Sukses

Kualitas Foto iPhone 15 Siap Tantang Kamera SLR dengan Teknologi Sensor Sony

iPhone 15 akan mengadopsi teknologi sensor terbaru dari Sony yang disesuaikan kembali oleh Apple yang dapat menantang kualitas kamera SLR.

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran iPhone 15 tampaknya akan punya peningkatan besar pada bagian kameranya. Beberapa laporan menyebut, iPhone terbaru ini akan menggunakan kamera 48MP dengan teknologi dari Sony. 

Berdasarkan informasi dari Gizchina, Sabtu (3/6/2023), Sony menjelaskan sensor Exmor T memungkinkan ponsel Xperia 1V untuk menyamai kualitas pengambilan gambar menggunakan kamera SLR full-frame. 

Exmor T merupakan sensor 52MP berukuran  1/1,35 inci dengan piksel efektif 48MP dan piksel perekaman 12MP. Sony mengatakan, output sensor ini sekitar tiga kali lipat lebih unggul dari generasi sebelumnya. 

Meskipun begitu, kamera iPhone tidak menggunakan sensor yang sama dengan Exmor T, tetapi akan disesuaikan secara mendalam oleh Apple. 

Menurut laporan MacRumors, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan hadir dengan kamera belakang 48MP. 

Dikabarkan, kamera iPhone 15 ini mengadopsi sensor terbaru dari Sony. Sensor tersebut menggunakan arsitektur semikonduktor yang memisahkan fotodioda dan transistor menjadi beberapa lapisan.

Sensornya pun mampu menangkap lebih banyak cahaya sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Harapannya, teknologi sensor ini disematkan pada lensa wide, yang menjadi kamera utama iPhone. Meski belum pasti, informasi yang beredar mengatakan bahwa teknologi sensor baru ini akan eksklusif tersedia pada model iPhone 15 Pro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kamera iPhone 15 Dorong Batasan Fotografi Ponsel

Kamera seri iPhone 15 pun dikatakan siap menantang kamera SLR full-frame dengan lensa 48MP-nya yang mengesankan, teknologi sensor canggih dari Sonyl dan kemampuan lensa periskop. 

Meskipun mungkin tidak dapat menggantikan kamera profesional, seri iPhone 15 ini mampu mendorong batasan fotografi ponsel.

iPhone 15 akan menawarkan sistem kamera berkualitas tinggi yang mudah digunakan dalam genggaman tangan. 

Sebagai informasi, lensa 48MP pertama kali digunakan pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, yang mendukung fitur ProRAW untuk hasil lebih detail dan mudah diedit.

3 dari 4 halaman

Peluncuran iPhone 15 Terancam Ditunda Gegara Stok Kamera 48MP Terbatas

Di sisi lain, peluncuran iPhone 15 sempat dikabarkan terancam ditunda karena stok kamera 48MP yang terbatas. 

Apple bakal menghadapi tantangan dalam pasokan komponen kamera tertentu, sehingga menyebabkan peluncuran ponsel tersebut ditunda," ucap analis Jeff Pu, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Selasa (16/5/20230.

Pu juga menyatakan kurang optimis tentang perilisian iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Dia menjelaskan, "Apple dapat menghadapi tantangan dalam memasok sensor 48MP sesuai jadwal."

Diharapkan, kedua iPhone 15 tersebut bakal diluncurkan bersamaan dengan iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max pada September 2023 mendatang.

4 dari 4 halaman

iPhone 15 Disebut akan Punya Lensa Periskopik

Di samping itu, informasi yang beredar di internet menyeburkan bahwa seri iPhone 15 akan hadir dengan peningkatan signifikan dalam komponen kameranya jika dibandingkan dengan iPhone 14.

Salah satu yang paling terlihat jelas adalah dengan model iPhone 15 Ultra. Seri ini disebut-sebut hadir dengan lensa telefoto periskopik, dengan kemampuan zoom optik hingga 10x.

Kabarnya, semua ponsel iPhone 15 mungkin memiliki zoom periskopik dengan kemampuan zoom hingga dua kali lipat. Apple juga disebut akan melengkapi ponsel ini dengan sensor baru Sony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.