Sukses

Kumpulan Foto Gerhana Matahari Hibrida di Berbagai Daerah Bidikan Warganet Hiasi Twitter

Warganet di Twitter mengunggah foto Gerhana Matahari Hibrida bidikannya di berbagai daerah hingga menjadi trending topik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian wilayah Indonesia bisa mengamati fenomena unik dan spesial, Gerhana Matahari Hibrida. Gerhana Matahari Hibrida jadi hal yang langka dan spesial karena tidak terjadi tiap tahun.

Adapun fenomena ini disebut unik karena, Gerhana Matahari Hibrida ini tampak dari sebagian wilayah Bumi sebagai Gerhana Matahari Total. Namun, di sebagian wilayah lain, tampak sebagai Gerhana Matahari Cincin.

"Di wilayah Indonesia, Gerhana Matahari terjadi pada 20 April akan teramati sebagai Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Sebagian," tutur Peneliti Ahli Madya di Pusat Riset Antariksa BRIN, Johan Muhammad, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi BRIN.

Unik dan langkanya fenomena Gerhana Matahari Hibrida ini membuat warganet mengunggah berbagai foto Gerhana Matahari hasil bidikannya, yang kebanyakan menggunakan kamera smartphone.

Akibat banyaknya pengguna Twitter yang mengunggah foto Gerhana Matahari Hibrida jepretannya, Gerhana Matahari Hibrida pun menjadi trending topic di Twitter.

Berikut adalah hasil foto-foto cantik Gerhana Matahari Hibrida hasil bidikan warganet, lengkap dengan kredit fotonya.

Pengguna dengan akun @oursingularity mengunggah foto Gerhana Matahari Hibrida bidikannya menggunakan smartphone Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro.

<p>Foto gerhana matahari hibrida bidikan warganet Twitter @oursingularity yang dibidik melalui smartphone Samsung Galaxy S23 (Foto: Twitter @oursingularity). </p>

Pengguna Twitter lainnya dengan akun @xzzae mengunggah foto Gerhana Matahari bidikannya dengan smartphone Oppo. Tertulis, dirinya mengambil foto tersebut pada pukul 09.50 WIB di wilayah Yogyakarta. 

<p>Foto gerhana matahari hibrida bidikan warganet Twitter @xzzae (Foto: Twitter @xzzae).</p>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Gerhana Matahari Bidikan Warganet

Bukan hanya itu, pengguna Twitter dengan akun @doninoid mengunggah hasil foto Gerhana Matahari Hibrida bidikannya yang dijepret dari smartphone Xiaomi 11T. Foto-foto ini diambil di wilayah Ngemplak.

<p>Foto gerhana matahari hibrida bidikan warganet Twitter @doninoid yang dijepret dari Xiaomi 11T (Foto: Twitter @doninoid). </p>

Pemilik akun Twitter @fitri_selayarr mengunggah foto bayangan Gerhana Matahari Hibrida. Foto tersebut tampak unik karena menampilkan Gerhana Matahari di tangannya.

<p>Foto gerhana matahari hibrida bidikan warganet Twitter @fitri_selayarr (Foto: Twitter @fitri_selayarr). </p>

Akun Twitter Yogyakarta City mengunggah video yang memperlihatkan fenomena Gerhana Matahari Hibrida di atas Tugu Palputin yang ikonik di Yogyakarta. Video ini diambil pada pukul 10.48 WIB.

<p>Foto gerhana matahari hibrida bidikan pengguna Twitter @yogyakartacity (Foto: Akun Twitter @Yogyakartacity).</p>

3 dari 4 halaman

Foto Hasil Bidikan Warganet di Depok, Tasikmalaya, hingga Jakarta Barat

Pemilik akun Twitter @upjoker_ mengunggah video dan foto yang memperlihatkan Gerhana Matahari hasil bidikannya dari Kota Tasikmalaya.

<p>Foto Gerhana Matahari Hibrida hasil bidikan warganet Twitter @upjoker_ (Foto: Twitter @upjoker_)</p>

Pengguna dengan akun @AlvianWidyatama mengunggah foto Gerhana Matahari Hibrida yang dijepretnya di area Depok, Jawa Barat pukul 11.10-11.15 WIB.

<p>Pengguna dengan akun @AlvianWidyatama mengunggah foto Gerhana Matahari Hibrida yang dijepretnya di area Depok. (Foto: Twitter @AlvianWidyatama).</p>

Sementara pemilik akun Twitter @andyparkandbuzz mengunggah foto Gerhana Matahari Hibrida yang ia amati di Jakarta Barat.

 

<p>pemilik akun Twitter @andyparkandbuzz mengunggah foto Gerhana Matahari Hibrida yang ia amati di Jakarta Barat. (Twitter @andyparkandbuzz).</p>

4 dari 4 halaman

Tentang Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023

Johan menyebutkan, Gerhana Matahari Hibrida adalah gerhana yang sangat spesial karena jarang terjadi. Sekadar informasi, Gerhana Matahari Hibrida tidak terjadi tiap tahun, oleh karenanya disebut sebagai fenomena unik dan spesial.

Terakhir, fenomena ini bisa dilihat pada 3 November 2013 di Amerika Selatan. Pada tahun ini tanggal 20 April 2023 Gerhana Matahari Hibrida kembali bisa diamati dan lokasinya berada di Indonesia.

"Di wilayah Indonesia, Gerhana Matahari terjadi pada 20 April akan teramati sebagai Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Sebagian," tuturnya, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi BRIN.

Ia memaparkan, Gerhana Matahari Total akan bisa diamati di wilayah Indonesia Bagian Timur yang terbilang singkat, kurang dari satu menit.

Sementara, di daerah Indonesia lainnya, akan teramati sebagai Gerhana Matahari parsial atau sebagian. "Gerhana Matahari ini akan teramati sebagai Gerhana Matahari Cincin di wilayah selamat Samudera Hindia dan Samudera Pasifik," ujarnya menambahkan.

Ia menuturkan, sebagian lintasan Gerhana Matahari Total 2023 akan melewati wilayah lautan. Misalnya Laut Timor dan Laut Banda.

Adapun daratan yang dilalui jalur Gerhana Matahari Total adalah sebagian Timor Leste dan beberapa daerah di Papua Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.