Sukses

Final Cut Pro dan Logic Pro akan Hadir di iPad Mulai 23 Mei, Tawarkan Biaya Langganan Rp 73 Ribu Per Bulan

Apple akhirnya merilis software kreatif profesional, Final Cut Pro dan Logic Pro, untuk iPad Pro pada 23 Mei mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Apple akhirnya merilis Final Cut Pro dan Logic Pro untuk iPad pada 23 Mei mendatang. Perusahaan mengklaim kedua aplikasi ini dibekali sejumlah fitur mumpuni bagi para kreator video maupun musik untuk melakukan editing di perangkat mobile.  

“Kami sangat bersemangat memperkenalkan Final Cut Pro dan Logic Pro untuk iPad, yang memungkinkan pembuat konten melepaskan kreativitas mereka dengan cara baru dan di lebih banyak tempat,” ujar Bob Borchers, Vice President of Worldwide Product Marketing Apple, yang dikutip Kamis (11/5/2023). 

Berdasarkan situs resmi Apple Newsroom, Final Cut Pro dan Logic Pro membawa tampilan antarmuka baru dan beberapa peningkatan spesifik untuk iPad, seperti dukungan Pencil dan Magic Keyboard.

Sebagai contoh, Final Cut Pro akan hadirdengan tambahan bulatan (jog wheel) untuk memudahkan navigasi dan proses editing. Menurut Apple, proses editing akan lebih mudah jika pengguna memiliki Apple Pencil. 

Selain itu, aplikasi edit video ini juga mendukung penyuntingan multi-kamera, grafik yang dapat di-custom, dan penyesuaian soundtrack otomatis. Dengan editing video multi kamera, berbagai klip dapat secara otomatis tersinkronisasi dan diedit secara bersamaan.

Pembuat dapat pula merekam video berkualitas tinggi dalam orientasi potrait atau lanskap, memonitor audio, dan mengontrol pengaturan secara manual, seperti fokus, exposure, dan white balance. 

Tidak hanya itu, pengguna bisa dengan mudah menghilangkan latar belakang dan noise foto, serta otomatis menyesuaikan ukuran gambar dengan aspek rasio video. Proyek yang dibuat di iPad dapat dikirimkan ke Mac dan perangkat Apple lainnya.

Sementara aplikasi Logic Pro mengombinasikan fitur dengan kemudahan portabilitas iPad untuk membuat musik profesional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembaruan Logic Pro yang Hadir di iPad

Pengguna Logic Pro juga dapat mengakses koleksi instrumen yang bisa dimainkan menggunakan keyboard dan antarmuka virtual lainnya. 

Selain itu, aplikasi ini menyediakan Sound Browser yang menggunakan filter dinamis untuk membantu pengguna menelusuri suara sesuai dengan keinginan. 

Sound Browser akan menampilkan berbagai instrumen, audio, preset plug-in, dan sampel yang tersedia. Pengguna juga dapat membuat beat, merancang kit drum, dan membuat loop

Musik yang dibuat di Logic Pro dapat diekspor ke Final Cut sebagai trek audio individual dan memasukkannya ke GarageBand untuk proses profesional yang lebih lanjut.

Logic Pro dapat digunakan pada iPad yang menggunakan A12, sedangkan Final Cut Pro memerlukan setidaknya iPad dengan chipset M1.

3 dari 4 halaman

Harga Langganan untuk Cut Pro dan Logic Pro Versi iPad

Hadirnya kedua aplikasi tersebut di iPad dibarengi strategi baru Apple dalam menentukan harga berlangganan. Sistem pembayarannya berbeda dengan versi aplikasi untuk perangkat Mac yang hanya sekali pembelian.

Untuk mendapatkan akses Final Cut Pro dan Logic Pro di iPad, pengguna perlu membayar 5 Dolar AS per bulan atau sekitar Rp 73 ribu. Sementara untuk jangka waktu tahunan, pengguna dikenakan biaya 49 Dolar AS per tahun atau sekitar Rp 722 ribu.

Dilansir Engadget, Rabu (10/5/2023), strategi baru ini tidak mengherankan, karena Apple semakin bergantung pada pendapatan yang dihasilkan dari subscription pengguna. 

Aplikasi versi iPad ini pun disebut cocok bagi pengguna yang membutuhkan perangkat lunak pengeditan video dan musik dengan akses mudah. Dengan Final Cut Pro dan Logic Pro, pengguna dapat melengkapi pengaturan Mac agar menjadi studio produksi all-in-one.

4 dari 4 halaman

iPadOS 17 Tidak Akan Sambangi 3 Model iPad Ini

Sejumlah iPad model lawas dikabarkan tidak akan mendapat pembaruan iPadOS 17. Seperti diketahui, Apple kemungkinan besar akan memperkenalkan iPadOS 17 bersama dengan iOS 17 di tahun ini.

Mengutip informasi dari Apple Insider, Senin (24/3/2023), berdasarkan informasi dari sumber yang mengetahui hal ini akan ada tiga model iPad yang tidak bisa merasakan iPadOS 17 di tahun ini. Pertama, ada iPad Pro 9,7 dan iPad Pro 12,9 inci generasi pertama.

Selain kedua model tersebut, iPad generasi kelima juga disebut tidak bisa lagi diperbarui ke iPadOS generasi terbaru. Hal ini sebenarnya wajar, karena seiring berjalannnya waktu sejumlah iPad generasi lama tidak lagi mendukung sistem operasi generasi terbaru.

Terlebih, ketiga model iPad tersebut memang sudah hadir cukup lama. Karenanya, chip yang digunakan di perangkat tersebut tidak lagi kompatibel dengan iPadOS terbaru.

Bahkan di iPhone, Apple sendiri sudah tidak menghadirkan pembaruan iOS 16 untuk iPhone 6 yang menggunakan chip A9, dimana chip tersebut juga digunakan pada iPad generasi kelima. Sementara model iPad Pro memakai chip A9X.

Kendati demikian, informasi ini masih sebatas rumor. Untuk itu, perlu menunggu informasi resmi mengenai iPadOS 17 dari Apple saat gelaran WWDC 2023 yang digelar pertengahan tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.