Sukses

WhatsApp Kembangkan Fitur Pin dan Unpin Pesan Otomatis dengan Durasi 24 Jam hingga 30 Hari

Dengan fitur pin pesan WhatsApp, pengguna dapat menyorot pesan penting dan membuatnya lebih mudah untuk diakses kembali karena pesan akan tetap berada di bagian atas ruang obrolan.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengembangkan fitur baru yang akan segera dirilis. Kali ini, fitur baru tersebut akan memungkinkan pengguna menyematkan (pin) pesan penting di dalam ruang obrolan pribadi dan grup.

Fitur pin ini hadir pada pembaruan aplikasi versi 2.23.13.11, yang saat ini tersedia di Google Play Beta Program, sebagaimana dikutip dari WABetaInfo, Minggu (25/6/2023).

Dengan fitur pin pesan, pengguna dapat menyorot pesan penting dan membuatnya lebih mudah untuk diakses kembali. Pesan yang disematkan akan tetap berada di bagian atas percakapan, memastikannya tidak terlewat di antara pesan lainnya.

Yang membedakannya dengan kemampuan di aplikasi lain, fitur baru WhatsApp ini memiliki durasi tertentu. Pengguna dapat memilih salah satu periode waktu antara 24 jam, 7 hari, dan 30 hari. 

Fleksibilitas tersebut memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan durasi pin dengan kebutuhan dan preferensi mereka. 

Tak hanya itu, durasi ini juga sekaligus menyertakan fitur unpin pesan otomatis. Namun, pengguna bisa melepaskan pin pesan kapan saja, bahkan sebelum durasi yang dipilih berakhir. 

Tentunya, kemampuan pin pesan ini dapat menjaga percakapan tetap terorganisir. Dengan mempertahankan informasi penting ditampilkan dengan jelas, WhatsApp bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan visibilitas konten penting di dalam obrolan dan grup.

Meskipun belum resmi diumumkan, WhatsApp telah mengembangkan fitur ini secara aktif dan berencana untuk merilisnya kepada para penguji beta dalam waktu dekat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Bisa Bungkam Penelpon Tak Dikenal Secara Otomatis

Di sisi lain, WhatsApp juga ingin memastikan penggunanya tidak terganggu dengan panggilan spam atau penelpon tidak dikenal. 

Melalui pembaruan aplikasi beberapa waktu lalu, WhatsApp menghadirkan fitur yang disebut Silence Uknown Callers. Fitur ini akan membungkam panggilan spam sehingga ponsel tak berdering. Panggilan itu hanya akan muncul di daftar panggilan.

Untuk sebagian besar pengguna, fitur ini diklaim menawarkan perpaduan antara kepraktisan dan privasi. Bicara tentang privasi, WhatsApp juga memperkenalkan fitur bernama Privacy Checkup.

"Memilih opsi 'Mulai pemeriksaan' di pengaturan Privasi akan mengarahkan kamu ke beberapa lapisan privasi yang memperkuat keamanan pesan, panggilan, dan informasi pribadi," kata perusahaan sebagaimana dikutip dari Engadget, Selasa (20/6/2023).

3 dari 4 halaman

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Gunakan Banyak Akun dalam Satu Perangkat

Di samping dua pembaruan tersebut, WhatsApp dikabarkan tengah menggarap fitur baru yang menarik bagi pengguna. Pembaruan ini akan mendukung multi-akun untuk aplikasi versi Android. 

Menurut laporan WABetaInfo, Jumat (16/6/2023), fitur ini memungkinkan pengguna beralih antar profil di perangkat yang sama. Tampaknya, fitur ini akan bekerja layaknya perpindahan akun pada aplikasi Meta lainnya, seperti Instagram.

Berdasarkan tangkapan layar dalam unggahan tersebut, terlihat pop-up yang menyediakan beberapa akun dalam satu perangkat.

Ketika pengguna menambahkan akun lainnya, akun utama akan tetap tersimpan di perangkat selama akun tidak dikeluarkan. Dengan begitu, pengguna dapat berpindah akun kapan pun.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Kembangkan Fitur Berbagi Pesan Video Singkat, Mirip Telegram

Selanjutnya, laporan terbaru juga menyatakan bahwa aplikasi perpesanan populer ini sedang menggarap fitur baru yang memungkinkan penggunanya mengirimkan video pesan singkat. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh WABetaInfo.

Mengutip informasi dari Android Police, Minggu (18/6/2023), fitur ini ditemukan pada aplikasi WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.8.19. Sementara di iOS, fitur ini diketahui ada pada aplikasi beta versi 23.6.0.73.

Menurut WABetaInfo, fitur ini bisa ditemukan melalui ikon mikrofon yang ada di sebelah kotak untuk mengirimkan pesan. Apabila diklik, ikon tersebut nantinya akan berubah menjadi kamera yang menandakan pengguna dapat memakainya untuk merekam video.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.