Sukses

Snapdragon 4 Gen 2, Chipset Terbaru dari Qualcomm untuk Smartphone Kelas Entry Level

Snapdragon 4 Gen 2 dirancang untuk memberikan daya tahan baterai yang baik dan peningkatan performa untuk ponsel kelas entry level.

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja memperkenalkan chipset baru untuk ponsel dengan harga terjangkau, yakni Snapdragon 4 Gen 2. Chipset ini dirancang untuk memberikan daya tahan baterai yang baik, bahkan diklaim akan mendukung penggunaan sepanjang hari.

Pembaruan chipset ini pun disebut akan membawa banyak peningkatan bagi smartphone entry level, sehingga performanya mampu mendekati kelas menengah. 

Qualcomm juga menjanjikan kecepatan CPU yang ditingkatkan, konektivitas 5G, dan potensi peningkatan visual melalui kamera terintegrasi.

Mengutip informasi dari Engadget, Rabu (28/6/2023), Snapdragon 4 Gen 2 akan dilengkapi CPU Qualcomm Kryo eksklusif dengan kecepatan puncak hingga 2,2 GH. Dengan kecepatan tersebut, chipset ini menawarkan peningkatan performa hingga 10 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Snapdragon 4 Gen 2 juga menjadi chipset dengan fabrikasi 4nm pertama di lini Snapdragon 4 series. Karenanya, ia dapat lebih efisien jika dibandingkan dengan Gen 1 yang menggunakan fabrikasi 6nm dan Snapdragon 480 dengan 8nm. 

Tak hanya itu, Qualcomm juga menawarkan teknologi pengisian daya cepat. Menurut perusahaan, pengguna dapat mengisi 50 persen daya hanya dalam waktu 15 menit. Sementara untuk tampilannya, chipset ini mendukung display FHD+ modern dengan frame rate hingga 120fps. 

Pada bagian konektivitasnya, terdapat sistem modem X61 5GB Modern-RF yang menjanjikan kecepatan super dengan bandwidth hingga 100 MHz serta peningkatan dukungan jaringan dan frekuensi. Teknologi tersebut menawarkan kecepatan mengunduh hingga 2,5Gbps dan mengunggah hingga 900Mbps.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendukung RAM dan Memori Internal yang Lebih Cepat

Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 juga mendukung RAM dan memori internal dengan performa yang lebih cepat. RAM yang didukungnya adalah LPDDR5x 3200 MHz. 

Penggunaan RAM tersebut menggantikan RAM LPDDR4x 2133 MHz pada Snapdragon 4 Gen 1 sebelumnya.

Di samping itu, ruang penyimpanannya mendukung teknologi UFS 3.1 dua jalur. Sebelumnya, chipset ini hanya mampu mendukung UFS 2.2. Karena itu, kinerja RAM dan memori internal pada perangkat yang menggunakan Snapdragon 4 Gen 2 akan lebih cepat. 

3 dari 4 halaman

Peningkatan Bagian Kamera

Sementara itu, peningkatan kamera diwujudkan dengan stabilisasi gambar elektronik, fokus otomatis yang lebih cepat, dan pengurangan blur yang disempurnakan.

Kemampuan Multi Camera Temporal Filtering (MCTF) juga dihadirkan untuk menghasilkan tangkapan gambar yang tajam dan mengurangi noise secara drastis ketika merekam video.

Namun, chipset ini akan tetap hanya mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p di 60 fps atau 720p 120 fps untuk perekaman video slow motion.

4 dari 4 halaman

Penerapan AI untuk Fitur Kamera

Seiring dengan perkembangan kecerdasan buatan pada tahun ini, Snapdragon 4 Gen 2 juga disebut telah mengadopsi teknologi tersebut.

Hal ini bisa jadi hadir sebagai penyesuaian pencahayaan berbasis AI untuk memotret di tempat yang minim cahaya, atau sebagai alat penghilang noise latar belakang yang disempurnakan dengan AI.

Meskipun belum tersedia secara resmi di HP dengan harga terjangkau, Snapdragon 4 Gen 2 disebut akan segera hadir pada akhir tahun ini. Beberapa OEM seperti Redmi dan Vivo telah mengungkapkan rencananya untuk menambahkan chipset ini ke jajaran produk mereka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.