Sukses

Google Pixel Fold Dirilis dengan Banderol Harga Rp 26 Jutaan, Cek Spesifikasinya

Google menjelaskan, Pixel Fold ini sudah mengantongi sertifikasi IPX8 sehingga memiliki ketahanan air.

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya meluncurkan smartphone layar lipat pertamanya dalam ajang tahunan mereka, yakni Google I/O 2023 pada Kamis 11 Mei 2023 dini hari WIB.

Bersamaan dengan pengumuman Pixel 7a, Google juga memperkenalkan pesaing seri Galaxy Z Fold milik Samsung di pasaran saat ini, yakni Pixel Fold.

Tampil sebagai ponsel layar lipat pertama milik Google, Pixel Fold hadir dengan ukuran 139.7 x 79.5 x 12.1 mm saat dilipat, dan 139.7 x 158.7 x 5.8 mm ketika dibuka.

Perusahaan menjelaskan, ponsel layar lipat pertamanya ini sudah mengantongi sertifikasi IPX8 sehingga memiliki ketahanan air.

Layar luar Google Pixel Fold berukuran 5,8 inci beresolusi 1080x2092 pixel, rasio 17,4:9, refresh rate 120Hz, mendukung HDR, dan terlindungi kaca Gorilla Glass Victus.

Sedangkan untul layar di dalam, Google menggunakan panel OLED 7,6 inci beresolusi 2208x1840 piksel, refresh rate 120Hz, dan menggunakan Ultra Thin Glass.

Google mengklaim, Pixel Fold ini sudah diuji ketahanan engsel stainless steel-nya sehingga mampu bertahan meskipun sering dibuka tutup.

HP Android layar lipat Google ini juga sudah ditenagai oleh prosesor Tensor G2--seperti lini Pixel lainnya, dipadukan dengan RAM LPDDR5 12GB, dan memori UFS 3.1 256GB hingga 512GB.

Dalam hal fotografi, Pixel Fold menggunakan kamera utama 48MP (OIS) yang dapat difungsikan untuk memotret selfie. Google juga menyematkan kamera ultra-wide 10,8MP dan telefoto 10MP dengan 5x optical zoom.

Google juga menyertakan teknologi fotografi Real Tone, Night Sight, dan Portrait dengan mode pro-level seperti di Pixel 7 Pro.

Di layar luar ponsel, pengguna dapat menemukan kamera 9,5MP dan lensa bagian dalamnya berkemampuan 8MP. Google juga menyematkan sensor sidik jari di tombol daya, dan baterai 4.821mAh untuk mendukung penggunaan harian.

Tak lupa, perusahaan juga sudah memasang Android 14 ke dalam Pixel Fold yang tersedia dalam pilihan warna Porselen dan Obsidian.

Adapun harga Pixel Fold ini akan dijual mulai dari USD 1.800 atau sekitar Rp 26 jutaan, dan mulai dibuka pre-ordernya per hari ini dengan penjualan pada 27 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Google Pixel 7a Sudah Diumumkan

<p>Google Pixel 7a Resmi Diumumkan, Cek Spesifikasi dan Harganya. (Doc: Google)</p>

Google mengumumkan kehadiran ponsel teranyarnya dalam ajang Google I/O 2023 pada Kamis 11 Mei 2023 dini hari WIB.

Dalam acara tahunan tersebut, raksasa mesin pencari itu memperkenalkan Google Pixel 7a yang sudah dilengkapi dengan chipset Tensor G2--juga terpasang di seri Pixel 7.

Seperti lini Pixel a yang sudah diluncurkan sebelumnya, Google memasang harga Pixel 7a di Amerika Serikat mulai dari USD 499 atau sekitar Rp 7,3 jutaan dan sudah dapat dibeli saat ini.

Walau tampil sebagai HP Android dengan harga terjangkau, Pixel 7a hadir dengan deretan hardware setara dengan varian Pixel 7 lainnya yang sudah meluncur di pasaran saat ini.

Selain sudah dilengkapi dengan chipset Tensor G2 dan chip keamanan Titan M2, spesifikasi Pixel 7a didukung layar ponsel OLED Full HD+ berukuran 6,1 inci Gorilla Glass 3 dengan refresh rate 90Hz.

Soal performa, chip Tensor G2 di Pixel 7a sudah didukung dengan RAM LPDDR5 8GB, memori UFS 3.1 berkapasitas 128GB.

Bagi pecinta fotografi, Google memasang dua kamera di bodi belakang ponsel di mana lensa utamanya berkemampuan 64MP dengan sensor lebih besar dari generasi sebelumnya.

 

3 dari 3 halaman

Kemampuan Kamera Pixel 7a

Bocoran Google Pixel 7A. (MySmartPrice/OnLeaks)

Sedangkan lensa lainnya memiliki kemampuan ultra-wide berukuran 13MP dengan sudut pengambilan 120 derajat, dan autofokus Dual Pixel. Google melakukan peningkatan di kamera depannya, di mana kini Pixel 7a tampil dengan lensa 13MP.

Dalam presentasinya, Google mengklaim kamera belakang Pixel 7a ini mampu merekam video 5K hingga 60fps. Sedangkan untuk selfie-nya, ponsel ini mampu merekam hingga 4K di 30fps.

Google Pixel 7a menggunakan baterai berkapasitas 4.385 mAh, dilengkapi dengan kemampuan pengisian cepat 18W dan dukungan wireless charging.

Disebutkan, HP Google teranyar ini juga sudah mendukung 5G sub-6GHz dan mmWave, dan sensor sidik jari di layar.

Meskipun bodi ponsel memadukan material plastik dan frame logam, Google Pixel 7a ini ternyata sudah mengantongi sertifikasi IP67. Ini berarti HP Android milik Google memiliki ketahanan terhadap debu serta air.

Google Pixel 7a akan tersedia dalam tiga varian warna, yakni Charcoal, Sea dan Snow.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini