Sukses

Apple Store Bakal Buka di 15 Lokasi Baru Termasuk Malaysia, Ada Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Apple kabarnya berencana untuk mengembangkan upaya toko Apple Store-nya dengan membuka sejumlah lokasi baru di seluruh dunia dan memperbarui beberapa toko di Amerika Serikat

Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, akan ada 15 Apple Store baru yang bakal dibuka di wilayah Asia-Pasifik, lima toko di Eropa dan Timur Tengah, serta empat toko di Amerika Serikat dan Kanada.

Selain itu, 28 toko di Asia, Eropa, dan Amerika Utara akan diperbarui atau dipindahkan. Pembuat iPhone ini diketahui memiliki rencana untuk melakukan pembaruan tersebut hingga tahun 2027.

Berdasarkan daftar yang dilansir Macrumors, dikutip Senin (5/6/2023), sayangnya Apple Store belum akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

Diketahui, tiga toko yang akan buka wilayah Asia-Pasifik bakal hadir di India, satu di Malaysia, dua di Korea Selatan, dan satu di Plaza Jing'an Temple di Shanghai. Selain itu, Apple juga berencana memperbarui toko Shinsaibashi di Osaka, Jepang.

Sementara di Eropa, Apple kabarnya akan meningkatkan Store yang berlokasi Opéra Paris, dan membuka toko baru di Battersea Power Station di London serta La Vaguada di Madrid.

Lokasi toko Apple baru juga akan hadir di Miami, Detroit, dan Torrance, California. Sementara Apple Store di New Jersey, Alabama, Massachusetts, North Carolina, Ohio, Georgia, dan Missouri akan dipindahkan.

Apple sebelumnya memperbarui Apple Tysons Corner di Virginia, dengan menghadirkan perubahan total pada lokasi ritel Apple pertamanya.

Toko ini dilengkapi dengan Genius Bar fisik, ruang perangkat keras yang fleksibel, dan Apple Watch Studio yang bisa dikunjungi langsung. Kemungkinan beberapa fitur ini juga akan hadir di toko-toko baru dalam rencana.

Bloomberg juga melaporkan, Apple terutama akan memperbarui toko-toko lama yang lebih kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Apple Store Pertama di India Resmi Dibuka

Apple sebelumnya juga secara resmi membuka Apple Store pertamanya di India pada bulan April lalu. Pembukaan dihadiri secara langsung oleh sang CEO Tim Cook.

Mengutip siaran pers Apple, Kamis (20/4/2023), toko ritel pertama Apple di India ini berada di distrik finansial, seni, dan hiburan Bandra Kurla Complex (BKC), Mumbai, India.

"Apple BKC adalah cerminan dari budaya Mumbai yang semarak dan menyatukan yang terbaik dari Apple dalam ruang yang indah dan ramah untuk koneksi dan komunitas," kata Deirdre O'Brien, wakil presiden senior Ritel Apple.

Apple BKC juga didesain sebagai salah satu Apple Store yang paling efisien secara energi di dunia, dengan panel tenaga surya khusus dan tidak bergantung pada bahan bakar fosil untuk pengoperasian toko. Toko ini juga secara operasional netral karbon, beroperasi dengan 100 persen energi terbarukan.

3 dari 4 halaman

Bagian Dalam Apple Store India

Apple Store India ini juga menampilkan langit-langit kayu buatan tangan, yang berbentuk segitiga dan membentang di luar fasad kaca hingga bagian bawah kanopi eksterior, untuk mencerminkan geometri toko yang unik.

Setiap ubin terbuat dari 408 potong kayu, membentuk 31 modul per ubin dengan total 1.000 ubin yang membentuk langit-langit. Ada lebih dari 450.000 elemen kayu individu, yang semuanya dirakit di Delhi.

Saat memasuki toko Apple itu, pelanggan akan disambut oleh dua dinding batu yang bersumber dari Rajasthan, dan tangga baja tahan karat sepanjang 14 meter yang menghubungkan lantai dasar dan mezzanine kantilever.

Pengunjung pun dapat melihat-lihat berbagai produk Apple seperti iPhone, iMac, AirPods, Apple Watch, Apple TV, dan aksesoris seperti AirTag yang dipajang di sana.

 

4 dari 4 halaman

CEO Apple Tim Cook Temui PM India

Apple BKC juga menawarkan layanan Apple Pickup, di mana pelanggan yang memesan online, dapat mengambil produknya secara offline. Tim yang berada di Apple BKC juga diklaim dapat melayani konsumen dalam sekitar 20 bahasa.

Dikutip dari Apple Insider, Reuters juga melaporkan bahwa sekitar 300 orang sudah menanti pembukaan Apple Store pertama di negara itu, dengan beberapa dari mereka datang dari berbagai daerah di India.

Melalui akun Twitter-nya, Tim Cook juga diketahui bertemu secara langsung dengan Perdana Menteri India Narendra Modi usai pembukaan Apple Store.

"Kami berbagi visi Anda terkait dampak positif teknologi yang berguna buat masa depan India - dari edukasi dan pengembang ke manufaktur dan lingkungan, kami berkomitmen menumbuhkan dan berinvestasi di seluruh negeri," cuit Cook.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.