Sukses

Sempat IG Down 22 Mei Pagi, Instagram Kini Sudah Bisa Diakses Lagi

Usai IG Down pada Senin pagi (22/5/2023), Meta mengumumkan Instagram sudah dapat diakses kembali dengan normal

Liputan6.com, Jakarta Instagram mengumumkan bahwa platform media sosial mereka sudah bisa diakses kembali usai sempat mengalami gangguan pada Senin pagi (22/5/2023) WIB.

"Instagram sudah kembali! Maaf atas permasalahannya - kami mengalami pemadaman singkat sebelumnya dan telah menyelesaikan masalah penyebabnya," tulis akun Twitter Instagram Comms @InstagramComms.

Meski begitu, perusahaan tidak menjabarkan lebih lanjut penyebab dari Instagram down ini, yang terjadi tidak cuma di Indonesia tetapi juga di banyak negara. 

Selain itu, meski sempat IG Down, untuk layanan Meta lainnya seperti Facebook atau WhatsApp, masih dapat beroperasi seperti biasanya.

 

Pantauan Tekno Liputan6.com pukul 08.18 WIB di aplikasi smartphone Android, Instagram sudah dapat diakses dengan normal.

Sebelumnya, saat mencoba mengakses Instagram sekitar pukul 06.15 WIB, platform media sosial itu tidak bisa melakukan refresh pada feed atau discover.

Mengutip situs Down Detector, memang tercatat ada laporan Instagram down untuk wilayah Indonesia, dengan laporan tertinggi adalah pada pukul 05.54 dengan 2.062 laporan.

47 persen melaporkan masalah pada koneksi server, 35 persen mengalami gangguan pada aplikasi, dan 19 persen menyebut gangguan saat masuk ke Instagram.

Beberapa negara lain yang tercatat mengalami Instagram error lain di Down Detector di antaranya India, Amerika Serikat, Inggris Raya, hingga Singapura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Instagram Down Jadi Trending di Twitter

Di Amerika Serikat, Down Detector mencatat ada 187.610 laporan puncak pada pukul 05.48, dengan 86 persen mengalami gangguan pada aplikasi, 10 persen website, dan 4 persen login.

Masalah gangguan pada Instagram juga dilaporkan warganet di Twitter, yang seperti biasa, menjadikan media sosial itu sebagai pelarian saat Instagram gangguan.

Di Twitter, #instagramdown menjadi jajaran trending topic dengan sekitar 83,8 ribu cuitan untuk tagar ini.

Mengutip The Verge, juru bicara Meta Dave Arnold, juga mengatakan mereka sudah mengetahui tentang masalah ini.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang kesulitan mengakses Instagram. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Bocoran Tampilan Aplikasi SainganTwitter Buatan Meta

Meta sendiri beberapa waktu lalu, disebut-sebut sedang mempersiapkan aplikasi baru yang digadang-gadang akan menjadi pesaing Twitter.

Hal ini diungkap oleh Lia Haberman lewat buletin ICYMI. Mengutip buletin Haberman via The Verge, Minggu (21/5/2023), terlihat seperti apa tampilan aplikasi pesaing Twitter tersebut.

Berdasarkan slide pemasaran Meta, tim internal perusahaan menggunakan kode nama "P92" atau "Barcelona" sebelum resmi diluncurkan secara global.

Disebutkan, nantinya penggunua bisa login ke aplikasi berbasis teks baru Instagram dengan menggunakan username dan password IG mereka.

Haberman menjelaskan, followers, handle pengguna, bio, dan verifikasi akan ditransfer dari aplikasi utama. Dengan ini, pengguna tidak harus membuat akun baru.

Seperti di Twitter, pengguna dapat melihat secara langsung feed dan postingan--sendiri atau akun lainnya--dalam bentuk teks sepanjang 500 karakter dengan link, foto, dan video terlampir.

 

4 dari 4 halaman

Mirip Gabungan Twitter dan Instagram

Berdasarkan tangkapan layar dalam slide yang bocor tersebut, tampilan aplikasi baru Meta ini terlihat bila Twitter dan Instagram digabungkan menjadi satu.

Perusahaan juga sudah melengkapi aplikasi ini dengan fitur moderasi. "Anda bisa mengatur secara manual siapa yang bisa reply postingan dan mention akun Anda," tulis Meta di dalam slide.

Menariknya, aplikasi teks Instagram baru ini juga akan kompatibel dengan aplikasi tertentu lainnya, seperti Mastodon. Sayangnya, slide tersebut tidak mengungkap informasi tentang kapan aplikasi pesaing Twitter tersebut akan diluncurkan.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.