Sukses

WhatsApp Bakal Gulirkan Fitur Baru, Pengguna Edit Pesan Teks

WhatsApp akan menggulirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengedit pesan teks.

 

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pesan WhatsApp kehadiran makin banyak fitur baru yang bermanfaat bagi penggunanya tiap saat. Terbaru, WhatsApp dikabarkan akan merilis sebuah fitur baru WhatsApp yang memungkinkan pengguna meng-edit pesan.

Mengutip Gizchina, Senin (3/4/2023), fitur ini memungkinkan pengguna mengkustomisasi pesan sesuai dengan keinginan mereka.

Menurut WABetaInfo, update fitur baru WhatsApp ini membuat pengguna punya pengalaman edit pesan yang baru.

Sejauh ini, para penguji beta atas fitur baru WhatsApp ini memiliki kesempatan menguji fitur pengedit pesan tersebut, seiring WhatsApp yang menggulirkan ke para beta tester. Dengan demikian, kemungkinan besar fitur edit pesan WhatsApp ini bakal segera dirilis untuk umum.

Adapun fokus fitur edit pesan WhatsApp ini adalah mengubah pesan teks, namun menurut beberapa laporan, fitur ini bisa juga bisa mengedit jenis pesan lainnya.

Fitur ini merupakan tool pengeditan baru yang memungkinkan pengguna mengubah lebih banyak file menggunakan WhatsApp.

Nantinya pengguna dikabarkan dapat mengedit file seperti gambar, GIF, file video dan teks. Hasil screenshot yang beredar memperlihatkan bahwa versi beta fitur baru WhatsApp ini baru hadir untuk platform Android. Namun WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan versi editing pesan untuk platform iOS.

Dengan fitur ini, pengguna memiliki kesempatan memilih gaya font (jenis tulisan) berbeda dari daftar font. Para pengguna juga bisa mengedit font ke gaya mereka sendiri jika ingin menggunakan font yang telah ditentukan sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Edit Pesan Selain Teks

Opsi penyesuaian juga memberi kesempatan bagi pengguna untuk menambahkan teks ke video, gambar, dan GIF. Dengan begitu, pengguna bisa segera menyesuaikan teks sendiri dan menambahkannya ke file media kamu, sebelum dibagikan ke pengguna lainnya.

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Editor Teks?

Selain mengedit tes dan melampirkannya ke video dan gambar, pengguna juga memiliki fleksibilitas untuk berkreasi. Pengguna bisa menyelaraskan teks ke kiri, kanan, atau tengah.

Pengguna juga bisa mengubah warna latar belakang teks. Hal ini mungkin juga berguna jika pengguna ingin meng-highlight teks tertentu atau membedakan satu teks dari lainnya.

Fitur ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa teks standar untuk beta. Pembaruan mendatang kemungkinan akan hadir dengan lebih banyak update.

Untuk saat ini, fitur editing teks hadir dengan font seperti Calistoga, Courier Prime, Damion, Exo 2, dan Morning Breeze.

3 dari 4 halaman

Fitur Video Pendek untuk WhatsApp

Sebelumnya, WhatsApp telah menawarkan banyak cara untuk berkomunikasi di luar teks, mulai dari melalui gambar, video, hingga panggilan telepon. Kini, platform perpesanan populer ini tengah menggarap fitur baru yang memungkinkan pengguna iPhone mengirim pesan video pendek ke orang lain.

Dikutip dari WABetaInfo melalui 9to5Mac, Senin (27/3/2023), opsi baru ini masih tersembunyi di aplikasi WhatsApp versi beta untuk iPhone. Fitur tersebut belum tersedia untuk pengguna, bahkan yang sudah menginstal versi beta, sehingga dapat diketahui bahwa fitur ini masih dalam tahap pengerjaan. 

Akan tetapi, WABetaInfo dapat mengaksesnya untuk melihat cara kerjanya. Pada dasarnya, cara kerja fitur baru WhatsApp ini hampir sama dengan pesan video pendek di Telegram.

Nantinya, mengirim pesan video di WhatsApp akan semudah mengirim pesan audio. Pengguna cukup mengetuk dan menahan tombol untuk merekam video hingga 60 detik. 

Setelah video terkirim, video akan ditampilkan dalam ruang obrolan dalam format melingkar dan diputar secara otomatis di aplikasi WhatsApp.

Menariknya, pesan video singkat ini akan dienkripsi secara end-to-end dan tidak dapat disimpan atau diteruskan ke orang lain. Namun, tangkapan layar atau screenshot pada pesan video pendek tersebut tetap diperbolehkan.

4 dari 4 halaman

Fitur Baru Lainnya di WhatsApp

Pada awal pekan ini, WhatsApp telah mengumumkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman obrolan grup di platformnya.

Dengan pembaruan ini, aplikasi memungkinkan admin untuk memutuskan siapa saja yang dapat bergabung ke grup. Selain itu, memeriksa grup mana yang pengguna miliki bersama kontak lain juga dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Di sisi lain, WhatsApp juga mulai meluncurkan dukungan suara untuk memposting pembaruan status, sementara fitur Expiring Groups masih dalam tahap pengerjaan. 

Aplikasi perpesanan ini pun telah melakukan uji coba untuk memungkinkan pengguna mengedit pesan yang sudah terkirim, mirip dengan fitur yang ada di Telegram dan iMessage. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.