Sukses

Tak Ingin Diganggu? Ini Cara Mudah Sembunyikan Status Online WhatsApp di Android dan iPhone

Tak diganggu atau malas balas chat di WhatsApp? simak dan ikuti cara mudah sembunyikan status online dan last seen untuk pengguna Android dan iPhone berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling terkenal dan telah digunakan oleh lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia. Biasanya, WhatsApp dipakai untuk mengirim pesan teks, gambar, dan file, serta melakukan panggilan suara dan video. 

Platform ini pun terus melakukan berbagai pembaruan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Mulai dari penambahan fitur terkini hingga perbaikan sejumlah masalah telah dihadirkan WhatsApp.

Salah satu fitur yang dimiliki pengguna WhatsApp adalah status online yang menandakan bahwa pengguna sedang aktif di aplikasi ini. Status online WhatsApp tersebut berada di bawah nama akun pengguna.

Meskipun dapat memberikan informasi agar pengguna dapat mengirim pesan di waktu yang tepat, rupanya tidak sedikit orang lebih memilih untuk menyembunyikan status online WhatsApp tersebut.

Beberapa dari mereka mungkin ingin menggunakan WhatsApp secara pribadi atau tidak ingin diganggu pada saat-saat tertentu.

Untungnya, status online ini dapat disembunyikan melalui pengaturan di WhatsApp, baik pada HP Android maupun iPhone. Selain itu, status terakhir dilihat atau last seen yang menunjukkan kapan terakhir pengguna memakai aplikasi juga akan tersembunyi. 

Untuk menyembunyikan status online di aplikasi WhatsApp, simak dan ikuti beberapa langkah mudah berikut ini, seperti yang dirangkum dari TechRadar, Kamis (4/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp Android dan iPhone

Umumnya, cara untuk menyembunyikan status online di perangkat Android maupun iPhone tidak jauh berbeda. Pengguna cukup mengakses pengaturan pada aplikasi dan mengubah opsi sesuai keinginan.

Akan tetapi, beberapa langkah mungkin akan berbeda tergantung pilihan yang tersedia pada jenis ponsel masing-masing. Untuk mengubah pengaturan status online dan last seen WhatsApp, langkah-langkah berikut ini dapat dicoba untuk pengguna Android maupun iPhone.

  • Klik tiga titik di pojok kanan atas layar untuk menampilkan beberapa opsi pengaturan (bagi pengguna Android)
  • Pilih ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’
  • Masuk ke ‘Privacy’ atau ‘Privasi’
  • Klik ‘Last Seen and Online’ atau ‘Terakhir Dilihat dan Online’
  • Pilih ‘Nobody’ atau ‘Tidak seorangpun’ dan ‘Same as last seen’ atau ‘Sama seperti terakhir dilihat’ untuk kedua opsi yang tersedia
  • Status online dan terakhir dilihat sudah berhasil disembunyikan
3 dari 4 halaman

Menyembunyikan Status dari Kontak Tertentu

Di samping cara tersebut, terdapat alternatif lain yang bisa digunakan untuk mencegah kontak tertentu melihat status online pengguna. Alih-alih mengubah pengaturan last seen, pengguna dapat menyembunyikan status update atau postingan status WhatsApp dari kontak tertentu.

Caranya, pengguna perlu masuk ke pengaturan, klik Privacy, ketuk Status, dan pilih ‘My contacts except…’. Setelah itu, pengguna dapat memilih beberapa kontak yang tidak diperkenankan melihat status unggahan pengguna.

Selain itu, mengirim pesan dalam keadaan mode pesawat juga dapat menghindari kontak lain melihat status online atau terakhir dilihat. Namun setelah mengirim dan menutup aplikasi, pastikan untuk kembali menonaktifkan mode pesawat serta nyalakan internet agar pesan dapat benar-benar sampai kepada penerima.  

4 dari 4 halaman

WhatsApp di Tablet Android Kini Bisa Tampilkan Dua Chat Sekaligus

Sementara itu, baru-baru ini WhatsApp memperkenalkan fitur teranyar untuk pengguna tablet Android yang disebut mode “side by side”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk beralih antar percakapan tanpa harus meninggalkan ruang obrolan yang sedang berlangsung.

Melansir Gizmochina, Selasa (2/5/2023), WABetaInfo melaporkan bahwa mode ini akan membagi layar sehingga pengguna dapat melihat beberapa ruangan chat sekaligus. Meskipun area untuk setiap percakapan akan tampil lebih kecil, mode ini akan memudahkan pengguna yang sering mengobrol dengan banyak orang dalam waktu bersamaan.

Meskipun begitu, pengguna yang lebih menyukai tampilan antarmuka ruang obrolan dengan ukuran besar juga dapat menonaktifkan fitur ini. Melalui pengaturan WhatsApp, mode side by side dapat dimatikan pada bagian “Chats” atau “Obrolan”.

Untuk saat ini, pembaruan tersebut telah diluncurkan ke beberapa pengguna Beta dan nantinya akan menyambangi lebih banyak pengguna. Dengan fitur ini pun pengguna WhatsApp di tablet Android akan mendapatkan pengalaman mengobrol yang lebih lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.