Sukses

Laptop Gaming Lenovo Legion Pro 7i dan Legion Pro 5i Rilis di Indonesia, Harga Mulai Rp 30 Jutaan

Laptop gaming Lenovo Legion Pro 7i dan Legion Pro 5i rilis di Indonesia dengan membawa chip AI, berikut ini spesifikasi dan harga

Liputan6.com, Jakarta - Lenovo meluncurkan sejumlah laptop gaming teranyar mereka dari lini Legion yang terdiri dari Lenovo Legion Pro 7i dan Legion Pro 5i, di mana perangkat ini menggunakan chip AI.

Lenovo mengklaim, Lenovo Legion Pro 7i dan Lenovo Legion Pro 5i menggunakan chip AI khusus pertama di dunia pada laptop gaming yang mendukung Lenovo AI Engine+, software machine learning yang menyediakan pengaturan sistem paling optimal.

Santi Nainggolan, Consumer Lead Lenovo Indonesia melalui siaran pers, dikutip Minggu (16/4/2023) mengatakan, rangkaian laptop baru ini punya tujuan untuk mendukung para gamer dan kreator dengan gaya hidup gaming mereka.

"Yang paling menonjol dari rangkaian baru kami, semua laptop gaming Lenovo kini hadir dengan chip AI yang bertenaga yang dapat menganalisis kebiasaan penggunaan dan mengoptimalkan seluruh kinerja sistem, memberikan keunggulan tertinggi kepada pengguna."

Chip AI Lenovo Artificial Intelligence (LA), adalah chip AI khusus pada laptop gaming, yang diluncurkan pada Januari 2023 lalu.

Chip ini mendukung Lenovo AI Engine+, yang menerapkan algoritma software machine learning, untuk memantau framerate dalam game dan menyesuaikan kinerja sistem, sehingga menghasilkan sistem yang lebih cerdas dan lebih optimal untuk semua game.

Lenovo AI Engine+ juga menjalankan algoritma scenario-detection pada hardware yang mengalokasikan daya pada CPU dan GPU untuk mengoptimalkan kinerja dan membantu meminimalkan kebisingan kipas dalam sesi bermain.

Hal ini performa Lenovo Legion Pro 7i dan Lenovo Legion Pro 5i jadi lebih adaptif untuk meningkatkan frame per second (FPS) dalam game.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemampuan Chip AI Lenovo

Pengaturan chip AI LA dapat disesuaikan melalui Lenovo Vantage, memberikan kontrol penuh bagi pengguna atas kustomisasi dan penyesuaian, termasuk kontrol overclocking, pengaturan performa AI, dan dasbor performa real-time.

Untuk spesifikasi laptop Lenovo Legion Pro terbaru, Legion Pro 7i merupakan laptop gaming 16 inci, yang diklaim memiliki pengaturan AI terkuat di dunia. Perangkat ini memiliki cover atas dan bawah dengan bahan logam, serta tersedia dalam warna Onyx Grey.

Sementara Lenovo Legion Pro 5i juga memiliki ukuran 16 inci, dengan cover atas logam dan bawah berbahan polimer. Perangkat ini juga tersedia dalam warna Onyx Grey.

Pengguna dapat mengubah keyboard sesuai dengan keinginan menggunakan keycaps WASD yang dapat dikustomisasi, serta software pencahayaan Legion Spectrum RGB yang memungkinkan lampu latar keyboard disinkronkan dengan konten layar.

Fitur lainnya adalah Lenovo Legion ColdFront 5.0, dengan sistem pembuangan dan saluran masuk yang masif, sistem kipas ganda bermuatan turbo, phase changing thermal compound, dan heat pipe hibrida canggih.

Chip Lenovo LA AI juga memantau beban CPU dan GPU. Teknologi ini akan membantu mendistribusikan udara dingin dan mengeluarkan panas, hingga total TDP sistem 240W.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Lenovo Legion Pro 7i

Secara khusus Lenovo Legion Pro 7i menggunakan layar IPS 16 inci beresolusi WQXGA (2560 x 1600), memiliki response time 3 ms, dengan tingkat kecerahan 500 nits.

Layar Legion Pro 7i juga sudah mendukung VESA DisplayHDR 400, serta sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland Certified / X-Rite Pantone.

Lenovo Legion Pro 7i mendapatkan dukungan dari prosesor Intel Core Gen-13 i9-13900HX, dengan dua pilihan grafis yaitu NVIDIA GeForce RTX 4080 Laptop GPU 12 GB GDDR6 (175W) atau NVIDIA GeForce RTX 4090 Laptop GPU 16 GB GDDR6 (175W).

Legion Pro 7i memiliki memori hingga 32GB RAM DDR5, serta penyimpanan PCIe SSD (Gen 4) sampai 2GB. Perangkat ini juga memiliki baterai berkapasitas hingga 99,99Whr, dengan pengisian daya cepat 60 menit dapat terisi 100 persen.

Sementara Lenovo Legion Pro 5i menggunakan layar yang sama dengan Legion Pro 7i. Prosesornya juga menggunakan Intel Core Gen-13 i9-13900HX.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Lenovo Legion Pro 5i

Namun, Lenovo Legion Pro 5i menggunakan opsi grafis NVIDIA GeForce RTX 4060 Laptop GPU 8 GB GDDR6 (140W) atau NVIDIA GeForce RTX 4070 Laptop GPU 8 GB GDDR6 (140W).

Memorinya juga tersedia dalam dua opsi RAM yaitu 16GB atau 32GB, di mana keduanya sama-sama DDR5. Baterai Legion Pro 5i juga lebih kecil di 80Whr, tetapi tetap memiliki dukungan pengisian daya cepat. 

Harga Laptop Lenovo Legion Pro Terbaru

Berikut ini harga laptop gaming Lenovo Legion Pro terbaru di Indonesia.

  • Lenovo Legion Pro 7i RTX 4080 - Rp 57.999.000
  • Lenovo Legion Pro 7i RTX 4090 - Rp 65.999.000
  • Lenovo Legion Pro 5i RTX 4060 - Rp 30.999.000
  • Lenovo Legion Pro 5i RTX 4070 - Rp 35.999.000

Pembelian sudah termasuk dengan garansi Accidental Damage Protection dan Legion Ultimate Support selama 3 tahun serta dilengkapi dengan Windows Office Home and Student yang berlaku seumur hidup.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.