Sukses

Bocoran iPhone 15 Pro: Bezel Lebih Tipis, Frame Titanium, dan Pengisian Daya USB-C

iPhone 15 Pro dan Pro Max kemungkinan mendapatkan tampilan baru secara bersamaan, dengan teknik rancangan low-injection pressure over-molding (LIPO) yang membuat bezel setipis silet.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi baru tentang iPhone 15 telah bocor, sehingga muncul informasi penting mulai dari ukuran bezel hingga port pengisian daya baru.

Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus disebut tidak akan dilengkapi Dynamic Island, fitur toggle berbentuk kapsul di atas layar yang pertama kali dirilis pada iPhone 14 Pro.

iPhone 15 Pro dan Pro Max kemungkinan mendapatkan tampilan baru secara bersamaan, dengan teknik rancangan low-injection pressure over-molding (LIPO) yang membuat bezel setipis silet--iPhone dari 2,2 milimeter menjadi 1,5 milimeter. Apple pertama kali menggunakan LIPO di Watch Series 7.

Mengutip Engadget, Rabu (2/8/2023), iPhone 15 kemungkinan juga akan mengubah pengisi daya lighting-nya dengan port USB-C. Kalau pun perubahan tersebut tidak terjadi pada generasi iPhone 15, itu hanya soal waktu.

Tahun lalu, Uni Eropa mengumumkan bahwa semua smartphone dan tablet yang dijual di wilayah tersebut harus memiliki port pengisian daya USB-C mulai tahun 2024.

Parlemen Eropa menyebut langkah itu, yang akan diperluas ke laptop dua tahun kemudian, berdampak positif bagi lingkungan dan konsumen.

Pembaruan lain untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mungkin termasuk peningkatan kamera dan prosesor A16, yang pertama kali terlihat di iPhone 14 Pro.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max baru dilaporkan akan memiliki frame titanium (bukan baja tahan karat) dan chip 3 nanometer.

Ada juga desas-desus tentang iPhone "Ultra" sebagai opsi seri kelas atas. Apple kemungkinan akan merilis iPhone 15 dan iPhone 15 Pro setidaknya pada bulan September (berdasarkan jadwal tahunan perusahaan).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Action Button di iPhone 15 Pro Bakal Punya Banyak Fungsi, Terungkap dari Kode iOS 17

Berdasarkan sejumlah rumor yang beredar dalam beberapa bulan terakhir, iPhone 15 Pro akan dibekali dengan tombol baru yang diberi nama Action Button. Tombol tersebut dikabarkan bakal menggantikan fungsi tombol geser untuk mengaktifkan mode Silent di iPhone saat ini.

Meski belum dapat dipastikan, informasi mengenai fungsi tombol tersebut sudah mulai terungkap. Mengutip informasi dari GSM Arena, Senin (31/7/2023), infromasi soal Action Button di iPhone 15 Pro ini diketahui dari kode yang ditemukan di iOS 17.

Sebagai informasi, Apple memang disebut-sebut akan mengubah desain tombol pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Selain mengganti tombol geser, Apple juga akan membuang tombol volume atas dan volume bawah yang masih terpisah.

Untuk menggantikannya, kedua tombol tersebut akan digabungkan jadi satu tombol yang berfungsi dua arah. Nah, untuk Action Button sendiri, MacRumors menemukan ada sekitar sembilan fungsi yang bisa diakses, berdasarkan rilisan terbaru dari iOS 17 versi beta.

Disebutkan, tombol itu akan berfungsi untuk mengaktifkan Silent Mode di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Max, lalu menjadi akses ke sejumlah fitur seperti Accessibility, Shortcuts, Kamera, Senter, Magnifier, Translate, dan Voice Memo.

Kendati demikian, laporan tersebut tidak mengungkapkan lebih lanjut tentang cara kerja Action Button. Namun untuk sekarang, fitur ini diketahui hanya akan hadir untuk lini iPhone versi Pro.

Di sisi lain, berdasarkan laporan sebelumnya, Apple dikabarkan akan mengadopsi teknologi haptic feedback pada Action Button ini, mirip dengan tombol Home di iPhone 7. Dengan kata lain, tombol ini bekerja dengan mengidentifikasi tingkat tekanan yang diterima.

3 dari 6 halaman

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Bakal Hadir dalam Jumlah Terbatas?

Di sisi lain, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max disebut-sebut akan hadir dalam jumlah terbatas. Pasalnya, menurut sumber The Information, yang Tekno Liputan6.com kutip, masalah pasokan berdampak pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max sebelumnya dikabarkan bakal pakai pasokan layar dari manufaktur LG, guna membuat bezel yang sangat tipis, sesuai desain yang diinginkan Apple.

Namun sayangnya, layar LG gagal uji tes keandalan, karena layar menyatu dengan sasis dan hal ini memaksa Apple mengubah desain kedua model iPhone flagship.

The Information mengklaim, Apple memiliki layar dari Samsung yang sudah lulus tes keandalan, namun jumlah pasokan layar tidaklah cukup. Hal ini pun diperkirakan menyebabkan kekurangan stok saat perangkat iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Series dirilis.

Masih dari The Information, peluncuran iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan berjalan tepat waktu meski dalam stok terbatas.

Sementara itu, iPhone 15 series dikatakan bakal jadi iPhone yang dirilis Apple tahun 2023 ini. Mendekati September --bulan di mana Apple biasa merilis iPhone-- perilisan iPhone 15 kian ramai diperbincangkan di media sosial.

Seperti diketahui, iPhone merupakan produk paling penting bagi bisnis Apple yang dirilis tiap tahunnya. Perusahaan pun bakal memprioritaskan produksi iPhone 15 dibandingkan produk-produk lain milik perusahaan. 

4 dari 6 halaman

Perilisan iPhone 15 Bakal Ditunda?

Dengan begitu, jika ada masalah pada pasokan atau gangguan lain, Apple bisa saja menunda perilisan produk lain sebelum masalah pada pasokan berdampak ke perilisan iPhone 15.

Sementara itu dikutip dari Forbes, Apple tengah mengantisipasi bahwa perilisan iPhone 15 series tampaknya akan ditunda setidaknya di bulan Oktober.

Pada catatan riset yang dibagikan, analis global di Bank of America Wamsi Mohan, mengungkapkan, setelah melakukan sejumlah pengecekan kanal rantai pasokan Apple, ia berpendapat tanggal perilisan iPhone 15 kemungkinan pada kuartal keempat 2023.

Itu artinya, kemungkinan iPhone 15 bakal dirilis antara Oktober hingga Desember 2023.

Mohan sebelumnya pernah memprediksi secara akurat adanya penundaan tanggal perilisan iPhone 12 pada 2020. 

5 dari 6 halaman

Deretan Fitur Baru iPhone 15 Series

9To5Mac menyebut ada sejumlah perubahan baru pada lini iPhone 15 yang rilis tahun ini. Apa saja?

  • Semua model iPhone 15 akan menggunakan port USB Type C untuk pengisian daya.
  • Seluruh model iPhone 15 akan memiliki bezel yang lebih tipis.
  • Fitur Dynamic Island yang semula hanya di iPhone 14 Pro series akan diturunkan ke semua model iPhone 15, termasuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.
  • iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan memiliki finishing titanium yang baru.
  • iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menggunakan chipset Bionic A17 yang dibuat dengan proses produksi 3nm.
  • Ini jadi yang pertama kalinya bagi Apple memakai chip dengan fabrikasi 3nm. Imbasnya, performa meningkat dan lebih efisien.
  • iPhone 15 Pro Max akan menggunakan lensa periskop untuk meningkatkan optical zoom pada kamera belakangnya.
6 dari 6 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.