Sukses

XL Axiata Tebar Sinyal 4G di Seluruh Jalur LRT

XL Axiata memastikan telah menebar sinyal 4G-nya di seluruh jalur LRT Jabodetabek, dengan begitu saat layanan transportasi ini beroperasi masyarakat bisa menggunakan layanan XL di sepanjang jalur.

Liputan6.com, Jakarta - Moda transportasi publik berbasis rel yang akan menghubungkan kota Jakarta dengan kota-kota penyangga di sekitar, Light Rail Transit (LRT) bakal segera beroperasi.

Dengan rute yang menghubungkan Jakarta dengan sejumlah kota penyangga, moda transportasi LRT diyakini akan membuat ribuan orang menggunakannya.

Kondisi tersebut membuat perusahaan telekomunikasi XL Axiata memastikan jaringan datanya siap menjangkau seluruh jalur LRT Jabodebek.

Head Network Operation XL Axiata Region Jabodetabek Okrisimon mengatakan, pihaknya telah mengecek kualitas jaringan XL Axiata di sepanjang jalur LRT Jabodetabek.

"Sejauh ini bisa kami pastikan bahwa seluruh jalur LRT termasuk semua stasiun baik yang berada di lintas Cibubur maupun lintas Bekasi semuanya sudah terlayani jaringan 4G XL Axiata," kata Okrisimon.

Dengan begitu pihaknya meyakini, saat LRT telah resmi beroperasi nanti, para pelanggan XL Axiata bakal bisa mengakses layanan komunikasi dan internet dengan kualitas yang baik.

Selain itu, untuk memastikan layanan tetap berjalan baik, tim jaringan XL Axiata bakal terus mengecek kualitas jaringan 4G dan melihat potensi serta kebutuhan masyarakat atau pelanggan yang akan menggunakan LRT.

Dengan demikian, keseluruhan jaringan XL bakal siap menyambut peningkatan trafik, saat LRT beroperasi penuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalur LRT Jabodetabek Dilayani 2.300 BTS 4G XL Axiata

Saat ini, kedua rute LRT telah terlayani oleh lebih dari 2.300 BTS 4G. Sementara itu, jaringan XL Axiata di seluruh Provinsi DKI Jakarta terdapat lebih dari 10.400 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G.

Untuk Kota Depok didukung oleh lebih dari 1.400 BTS, sedangkan di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi didukung oleh lebih dari 3.600 BTS di mana mayoritas merupakan BTS 4G.

Sementara itu, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 38 provinsi Indonesia.

Untuk melayani jumlah pelanggan di atas, XL Axiata didukung lebih dari 147 ribu BTS dengan mayoritas BTS 4G. XL Axiata juga memiliki jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km.

Jaringan fiber ini untuk menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.

3 dari 4 halaman

Cara daftar naik LRT Tarif Rp 1

LRT Jabodebek akan memulai tahap uji coba atau soft launching pada 12 Juli 2023. Masa uji coba dengan tarif Rp 1 tersebut akan dibuka untuk komersil LRT Jabodebek sampai 15 Agustus 2023.

Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, pihaknya akan membatasi jumlah moda transportasi dan kuota penumpang LRT Jabodebek selama periode tersebut.

"Dalam 1 hari kita menyiapkan 4 perjalanan untuk soft launching. Artinya, akan ada lebih kurang 600 masyarakat yang bisa ikut dalam perjalanan itu," ujar Kuswardojo saat menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas ke Stasiun Jatimulya, Kamis (6/7/2023).

Oleh karenanya, ia mengajak masyarakat yang berminat agar terus memantau informasi di media sosial LRT Jabodebek. Pihak manajemen rencananya bakal menyematkan link pendaftaran di sana.

"Link pendaftaran itu nanti bisa diklik, nanti kemudian bisa isi formulir pendaftaran tersebut, dan pastikan mereka mengikuti setelah mendapatkan konfirmasi dari kami. Karena nanti kami akan menyampaikan konfirmasi kepada warga masyarakat yang sudah mendaftar," imbuhnya.

Pesan konfirmasi itu nantinya bisa dikirimkan melalui WhatsApp atau email, berisi jadwal keberangkatan sang penumpang, beserta dari stasiun mana mereka akan berangkat. Pasalnya, untuk masa uji coba ini baru ada 3 pilihan stasiun saja.

4 dari 4 halaman

Masyarakat cuma bisa naik di 3 stasiun LRT saat uji coba

"Nanti ada Jatimulya, Harjamukti dan Dukuh Atas. Nanti mereka bisa memilih itu setelah dapat konfirmasi. Jangan lupa, konfirmasi itu ditunjukkan kepada petugas yang ada di stasiun ketika hendak melakukan perjalanan," pinta Kuswardojo.

"Karena nantinya apabila tidak mendapatkan konfirmasi, mohon maaf, tidak bisa mengikuti perjalanan soft launching," tegas dia.

Sudah Naik Tak Boleh Daftar Lagi

Lebih lanjut, Kuswardojo juga meminta masyarakat yang sudah pernah mencicipi LRT Jabodebek agar tidak mendaftar lagi untuk kedua kalinya.

"Tentunya pada masa soft launching LRT ini yang pertama memang jelas, kita meminta pada warga masyarakat untuk memaklumi kondisi tersebut. Karena kami yakin akan banyak sekali warga masyarakat yang ingin mengikuti uji coba ini. Jadi makanya, coba untuk kita semua rajin-rajin lihat medsos kita. Pada saat nanti prinsipnya siapa cepat dia akan dapat," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.