Sukses

Pangkas Waktu Saat Pindahkan File, Synology Rilis Layanan Backup Data BeeDrive

Synology merilis layanan backup data BeeDrive yang mampu memangkas waktu saat memindahkan file. Kehadirannya seiring dengan kebutuhan akan ruang penyimpanan besar untuk simpan file dari ponsel atau komputer.

Liputan6.com, Jakarta - Synology merilis penyimpanan data kompak bernama BeeDrive untuk mem-backup file dan foto pribadi dari komputer, smartphone, dan tablet pengguna secara bersamaan.

BeeDrive menjanjikan proses pengaturan kurang dari tiga menit tanpa mengabaikan privasi data milik penggunanya.

Produk Manager Synology Inc David Hu mengatakan, kehadiran penyimpanan BeeDrive didasari kebutuhan pengguna atas ruang penyimpanan yang berkapasitas besar. Pasalnya, kehadiran smartphone dengan kamera makin canggih menghabiskan ruang penyimpanan.

"Zaman sekarang, setiap orang menghasilkan lebih banyak data dari sebelumnya lewat berbagai perangkat. Hadirnya kamera high-end dengan format foto atau video baru menghabiskan ruang penyimpanan smartphone dan cloud lebih cepat dari sebelumnya," kata David.

Sayangnya, kebutuhan penyimpanan data yang besar belum didukung dengan kecepatan internet mumpuni untuk mengunggah data tersebut ke cloud. Apalagi, pengguna di Indonesia biasanya mentransfer data antar perangkat pribadi mereka.

"Kami menyediakan kemampuan Synology dalam teknologi backup ke lebih banyak pengguna melalui BeeDrive, terutama bagi pengguna yang tidak memiliki pengetahuan dan waktu untuk mengoperasikan server untuk backup," kata David.

Ia menyebut, solusi backup data BeeDrive dibuat mudah sehingga bisa digunakan oleh keluarga dan teman dari pengguna Synology.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perangkat BeeDrive Tawarkan Opsi Penyimpanan 1TB dan 2TB

Sekadar informasi, BeeDrive tersedia dalam kapasitas 1TB dan 2TB untuk perangkat Windows, iOS, dan Android.

Cara Kerja BeeDrive: Backup Data Lokal

Setelah dihubungkan dengan PC, pengguna bisa memilih folder mana yang ingin mereka backup.

BeeDrive pun secara otomatis mem-backup semua perubahan di folder tersebut secara realtime dan punya recovery poin lebih baik ketimbang backup manual secara terjadwal.

Synology menjanjikan file backup yang disimpan di perangkat ini memiliki format sama dengan di PC.

3 dari 3 halaman

Proses Pemindahan Data yang Cepat

Dengan begitu, saat ada masalah pada komputer, pengguna bisa hubungkan BeeDrive ke komputer lain dan langsung akses file tanpa instal software dan melewati pemulihan yang lama.

Perangkat ini juga bisa backup foto dan video dari gadget iOS dan Android melalui WiFi. Dengan begitu, smartphone dan tablet terlindungi secara bersamaan.

Kinerja BeeDrive pun diklaim lebih cepat ketimbang backup file besar dari PC ke cloud dan 6x lebih cepat ketimbang melakukannya dari perangkat seluler. Dengan begitu, bisa mengatasi batasan bandwith yang diberlakukan oleh penyedia internet atau cloud.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.