Sukses

WhatsApp Garap Fitur Kirim Pesan Video Pendek untuk Pengguna iPhone

WhatsApp dilaporkan sedang menggarap fitur untuk membantu pengguna mengirim video pendek di aplikasi dengan lebih mudah untuk perangkat iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Layanan messaging WhatsApp dikabarkan sedang menggarap fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan melalui video pendek ke orang lain.

Temuan ini diungkap oleh WABetaInfo, yang mendapatkan sebuah opsi tersembunyi dalam versi beta WhatsApp untuk iPhone.

Namun, fitur ini masih belum tersedia untuk pengguna, bahkan saat memasang versi beta, di mana berarti, fitur baru WhatsApp ini masih dalam proses pengerjaan.

Dilansir 9to5mac, Senin (27/3/2023), WABetaInfo pun bisa menghidupkannya, untuk mencari tahu cara kerjanya. Pesan video di aplikasi WhatsApp ini, akan berfungsi seperti fitur pesan video pendek yang ada di Telegram.

Nantinya, mengirimkan pesan video di WhatsApp akan lebih mudah seperti mengirim pesan audio. Pengguna cukup menekan dan menahan tombol untuk merekam video hingga 60 detik.

Setelah dikirim, pesan video pendek itu akan ditampilkan dalam chat dengan format melingkar, dan diputar secara otomatis.

Seperti pesan WhatsApp pada umumnya, video singkat ini dienkripsi secara end-to-end, tidak bisa disimpan atau diteruskan, tetapi masih bisa di-screenshot. Fitur ini pun dinilai akan bisa lebih menangkap emosi dan ekspresi dalam sebuah pesan suara atau teks.

Selain itu, ini juga dianggap memudahkan pengguna untuk menunjukkan sesuatu, atau untuk mendemonstrasikan sebuah hal, serta memperlihatkan produk dengan cepat lewat video.

Sejauh ini, fitur WhatsApp ini baru dikerjakan untuk perangkat iPhone. Tidak diketahui kapan fitur tersebut akan diluncurkan untuk semua pengguna, termasuk di Android.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Call di WhatsApp Desktop di Windows Bisa 8 Orang

WhatsApp sendiri baru saja memperkenalkan aplikasi WhatsApp desktop teranyar bagi pengguna Windows pada Rabu (22/3/2023) kemarin. 

Melalui laman blog resminya, WhatsApp mengungkapkan aplikasi desktop terbaru ini dibangun dengan tampilan antarmuka yang lebih akrab bagi pengguna WhatsApp dan Windows. Tak hanya itu, sejumlah peningkatan kecepatan pun turut dihadirkan. 

Melihat banyaknya pengguna WhatsApp di komputer dan tablet, pembaruan ini dilakukan dengan fokus untuk membuat pengalaman mengirim pesan dan panggilan di seluruh perangkat menjadi lebih baik.

Kini, pengguna dapat melakukan video call dengan maksimal 8 orang dan panggilan audio dengan maksimal 32 partisipan.

Menurut perusahan messaging ini, mereka akan terus meningkatkan batasan tersebut dari waktu ke waktu agar pengguna WhatsApp dapat selalu terhubung dengan teman, keluarga, dan rekan kerja.

3 dari 4 halaman

Pembaruan WhatsApp Permudah Admin Kelola Grup

WhatsApp juga telah menghadirkan fitur Komunitas di tahun lalu. Lewat fitur ini, aplikasi chatting tersebut ingin membantu lebih banyak orang mendapatkan manfaat dari grup mereka.

Sejak fitur itu diluncurkan, WhatsApp pun melakukan sejumlah pembaruan fitur yang ditujukan untuk admin maupun pengguna. Dengan pembaruan tersebut, aplikasi ingin memudahkan admin grup WhatsApp melakukan pengelolaan. 

Selain itu, lewat pembaruan fitur ini, perusahaan ingin setiap anggota di dalam grup bisa berinterakasi dengan lebih nyaman.

Nah, apa saja pembaruan yang dibawa WhatsApp kali ini? Simak daftarnya berikut ini seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Rabu (22/3/2023).

  • Kontrol Baru untuk Admin

Dengan makin banyak orang yang bergabung dalam komunitas, WhatsApp menuturkan mereka ingin memberikan kontrol lebih pada admin grup terkait privasi grup mereka.

"Oleh karenanya, kami telah menambahkan fitur sederhana yang memungkinkan admin untuk menentukan siapa yang dapat bergabung ke dalam grup," tulis WhatsApp dalam pernyataannya.

Jadi, ketika admin memilih membagikan tautan undangan grupnya atau menjadikan grupnya dapat tergabung dalam Komunitas WhatsApp, mereka kini memiliki kontrol lebih besar atas siapa saja yang dapat bergabung.

 

4 dari 4 halaman

Melihat Grup yang Sama

  • Lihat Grup yang Sama dengan Mudah

Tidak hanya itu, dengan pertumbuhan Komunitas dan grup yang semakin besar, aplikasi WhatsApp ingin mempermudah cara mengetahui grup mana yang memiliki kesamaan dengan seseorang.

"Baik Anda mencoba mengingat nama grup yang Anda ketahui, sudah Anda bagikan dengan seseorang atau Anda ingin melihat grup tempat kalian berdua berada, Anda kini bisa dengan mudah mencari nama kontak untuk melihat grup yang sama," tulis WhatsApp.

Rencananya, fitur ini akan diluncurkan secara global dalam beberapa minggu ke depan untuk seluruh pengguna aplikasi WhatsApp.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.