan banyak efek, dan mengekspornya menjadi video.

3 dari 4 halaman

Cara Mengubah GIF Menjadi Video Menggunakan CapCut

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan jika kamu ingin mengonversi GIF menjadi sebuah video dengan menggunakan aplikasi CapCut.

  1. Instal aplikasi CapCut pada perangkat.
  2. Buka aplikasi dan izinkan aplikasi untuk mengakses file.
  3. Ketuk 'Proyek Baru'.
  4. Pilih GIF dan tambahkan ke editor. Kamu dapat menambahkan beberapa GIF untuk digabungkan menjadi satu video.
  5. Untuk menambahkan panjang durasi GIF, ketuk bingkai, kemudian seret tepi durasi yang diinginkan.
  6. Gunakan alat di bagian bawah gambar layar untuk menambahkan teks, efek, audio, dan pengeditan lainnya.
  7. Di akhiran, CapCut menambahkan logonya di video kamu. Untuk menghapusnya, ketuk logo dan hapus.
  8. Pilih 1080p di pojok kanan atas untuk memilih resolusi yang kamu inginkan, frekuensi gambar, dan kecepatan kode.
  9. Setelah selesai mengedit, ketuk ikon 'Unggah' di sebelah resolusi untuk mengekspor GIF sebagai video ke perangkat kamu.

Tidak hanya aplikasi CapCut, kamu juga dapat menggunakan situs web yang juga dapat mengonversi GIF menjadi video.

4 dari 4 halaman

Konversi GIF Melalui Situs Web

Pencipta Photoshop menghadirkan alat online Adobe.com yang mudah digunakan untuk konversi GIF. Layanan ini gratis selama tanpa batas dan watermark, tetapi sebelumnya kamu harus mendaftar terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Adapun langkah-langkah dalam menggunakan layanan ini adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi halaman web konversi Adobe GIF.
  2. Ketuk 'Unggah GIF'.
  3. Ketuk 'Unggah Video'.
  4. Pilih GIF dari pengelolaan file kamu untuk mengimpornya.
  5. Ketuk 'Unduh'. Situs web meminta kamu untuk mendaftar atau masuk ke akun kamu untuk menyelesaikan proses.

Situs web lain yang dapat kamu coba untuk mengonversi GIF kamu menjadi video adalah Online-convert.com. 

Situs web ini adalah salah satu yang paling serbaguna di internet, karena dapat mengonversi file apapun, seperti TIFF; GIF; JPG; dan PNG, ke format MOV; MP4; M4A; dan AVI.

Kamu juga dapat mengonversi spreadsheet, e-book, dan presentasi gratis. Hasil konversi tidak terdapat watermark dan kamu tidak memerlukan akun untuk menggunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini