Sukses

Vidio Jadi Platform Streaming Terbaik di Indonesia Best Millennials Brand Choice 2023

Platform streaming Vidio dinobatkan sebagai pemenang Indonesia Best Millennials Brand Choice 2023 untuk kategori Movie Streaming, yang digelar Warta Ekonomi pada Rabu (31/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - PT Vidio Dot Com atau Vidio menjadi pemenang Indonesia Best Millennials Brand Choice 2023 kategori Movie Streaming, yang digelar oleh Warta Ekonomi pada Rabu (31/5/2023).

Vidio meraih penghargaan tersebut dengan 44 persen milenial memilihnya, karena unggul sebagai layanan streaming video milik bangsa, yang menyajikan channel-channel gratis, yang terhubung dengan lebih dari 50 stasiun TV dan 30 kanal radio.

"Kemudian juga dalam platform Vidio menyediakan ribuan konten menarik seperti serial TV, film layar lebar, film dokumenter, sepak bola, acara olahraga dalam dan luar negeri," kata Muhamad Ihsan, CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Group.

Selain itu, Vidio juga dinilai memiliki akses yang beragam mulai dari aplikasi, Smart TV, maupun website, di mana platform ini juga menyediakan konten-konten favorit milenial yang dapat dinikmati tanpa batas.

Penghargaan ini pun disambut baik oleh Vidio. Sutanto Hartono, CEO Vidio, menyampaikan terima kasihnya kepada Warta Ekonomi, dewan juri, serta para milenial yang telah memilih sebagai Indonesia Best Millennials' Brand Choice 2023 kategori Movie Streaming.

Menurut Sutanto, saat ini, platform OTT atau video streaming service, merupakan aplikasi yang akan dipakai semua user, untuk mencari, memilih, dan mengonsumsi berbagai konten-konten video.

"Yang kami banggakan adalah, seluruh pengembangan dari teknologi di Vidio ini, dikembangkan dengan menggunakan, semua hasil anak bangsa Indonesia," kata Sutanto.

Dia menambahkan, hal tersebut juga merupakan suatu komitmen untuk mengembangkan ekosistem konten di Indonesia.

"Karena kami percaya bahwa keahlian, kemampuan, dan juga kreativitas masyarakat Indonesia sangat bagus, sehingga salah satu komitmen kami adalah untuk memperkenalkan Vidio Original Series," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunggulan Anak Bangsa

Sutanto berharap, keberhasilan mereka dapat memberikan inspirasi bagi berbagai platform yang ada di Indonesia, untuk dapat percaya diri dan tetap berjuang.

"Karena memang kalau kita masuk ke dunia digital, salah satu tantangan kita adalah menghadapi pemain global karena tidak ada lagi penghalang di dunia digital," kata Sutanto.

Namun menurutnya, anak bangsa memiliki banyak keunggulan yang bisa digali, serta banyak yang bisa digali dari kekayaan dan kreativitas di Indonesia.

Adapun, untuk penghargaan ini, metodologi untuk menentukan pemenang ada empat indikator utama yaitu inovasi, reputasi, advertising, serta transformasi digital.

Indonesia Millennials' Brand Choice 2023 Awards sendiri melakukan survei daring, dengan jumlah keseluruhan responden adalah 4.867 dari seluruh Indonesia, dengan berbagai latar belakang, yang dilakukan pada Maret-Mei 2023.

Responden penelitian berada di kisaran usia 11 sampai 45 tahun, yang selanjutnya diambil usia milenial (kelahiran 1981-1996 dan 1997-2012).

3 dari 3 halaman

Vidio Kantongi Pengguna Aktif Terbanyak di Indonesia

Sebelumnya, Snapcart bekerja sama dengan tSurvey.id dari Telkomsel, melakukan survei terkait aplikasi hiburan di Indonesia.

Dengan mengunakan data dari segmen pasar telekomunikasi (telco 2022), ditemukan ada empat aplikasi hiburan terpopuler di Indonesia. Empat di antaranya adalah Vidio, Netflix, Disney+ Hotstar, dan Viu.

"Dengan menggunakan data telco 2022 kami menemukan bahwa di antara 4 aplikasi hiburan teratas, Vidio masih menjadi aplikasi dengan pengguna terbanyak," tulis Snapcart via LinkedIn, dikutip Jumat (14/10/2022).

 

 

Menurut Snapcart, Vidio bisa mengalahkan para pesaingnya karena memiliki beragam produk, mulai dari saluran TV hingga film. Vidio tercatat memiliki 27,7 juta pengguna aktif, Netflix 11,3 juta, Viu 10,4 juta, dan Disney+ 2,4 juta.

Pengguna aktif tersebut terbagi dalam dua kategori yaitu pascabayar dan prabayar. Dalam hal ini pelanggan pascabayar merupakan pengguna Kartu Halo.

Pengguna pascabayar Vidio memiliki persentase 42 persen, Netflix 32 persen, Viu 19 persen, dan Disney+ 7 persen. Sementara untuk pengguna prabayar, Vidio 54 persen, Netflix 21 persen, Viu 20 persen, dan Disney+ 5 persen.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.