Sukses

Informasi Spesifikasi Vivo X Fold 2 Bocor, Bakal Hadir April 2023

Vivo diketahui akan meluncurkan Vivo X Fold 2 pada April 2023 dan tampil pada event Forum Boao 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai smartphone layar lipat terbaru Vivo, yaitu Vivo X Fold 2 telah beredar sejak beberapa bulan terakhir. Terkini, informasi mengenai kehadiran perangkat itu pun sudah dikonfirmasi oleh Vivo sendiri.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (30/3/2023), VP Vivo Huang Tao telah mengungkap Vivo X Fold 2 akan menjadi smartphone yang didesain resmi untuk Forum Boao 2023.

Dengan kata lain, smartphone ini akan ditampilkan sebagai demo untuk bidang teknologi, desain, dan inovasi Tiongkok di forum tersebut. Jadi, pada event tersebut, penampakan Vivo X Fold 2 akan diungkap, sebelum resmi diperkenalkan pada April 2023.

Selain informasi mengenai kehadirannya, informasi mengenai spesifikasi smartphone layar lipat ini juga mulai bermunculan. Salah satunya adalah Vivo X Fold 2 disebut akan memiliki baterai berkapasitas 4.800mAh dan mendukung fast charging 120W.

Berdasarkan rumor lain, smartphone ini akan memiliki kamera yang menggunakan sensor Sony IMX866, OIS, dan V2 ISP. Sensor itu pun disebut sama dengan kamera utama 50MP yang ada di Vivo X90 dan iQOO 11 Pro.

Sementara untuk dapur pacu, penerus Vivo X Fold ini akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Perangkat ini disebut akan memiliki sensor sidik jari ultrasonic di kedua layarnya.

Selain Vivo X Fold 2, Vivo disebut juga akan memperkenalkan Vivo X Flip di event yang sama. Karenanya, menarik untuk mengetahui pengumuman resmi dari Vivo mengenai kehadiran perangkat tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vivo X Fold Plus Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

Tahun lalu, Vivo secara resmi meluncurkan smartphone layar lipat baru mereka Vivo X Fold+ (Vivo X Fold Plus), yang merupakan versi ditingkatkan dari Vivo X Fold, yang sudah rilis di tahun yang sama. 

Untuk harga, versi 12GB + 256GB dilepas ke pasar dengan harga CNY 10.000 (sekitar Rp 21,2 juta), sementara untuk varian 12GB + 512GB dijual dengan harga CNY 11.000 (sekitar Rp 23,2 juta).

Sebagai perbandingan, harga Vivo X Fold versi asli 12GB + 256GB, diluncurkan dengan harga CNY 9.000 (sekitar Rp 19 juta). Meski begitu, smartphone ini baru diluncurkan di Tiongkok, dan belum diketahui apakah akan dirilis secara global atau tidak.

Mengutip Gizmochina, Selasa (27/9/2022), Vivo X Fold+ membawa layar cover 6,53 inci dengan resolusi FHD+ dan layar dalamnya 8,03 inci dengan resolusi 2K. Dikutip dari GSM Arena, perangkat ini juga menggunakan Ultra Thin Glass.

Kedua layar menampilkan panel AMOLED, refresh rate 120Hz, dan memiliki pemindai sidik jari terintegrasi. Perangkat ini dapat dilipat di beberapa sudut berbeda termasuk 30, 90, dan 120 derajat.

HP Vivo X Fold+ juga dilengkapi prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, seperti yang sudah diketahui dalam bocoran beberapa waktu lalu. Ponsel ini juga membawa 12GB LPDDR5 RAM dan penyimpanan UFS 3.1 512GB.

 

3 dari 4 halaman

Menawarkan Pengalaman yang Berbeda

Vivo juga menyematkan baterai berkapasitas 4,730 mAh, dan sudah mendukung kemampuan fast charging hingga 80W. Ini merupakan peningkatan dari 60W di seri X Fold sebelumnya. Didukung juga pengisian daya nirkabel 50W.

Pengisian daya selama 18 menit diklaim membuat baterai dapat terisi 70 persen, dengan pengisian sampai penuh memerlukan waktu 35 menit. Untuk sistem operasinya, perangkat yang satu ini menggunakan OriginOS yang berbasis Android 12.

Di sisi fotografi, Vivo X Fold+ mengusung kamera depan 16MP yang ditempatkan secara punch-hole.

Untuk kamera belakang terdiri dari main camera 50MP, ultra-wide 48MP, dan dua modul telefoto satu kamera 12MP untuk portrait dan satu kamera periskop 8MP dengan 5 kali pembesaran (zoom digital sampai 60 kali), dan OIS.

4 dari 4 halaman

Hadir dengan 3 Pilihan Warna

Vivo X Fold+ ditawarkan dalam beberapa varian warna yaitu Sunny Mountain Blue, Sycamore Ash, dan Huaxia Red.

Vivo sebelum peluncuran perangkat ini juga pernah menjelaskan, ponsel layar lipat barunya ini akan memiliki pengalaman berbeda ketimbang generasi sebelumnya yang sudah meluncur di pasaran.

Perusahaan mengklaim, sudah ada lebih dari 5,000 aplikasi yang sudah di optimize digunakan untuk sistem operasi OriginOS Ocean HP Vivo baru ini. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.