Sukses

Selamat Hari Lahir Pancasila Trending Topic, Twitter Banjir Doa dan Harapan Warganet untuk Indonesia

Berikut ini adalah sejumlah cuitan doa dan harapan warganet Indonesia di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang meramaikan lini masa Twitter dan menjadi trending topic.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 1 Juni selalu diperingati oleh seluruh warga Indonesia sebagai Hari Lahir Pancasila. Seperti hari-hari peringatan besar lainnya di Tanah Air, Hari Lahir Pancasila juga disambut meriah oleh warganet.

Terbukti, lini masa platform media sosial Twitter pun saat ini sudah dibanjiri oleh berbagai cuitan tentang arti Pancasila sebagai simbol dasar negara dan pemersatu bangsa.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (1/6/2023), keyword Selamat Hari Lahir Pancasila saat ini sudan bertengger di posisi pertama trending topic Twitter.

Tak hanya itu, beberapa keyword terkait hari lahir Pancasila, seperti Gotong Royong, Pertumbuhan Global, Bung Karno, hingga Presiden Soekarno juga masuk daftar trending topic.

Berikut ini adalah sejumlah cuitan doa dan harapan warganet Indonesia di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas

<p>Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacari Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Kamis (1/6/2023). Jokowi tampak mengenakan baju adat dari Kesultanan Deli. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)</p>

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023). Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, Jokowi tiba di Lapangan Monas pukul 08.00 WIB. Jokowi tampak mengenakan baju adat dari salah satu daerah di Indonesia.

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara yakni, Kombes Pol Alfian Nurrizal. Saat ini, dia bertugas sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Yogyakarta.

Kemudian, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani bertugas sebagai Perwira Upacara. Dia saat ini menjabat Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta.

Bertindak sebagai pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo. Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani bertindak membacakan naskah UUD 1945, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertugas membaca doa.

Selain Presiden, hadir pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Hadir pula Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi dan Ketua Dewan Pengarah BPIP sekaligus Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri.

3 dari 4 halaman

Tema Hari Lahir Pancasila

Ilustrasi Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila (Photo created by freepik on www.freepik.com)

Sebelumnya, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar upacara akbar guna memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. Tema yang diambil dalam Hari Lahir Pancasila adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Tema ini diambil karena sangat relevan dengan keadaan bangsa dan dunia kekinian.

"Nilai dari Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana. Seperti saling menghargai bekerja sama peduli dan saling menghormati. Berkat Pancasila juga kita saling bertoleransi bergotong-royong dan menyadari betul bahwa keberagaman yang ada," jelas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Drs K H Yudian Wahyudi dalam konferensi pers, Rabu 31 Mei 2023.

Dia pun berharap, dengan peringatan tahunan Harlah Pancasila, BPIP sebagai badan yang bertanggung jawab langsung kepada presiden dapat terus melakukan aktualisasi ideologi terhadap seluruh rakyat Indonesia tentang pentingnya Pancasila dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

"BPIP berupaya aktualisasi Pancasila di tengah masyarakat tertentu membutuhkan proses sosialisasi yang terencana sistematis. Dan inilah yang menjadi perhatian utama kami," kata Yudian.

4 dari 4 halaman

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Simak Penjelasan Makna Lambangnya

Ilustrasi Pancasila, lambang negara Indonesia. (Photo by Mufid Majnun on Unsplash)

Masyarakat Indonesia hari ini, Kamis, 1 Juni 2023, memperingati Hari Lahir Pancasila. Perayaan ini sangat dinantikan oleh masyarakat dan selalu dirayakan dengan sangat spesial.

Peringatan Hari Lahir Pancasila juga menjadi tanggal merah dalam kalender guna menghormati dan merayakan peringatan tersebut.

Pancasila adalah sebuah landasan dan juga ideologi bagi bangsa Indonesia sehingga tidak hanya sebagai simbol dan identitas semata.

Lambang Pancasila digambarkan dengan burung garuda yang mempunyai lima simbol dalam perisainya perisai. Lima simbol dalam perisai tersebut mempunyai makna mendalam mulai dari sila ke-1 hingga sila ke-5.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini