Sukses

Sopir Transjakarta Sewot Puluhan Motor Nekat Lawan Arah di Jalurnya, Warganet: Jangan Mau Kalah Pak!

Viral video sopir Transjakarta sewot puluhan motor nekat lawan arah di jalurnya. Warganet dukung aksi sang sopir dan sebal dengan pelanggaran lalu lintas ini.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan pengendara motor nekat masuk ke dalam jalur Transjakarta di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Aksi pelanggaran lalu lintas ini langsung viral di media sosial, seperti di Twitter, TikTok hingga Instagram.

Dalam video TikTok @pibiajabagus dan diunggah ulang oleh akun Twitter @txtdrjkt, terlihat bagaimana pengendara motor dimarah-marahi oleh sopir Transjakarta yang turun dari kendaraan karena menghalangi lajunya.

“Sopir TJ tersebut sangat kesal dengan para pemotor hingga akhirnya emosi dan marah kepada para pemotor,” kata saksi mata sebagaimana dikutip dari kanal News Liputan6.com.

Sontak aksi berani sang sopir Transjakarta ini menuai dukungan dari warganet, dan lainnya merasa kesal terhadap kelakuan pemotor seperti ini sering terjadi dan menyusahkan banyak orang.

Berikut adalah beberapa bunyi cuitan warganet, sebagaimana dirangkum tim Tekno Liputan6.com, Kamis (10/8/2023).

"Sebel banget sama motor2 yg begini, udah tau tj ngangkut orang banyak, ngga kebayang berapa orang yg dirugiin karna manusia2 gatau aturan gini," ujar @v**** di Twitter.

"Usul buat @PT_Transjakarta buat collab sama @humasjakfire aja, ntar tiap bus dilengkapi water cannon buat jaga jaga kalo kek gini kan enak bisa tinggal sembur 🙏," kata @a****.

"Udah tau tilang manual udah berlaku & di jalur busway itu sampe lampu merah kejaksaan langganan razia wkwkwk," ujar @r****.

Akun @a**** mencuitkan, "Udah 19 tahun busway ada, masih ada aja yang nerobos jalurnya."

"Gils udh masuk jalur busway lawan arus jg mantul," tulis @S****.

"A normal day in Cipinang😂," tulis @e**** di Twitter.

"Kaya nya ini pasukan habis dipukul mundur di depan, shg balik badan mau ngabur hehehehehe...," ucap @a****.

"Kalo gue jadi supir buswaynya gue klakson kenceng² sih, masa iyah bis yg dipukul mundur wkwk," kata @m**** di media sosial milik Elon Musk itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Pengendara Motor Lawan Arah di Jalur Transjakarta

Bus Transjakarta mengambil penumpang di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (10/7/2020). Pemprov DKI Jakarta kembali tiadakan aturan ganjil genap berdasarkan nomor polisi kendaraan seiring penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Senin (14/9/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui, kejadian ini terjadi pada Rabu, 9 Agustus 2023 sekitar pukul 09.10 WIB. Berdasarkan penjelasan, para pemotor nekat melawan arus dan masuk jalur Transjakarta untuk menghindari tilang oleh polisi yang sedang berjaga di depan.

“Alasan para pengendara motor tersebut putar balik adalah mereka takut terkena tilang oleh polisi. Jadi mereka memilih untuk memutar balik,” kata saksi mata tersebut kepada wartawan.

Selang berapa menit kemudian, pemotor akhirnya tak jadi melawan arah. Arus lalu lintas telah kembali normal.

"Sekitar 10-15 menit sampai akhirnya para pemotor putar balik dan TJ bisa meneruskan perjalanannya," ujar dia.

Terpisah, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan pihaknya akan menelusuri video yang viral di media sosial tersebut.

"Coba nanti saya telusuri," kata Edy saat dihubungi.

3 dari 3 halaman

Uji Coba Transjakarta ke Bandara Soetta Diperpanjang

Masyarakat yang ingin mengakses kereta bandara Soekarno Hatta kini bisa memanfaatkan layanan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) . (Liputan6.com/herman Zakharia)

Di sisi lain, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menambah jam operasional Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Keputusan ini diambil usai dilakukan evaluasi layanan sejak tiga pekan diuji coba.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo ditemui usai menghadiri Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2023).

"Hasil evaluasi kita sudah melakukan beberapa penyesuaian seperti, contoh operasionalnya jam 06.00-09.00 WIB jadi jam 05.30 - 09.05 WIB. Sorenya 18.00-21.00 WIB berubah jadi 16.30-21.05 WIB, itu penyesuaian," kata Syafrin.

Menurut Syafrin, keputusan ini juga berdasarkan hasil survei yang dilakukan kepada para penumpang yang mengakses layanan Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta. Mayoritas penumpang didapati bekerja di lingkungan Bandara Soetta.

"Dari sisi operasional, hasil survei pelanggan itu menyampaikan masukan untuk bisa mengakomodir pola perjalanan mereka yang membutuhkan, untuk bekerja di Bandara Soetta," ucap dia.

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mendapati antusias yang tinggi dari warga yang menggunakan layanan armada Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) usai tiga pekan masa uji coba dilakukan sejak Rabu, 5 Juli 2023.

Tercatat, total sebanyak 14.222 orang naik layanan Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta hingga Sabtu, 29 Juli 2023. Diketahui, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa uji coba yang sedianya berakhir pada 26 Juni 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini