Sukses

Tumbangkan Thailand, Indonesia Raih Emas dari Sepak Bola SEA Games 2023 Bikin Warganet Lega: Alhamdulillah Ya Allah

Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand di laga final sepakbola SEA Games 2023 dengan skor 5-2. Kemenangan ini pun bikin lega warganet, pasalnya pertandingan sebelumnya berlangsung seru dan penuh kejutan hingga banjir kartu dari wasit.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 antara Indonesia vs Thailand berlangsung seru, menegangkan, dan bikin emosi penonton naik turun.

Meski begitu, gim dimenangkan oleh Indonesia dengan skor 5-2 dan Indonesia meraih medali emas di ajang multiolahraga ini.

Kemenangan Timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja ini pun disambut meriah oleh warganet.

Pengguna internet dengan akun @cik memuji aksi Timnas Indonesia U-22 yang berhasil memenangkan pertandingan lawan Thailand dengan selisih skor yang cukup jauh, 5-2. Medali emas SEA Games 2023 pun berhasil dibawa pulang dari cabor sepak bola. 

"Keren anjir, 119:54 #TimnasDay," kicaunya.

Pengguna dengan akun @eyc*** mengucapkan selamat bagi Timnas Indonesia U-22 atas kemenangan ini.

Pengguna @itt*** sangat bersyukur dengan kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand. "Alhamdulillah ya Allah #TImnasDay" diiringi dengan tiga emoji tangis seolah sangat lega karena Indonesia berhasil memenangkan laga berdurasi hampir 2 jam itu.

Pengguna Twitter lain dengan akun @joj*** bahkan berterima kasih atas medali emas yang disumbangkan oleh timnas sepak bola Indonesia di SEA Games 2023.

"Terima kasih Indonesia Gold Medal Football SEA Games 2023 #SEAGames #IndonesiaJuara #TimnasDay," kicaunya.

Pengguna internet lainnya merasa lega dengan kemenangan Timnas Indonesia U-22. "Ya Tuhan akhirnya," kicau @ant***.

Tagar Timnas Day, Thailand, SEA Games 2023, hingga wasit pun memuncaki trending topic Twitter Indonesia pada Selasa (16/5/2023) malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Dalam edisi lima edisi SEA Games sebelumnya, Indonesia hampir selalu kalah dari Thailand, kecuali pada SEA Games 2019 di mana Indonesia menang 2-0 di fase grup.

Sempat unggul 2-0 hingga menit ke-60, Thailand akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan di menit 64. Pemain pengganti Anan Yodsangwal mencetak gol melalui sundulan meneruskan sebuah umpan penjuru.

Beberapa menit setelah gol Thailand, Dewangga diganjar kartu kuning akibat melakukan tekel keras dan berbahaya kepada pemain Thailand.

Indonesia hampir mencetak gol ketiga pada menit 79 melalui eksekusi tendangan bebas Marselino Ferdinan. Sayangnya kiper Thailand Soponwit dengan gemilang masih bisa menepisnya.

Witan membuang peluang emas pada serangan balik cepat di menit 87. Sudah berhadapan dengan kiper Thailand, Witan gagal memasukkan bola.

3 dari 4 halaman

Thailand Samakan Skor 2-2

Di menit 92 Thailand nyaris menyamakan skor saat Purachet lolos dari kawalan pertahanan Indonesia. Beruntung sepakannya masih tepat ke arah Ernando.

Thailand menyamakan skor di menit 90+7 lewat kelihaian pemain pengganti Yotsakon Burapha di kotak penalti. Tembakan kaki kanannya tak kuasa dibendung Ernando.

Pertandingan final SEA Games 2023 harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu setelah Thailand memaksakan skor imbang 2-2 selama 90 menit.

4 dari 4 halaman

Indonesia Unggul Lagi 3-2

Babak perpanjangan waktu baru dimulai, Indonesia bisa kembali unggul melalui Irfan Jauhari. Kesalahan passing pemain Thailand diselesaikan dengan dingin oleh Irfan lewat tendangan lob.

Usai gol tercipta terjadi keributan dahsyat di bangku cadangan melibatkan pemain Indonesia dan Thailand serta ofisial tim.

Gol Keempat dan Kelima Indonesia

Pada menit ke-106, Indonesia mencetak gol keempat di awal babak kedua perpanjangan waktu melalui Fajar yang melepaskan tendangan keras setelah meneruskan penetrasi Rio Fahmi.

Thailand kembali kehilangan satu pemainnya. Teerasak mendapat kartu kuning kedua di menit 118.

Indonesia menutup pertandingan dengan kemenangan 5-2 berkat sontekan pemain pengganti Beckham Putra. Gol Beckham sekaligus menutup pertandingan final SEA Games 2023. Indonesia meraih emas pertama sejak 1991.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.