Sukses

Transaksi Antarpulau di Tokopedia Meningkat Lebih dari 2 Kali Lipat Selama Ramadhan Berkat Inisiatif Hyperlocal

Berkat inisiatif Hyperlocal, Tokopedia memberikan keringanan kepada pengguna terkait biaya ongkir yang memungkinkan semakin banyak transaksi pengiriman same-day dan antar pulau hingga dua kali lipat.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia terus mengembangkan berbagai layanan yang mendekatkan penjual dan pembeli di mana, salah satunya lewat inisiatif Hyperlocal. Dengan inisiatif ini, Tokopedia memberikan keringanan biaya ongkir kepada pengguna, sehingga semakin banyak transaksi pengiriman same-day dan antar pulau.

Kehadiran insiatif ini pun mendorong transaksi antarpulau di platform Tokopedia. Peningkatan transaksi antarpulau tertinggi selama Ramadhan 2023 terjadi di wilayah Kampar (Kepulauan Riau), Banyuasin (Sumatera Selatan), dan Lombok Timur (NTB) dengan rata-rata peningkatan lebih dari dua kali lipat.

Sementara itu untuk periode yang sama, Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Kuningan (Jawa Barat), dan Tabanan (Bali) menjadi wilayah dengan kenaikan penggunaan pengiriman same-day dan instan tertinggi.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan, pendekatan Hyperlocal ini menjadi salah satu inisiatif untuk menciptakan peluang tanpa hambatan bagi penjual dan pembeli. 

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadan, Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Nuraini dalam Media Gathering dan Buka Puasa Bersama Tokopedia, Senin (10/4/2023). 

Program tersebut pun mencakup beberapa jenis fitur, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Tokopedia Nyam!, dan Dilayani Tokopedia. Sebagai informasi, KTP merupakan sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

“Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Bandung, Surabaya dan Denpasar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada dua minggu pertama Ramadhan 2023,” ungkap Nuraini.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam mencari makanan dan minuman dari penjual terdekat, Tokopedia memiliki layanan Tokopedia Nyam!. Selama dua minggu pertama Ramadhan, jumlah pembeli dan transaksi di halaman ini pun meningkat hampir 2 kali lipat.

Lalu, ada fitur Dilayani Tokopedia yang membantu pelaku usaha menjangkau pasar lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar. Layanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. 

Selanjutnya, seluruh aktivitas operasional penjual akan ‘Dilayani Tokopedia’. Menurut Nuraini, transaksi parsel makanan lewat layanan ini melonjak hampir 3,5 kali lipat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Busana Muslim Jadi Tren Transaksi Ramadan 2023 di Tokopedia

Berdasarkan laporan Tokopedia, sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadhan tahun ini. Tak hanya itu, sekitar 80 persen konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Tokopedia turut menangkap lima kategori produk terlaris yang menjadi kebutuhan utama masyarakat selama Ramadhan ini, yakni fesyen, makanan dan minuman, perawatan diri, otomotif, serta rumah tangga.

Pada kategori fesyen, penjualan busana muslim keluarga naik 7 kali lipat. Adapun data ini dihimpun Tokopedia pada dua minggu pertama Ramadhan 2023, dibandingkan dwiminggu sepanjang kuartal I 2023. 

Tren ini menunjukkan antusias belanja pakaian masyarakat sudah cukup tinggi, bertepatan dengan persiapan menjelang Lebaran. 

Tokopedia juga mencatat spare part mobil, produk perawatan mobil, dan interior mobil menjadi produk otomotif yang paling diburu masyarakat dalam periode tersebut. Hal ini mungkin diakibatkan masyarakat mulai mempersiapkan kendaraan mereka untuk perjalanan mudik.

3 dari 4 halaman

Tokopedia Gelar Kampanye Ramadan in Style Gandeng Pelaku Usaha Lokal

Sebelumnya, Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo, menyatakan bahwa fesyen (termasuk fesyen Muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi selama Ramadhan 2022.

"Fesyen, termasuk Fesyen Muslim, menjadi salah satu kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama awal Ramadan 2023. Tren ini sama seperti tahun lalu," tutur Aldhy dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (3/4/2023).

Melihat kondisi tersebut, Tokopedia pun berusaha mengakomodasi peningkatan konsumen. Karenanya, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk pelaku usaha lokal fesyen Muslim menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023.

Melalui Tokopedia Ramadan in Style, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk baju muslim lokal dengan lebih efisien. Sebab, ada diskon hingga 99 persen, flash sale mulai Rp 1.000, dan cashback sampai Rp 300.000.

Tidak hanya itu, Tokopedia Ramadan in Style juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat berdonasi paket makanan bagi duafa, anak yatim dan piatu. Kampanye ini menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan.

Salah satu pelaku usaha lokal yang bergabung kampanye ini adalah Fatih Indonesia. Brand lokal yang didirikan oleh Fahmi Hendrawan pada tahun 2015 ini menawarkan berbagai baju muslim laki-laki dengan unsur batik khas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tokopedia Bagikan Promo #LengkapiRamadan dengan Diskon dan Cashback

Guna mengakomodasi tingginya animo belanja online masyarakat, khususnya selama Ramadhan tahun ini, Tokopedia menggelar #LengkapiRamadan hingga 30 April 2023; berisi berbagai kampanye, seperti Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store dan Waktu Indonesia Belanja.

Lewat Tokopedia #LengkapiRamadan, masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan Ramadhan dengan diskon hingga 90 persen, live shopping mulai dari Rp2.000, belanja minimum Rp20.000 bisa bebas ongkir dan masih banyak lagi. Masyarakat juga bisa mendapatkan promo hemat hingga Rp750.000 serta cicilan 0 persen dengan pembayaran menggunakan GoPayLater Cicil

Khusus 14 April 2023, Tokopedia menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai produk kebutuhan Ramadhan dengan bebas ongkir, diskon hingga 90 persen serta cashback hingga Rp1 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.