Sukses

Dxomark Uji Ketahanan Baterai Oppo A78 5G, Bisa Bertahan Nyaris 3 Hari

Mengandalkan dukungan pengisian daya cepat 33W SUPERVOOC Flash Charge, performa baterai OPPO A78 5G berhasil menempati peringkat 28 pada Global Ranking berdasarkan tes Dxomark.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut momen Ramadan tahun ini, Oppo meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia, yakni Oppo A78 5G. Mengandalkan dukungan pengisian daya cepat 33W SUPERVOOC Flash Charge, performa baterai ponsel ini berhasil menempati peringkat 28 pada Global Ranking.

Adapun pemeringkatan ini dihimpun berdasarkan tes yang dilakukan oleh situs Dxomark. Metode pengujian pada situs ini cukup terpercaya karena diukur dalam berbagai kondisi dan lingkungan yang berbeda agar dapat sedekat mungkin dengan pengguna harian umum setiap pengguna. 

Mengutip Dxomark, Rabu (12/4/2023), baterai Oppo A78 5G mendapatkan skor keseluruhan sebesar 132. Angka ini cukup mendekati nilai tertinggi yang dimiliki Honor Magic5 Lite 5G dengan 152 poin.

Sementara itu, skor baterai Oppo A78 5G menempati peringkat 13 dalam kategori ponsel di kelas harga US$ 200 hingga US$ 400 atau sekitar Rp 2,9 juta hingga Rp 5,9 jutaan.

Untuk performa utamanya, baterai ponsel ini mampu bertahan selama 2 hari 22 jam (nyaris 3 hari) saat digunakan tidak terlalu intens. Tes tersebut menunjukkan pengisian baterai hingga 100 persen membutuhkan waktu 1 jam 34 menit, sementara pengisian 5 menit mampu memberikan akses penggunaan selama 4,5 jam. 

Menariknya, ponsel ini juga pengurangan daya pada perangkat ini juga terbilang rendah di hampir semua kegiatan, kecuali menonton video. 

Namun, sumber tersebut juga mengungkapkan beberapa kekurangan dari kinerja baterai Oppo A78 5G. Berdasarkan pengujian, waktu pengisian dayanya cenderung lebih lama dari rata-rata ponsel dengan teknologi fast charging. Lalu, persentase baterai juga tidak akurat karena daya 93 persen justru ditampilkan layar sebagai 100 persen.

Sementara itu, baterai HP Oppo ini memiliki kapasitas 5.000 mAh yang diklaim mampu melakukan panggilan telepon hingga 22,85 jam nonstop, membantu pengguna dengan mobilitas tinggi tanpa khawatir tentang waktu pengisian daya dan daya tahan baterai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Kamera Tempati Urutan 113 di Peringkat Global

Tidak hanya dari segi baterai, laman ini juga melakukan tes pada performa kamera berbagai smartphone. 

Dengan skor umum 69 poin, kamera Oppo A78 5G menempati urutan 113 pada peringkat global dan urutan 12 pada jajaran ponsel harga 200-400 US Dolar. 

Yang menjadi keunggulannya, foto dan video memiliki eksposur yang baik serta warna yang cukup cerah untuk segmennya. Namun, tes tersebut menunjukkan tingkat detail pada hasil foto tergolong kurang. 

Oppo A78 5G memiliki kamera utama beresolusi 50MP, kamera portrait 2MP, dan kamera depan 8MP. Sementara itu, terdapat pula fitur 108MP Ultra-Clear Image dengan algoritma perangkat lunak yang dapat meningkatkan resolusi kamera menjadi 108MP untuk hasil lebih jernih.

Oppo A78 5G juga memiliki serangkaian fitur pencitraan cerdas seperti AI Portrait Retouching, AI Scene Enhancement, dan Ultra Night Mode untuk dukung kreativitas pengguna pada kondisi apapun.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi OPPO A78 5G

Untuk spesifikasi Oppo A78 5G, chipset MediaTek Dimensity 700 5G memberikan performa 5G bertenaga dengan prosesor delapan inti yang efisien pada Oppo A78 5G.

Dengan dukungan RAM 8GB dan ROM 128GB, Oppo A78 5G memiliki memori dan ruang penyimpanan yang besar untuk penggunaan sehari-hari, juga mendukung ekspansi kartu SD hingga 1TB.

Teknologi RAM Expansion dapat memberikan RAM virtual hingga 8GB untuk pengalaman pengoperasian yang lebih mulus bahkan saat menggunakan beberapa aplikasi sekaligus.

Melalui ColorOS 13, pengguna Oppo A78 5G juga akan menikmati peningkatan efisiensi dan keamanan tingkat tinggi pada perangkat.

Layar 6,56 inci kaya warna dihadirkan dengan refresh rate 90Hz untuk pengalaman visual mulus, terutama untuk konten video dan game. All-Day AI Eye Comfort juga disematkan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mata dengan perlindungan sepanjang hari.

4 dari 4 halaman

Harga dan Ketersediaan OPPO A78 5G

Oppo A78 5G tersedia dengan varian warna Glowing Purple dan Glowing Black. Ponsel ini juga mengadopsi desain stylish yang menghadirkan dekorasi cincin pada modul kamera untuk memberikan kesan mewah.

Perangkat Oppo A78 resmi dijual seharga Rp 3.999.000 di seluruh Oppo Store, partner retail resmi Oppo, dan situs e-dagang seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, TikTok Shop, Akulaku, Bukalapak.

Perangkat Oppo A78 5G akan mulai tersedia merata secara nasional 1 minggu sejak peluncuran resmi pada 21 Maret 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.