Sukses

Elon Musk vs Mark Zuckerberg: Ini Profilnya hingga Perbandingan Kekayaan 2 Miliarder yang Mau Adu Jotos di Octagon

Elon Musk dikabarkan menantang Mark Zuckerberg untuk duel di Octagon, berikut perbandingan profil antara keduanya, termasuk berat badan, kehidupan pribadi, hingga kekayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk vs Mark Zuckerberg jadi bahan pembicaraan di kalangan warganet, usai keduanya menyebut bakal melakukan pertandingan (duel adu jotos) di Octagon.

Meski begitu, tidak sedikit yang menyoroti perbedaan antara kedua bos perusahaan teknologi itu, salah satunya dalam hal fisik dan kemampuan bertarung.

Pasalnya, Mark Zuckerberg punya rekam jejak di bidang olahraga Jiu Jitsu, sementara Elon Musk pernah bercerita tentang "perkelahian jalanan yang sangat keras" saat besar di Afrika Selatan.

Zuckerberg, baru-baru ini memenangkan turnamen Jiu Jitsu. Di satu sisi, melalui Twitter-nya, Elon "tidak berlatih selain melemparkan anak-anaknya ke udara."

Mengutip The Guardian, Jumat (23/6/2023), Elon Musk punya tinggi sekitar 1,87 meter dengan berat sekitar 85 kilogram, sehingga lebih berat daripada Zuck.

Sementara, sang CEO Meta punya tinggi 1,71 meter dan berat badan kurang dari 70 kilogram. Secara usia, Elon Musk lebih lebih tua 12 tahun daripada Zuckerberg yaitu 51, sementara Zuck masih berusia 39.

Beralih dari segi fisik ke sisi bisnis, Zuckerberg dikenal sebagai salah satu pendiri media sosial Facebook, serta induk perusahaan Meta yang menaungi WhatsApp dan Instagram. Ia masih menjabat sebagai CEO Meta.

Sementara Elon adalah pendiri dan CEO SpaceX, CEO Tesla, pemilik media sosial Twitter, serta mendirikan The Boring Company dan X Corp. Ia juga terlibat dalam pendirian Neuralink dan OpenAI.

Elon Musk, yang lahir di Pretoria, Afrika Selatan, tercatat pernah menjalani beberapa kali pernikahan yang akhirnya cerai, yaitu dengan Justine Wilson dan Talulah Riley.

Elon Musk yang merupakan anak dari Errol Musk dan Maye Musk ini juga pernah menjalin hubungan dengan Grimes. Beberapa media pun menyebut, Elon Musk punya setidaknya 10 anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbandingan Harta Kekayaan dan Jumlah Pengguna Media Sosial

Di sisi lain, Mark Zuckerberg lahir di White Plains, New York, Amerika Serikat. Ia tidak lulus dari Harvard University. Pada 2012, dia lalu menikah dengan Priscilla Chan dan dikaruniai tiga orang anak.

Salah satu yang banyak disoroti publik dari keduanya adalah harta kekayaan, di mana mereka sama-sama masuk ke daftar orang terkaya di dunia.

Namun, Elon Musk tercatat lebih kaya ketimbang Zuckerberg. Dia juga menyabet gelar orang terkaya di dunia menurut Forbes.

Pantauan Tekno Liputan6.com di situs The Real-Time Billionaires List saat artikel ini ditulis, Jumat (23/6/2023), kekayaan Elon Musk mencapai USD 239,5 miliar, sementara kekayaan Zuckerberg di angka USD 101,1 miliar.

The Guardian mencatat, jika membandingkan pengguna media sosial milik mereka, Facebook memiliki 2,9 miliar pengguna aktif bulanan, sementara Twitter hanya 330 juta.

Tahun lalu, mereka juga pernah sama-sama mengalami kerugian, di mana Musk kehilangan USD 30 miliar karena pembelian Twitter, sementara Zuck rugi USD 13,7 miliar karena investasinya di metaverse.

3 dari 4 halaman

Kronologi Kabar Rencana Duel Elon Musk vs Mark Zuckerberg

Awal mula tantangan Elon Musk ke Mark Zuckerberg bermula dari kabar Meta yang disebut akan merilis aplikasi pesaing Twitter, yang menurut sebuah dokumen internal akan bernama Threads, meski belum diumumkan resmi.

Dikutip dari The Verge, Kamis (22/6/2023), Elon Musk kemudian mengolok-olok rencana Meta dan Zuckerberg melalui akun Twitter-nya, sebagai respons atas pernyataan tersebut.

Musk merespons akun Twitter Mario Nawfal dengan handle @MarioNawfal, yang menyinggung soal investigasi WSJ tentang lingkaran pornografi anak di Instagram dan Facebook.

Musk mengatakan, dunia bakal tidak punya pilihan lain selain "berada secara eksklusif di bawah jempol Zuck."

Warganet pun mulai berkomentar di utas tersebut, di mana salah satu dengan handle @kwmarkoff26656, meminta Musk berhati-hati dan menyebut bahwa Zuckerberg kini jago jiu jitsu.

Musk mengatakan dia siap untuk cage match: "Saya siap untuk pertandingan dalam kandang jika dia siap lol."

Entah CEO Tesla itu sedang bercanda atau tidak, Zuckerberg rupanya menanggapi pernyataan Elon Musk tersebut, melalui unggahan di Instagram Story akun resminya.

"Send Me Location (Kirim lokasinya)" tulis Zuckerberg sembari menampilkan tangkapan layar cuitan Musk di Twitter.

Berita tentang tanggapan Zuckerberg di The Verge itu pun akhirnya kembali di respons oleh Elon Musk di akun Twitter-nya: "Vegas Octagon," cuitnya.

4 dari 4 halaman

Ibu Elon Musk Tak Mau Anaknya Tanding Lawan Mark Zuckerberg

Meski banyak warganet yang ingin melihat dua orang miliarder itu saling baku hantam ala petarung UFC, rupanya ibu Elon Musk, Maye Musk, tampaknya kurang suka dengan hal itu.

Menanggapi kabar Elon Musk vs Mark Zuckerberg yang viral di internet, Maye Musk pun meminta agar keduanya lebih baik "berantem pakai kata-kata."

"Tidak bercanda. Berantemnya pakai kata-kata saja. Di kursi berlengan. 4 kaki jauhnya. Yang paling lucu menang 🤗😂" cuit Maye Musk di Twitter-nya, menanggapi Tweet sang anak yang ingin tanding di Vegas Octagon.

Bahkan, Maye juga mengklaim bahwa pertandingan ini sudah dibatalkan dan dia merasa lega.

"Sebenarnya, saya membatalkan pertarungan. Saya belum memberi tahu mereka. Tapi saya akan terus mengatakan pertarungan dibatalkan, untuk berjaga-jaga…🤨" ujarnya, dikutip Jumat (23/6/2023).

Dia bahkan mengomentari cuitan ilmuwan komputer Lex Fridman, agar tidak memanas-manasi atau mendukung pertandingan Musk vs Zuck itu.

"Pertandingan jiu jitsu antara Zuck dan Elon pasti akan menjadi plot twist yang menyenangkan dalam simulasi ini. Saya mendukungnya," cuit Fridman.

"Jangan dukung pertandingan ini 😠😠" balas Maye melalui Retweet dari akun Fridman.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.