Sukses

WhatsApp Bakal Setop Beroperasi di HP yang Menjalankan Android Ini

WhatsApp diketahui akan menghentikan dukungan untuk perangkat yang masih menjalankan Android versi lawas berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan akan menghentikan dukungan untuk sejumlah perangkat Android lawas. Informasi ini diketahui dari temuan terkini WABetaInfo.

Mengutip informasi dari Gizchina, Selasa (25/4/2023), WABetaInfo menemukan adanya persyaratan minimum terbaru untuk WhatApp versi 2.39.9.2. Dijelaskan, aplikasi WhatsApp tidak akan lagi berjalan di versi sebelum Android Lollipop 5.0.

Untuk diketahui, Android Lollipop sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2024. Ketika itu, Android ini menghadirkan desain Material You yang hingga sekarang masih menjadi dasar untuk tampilan Android.

Keputusan untuk tidak lagi mendukung perangkat Android lawas bertujuan untuk memastikan perangkat yang memakai aplikasi WhatsApp bisa memanfaatkan fitur baru yang ditawarkan, sekaligus fitur keamanan yang sudah ditingkatkan.

Meski tidak lagi mendukung perangkat yang menjalankan Android sebelum Lollipop, pengguna yang terdampak disebut tidak banyak. Data terbaru menyebut pengguna Android 4.1 sudah tidak ada, sedangkan pengguna Android 4.4 hanya sekitar 0,70 persen dari keseluruhan perangkat Android.

Selain untuk perangkat Android, WhatsApp juga melakukan hal serupa untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi iOS. Tahun lalu, aplikasi chatting milik Meta itu telah mengumumkan berhenti mendukung iPhone yang masih menjalankan iOS 10 dan iOS 11.

WhatsApp menyebut pengguna iPhone dengan iOS 10 dan 11 tidak akan bisa lagi menggunakan layanan WhatsApp setelah 24 Oktober 2022. 

Dijelaskan pula lebih lanjut, perusahan menyarankan agar pengguna HP Apple memakai iPhone yang minimal menjalankan iOS 12.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Akan Hadirkan Tampilan Kibor Baru di Pembaruan Mendatang, Ini Bocorannya

Di sisi lain, Meta, pemilik WhatsApp tampaknya bakal memperkenalkan desain baru untuk aplikasi chatting terpopuler di dunia ini.

Tampil di Google Play Beta Program, WhatsApp dengan versi 2.23.9.2 ini akan hadir dengan desain keyboard lebih fresh untuk penggunanya.

Berdasarkan bocoran dari WABetaInfo, Minggu (23/4/2023), WhatsApp beta 2.23.9.2 tampil dengan bilah opsi tab emoji, Gif, dan stiker yang saat ini berada di bawah layar nantinya dipindah ke atas keyboard.

Tak hanya itu, pengguna juga nantinya tidak lagi bisa mengakses emoji berdasarkan kategori seperti saat ini biasa dilakukan.

Bagi pengguna aplikasi milik Meta yang sering pakai emoji, bilah kategori ini sangat berguna untuk dapat dengan cepat mencari emoji apa yang akan digunakan saat chatting.

Namun karena dihilangkan, beberapa pengguna mungkin ada yang mengeluh harus scroll ke bawah hingga dapat menemukan emoji diperlukan.

 

3 dari 4 halaman

Masih Tahap Uji Coba

Walau akan menjadi hal yang menyebalkan bagi sebagian pengguna WhatsApp, perlu diingat ini masih fitur tahap percobaan dan pengembangan.

Selain mengungkap fitur baru, update WhatsApp beta 2.23.9.2 juga memberikan informasi lebih lanjut tentang kompatibilitas aplikasi dengan OS lawas.

Disebutkan, WhatsApp versi baru ini nantinya sudah tidak lagi kompatibel dengan OS Android 5.0 ke bawah. Masih belum diketahui secara pasti kapan WhatsApp dengan tampilan baru ini akan meluncur secara global.

Berhubung masih dalam tahap beta, besar kemungkinan fitur baru WhatsApp ini akan meluncur paling cepat awal bulan hingga pertengahan Mei 2023 mendatang.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Segera Luncurkan Emoji Animasi yang Lebih Atraktif

WhatsApp terus membawa berbagai fitur baru yang memungkinkan pengguna mengekspresikan diri lebih baik melalui obrolan. Karenanya, aplikasi chatting ini menghadirkan emoji yang dilengkapi dengan animasi ke platformnya.

Dikutip dari Android Police, Rabu (19/4/2023), WABetaInfo melaporkan WhatsApp sedang menggarap emoji animasi dalam rilis beta terbaru untuk aplikasi desktop-nya.

Sebelumnya pada Juni 2022, WhatsApp diketahui sedang mengerjakan reaksi emoji hati berdetak yang menandakan perusahaan sudah mengembangkan peningkatan fitur emoji sejak tahun lalu.

Laporan tersebut mencatat, emoji animasi dibuat menggunakan Lottie, sebuah format file animasi yang hemat ruang penyimpanan dan dioptimalkan untuk perangkat seluler.

Aspek ini penting, mengingat WhatsApp telah digunakan lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dengan berbagai variasi kapasitas penyimpanan smartphone.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.