Sukses

Liga Esports Valorant VCT Pacific Siap Digelar Mulai 25 Maret 2023

Valorant Esports mengumumkan jadwal dimulainya VCT Pacific League 2023, yang akan digelar sampai Mei 2023 mendatang di Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Riot Games mengumumkan jadwal turnamen esports Valorant VCT Pacific 2023, yang akan mulai digelar mulai bulan Maret 2023 ini.

Melalui siaran persnya, dikutip Rabu (15/3/2023), VCT Pacific adalah salah satu dari tiga liga internasional dalam struktur baru VCT (Valorant Champions Tour).

"Event ini memiliki metode baru untuk menentukan tim mana yang akan lolos kualifikasi ke turnamen global level utama, Masters dan Champions," tulis Valorant Esports.

Liga Valorant ini akan mempertemukan 10 tim esports Valorant dari Asia Tenggara, Korea, Jepang, dan Asia Selatan, dalam kompetisi yang digelar selama 10 pekan, untuk menentukan tim mana yang akan mewakili regional Pasifik di kancah global.

Sepuluh tim ini juga akan memperebutkan total hadiah senilai USD 250.000 atau sekitar Rp 3,8 miliar.

VCT Pacific akan digelar di Sangam Colosseum, Seoul, Korea Selatan. Namun, babak finalnya yang berlangsung selama dua hari, bakal diadakan di Jangchung Stadium.

VCT Pacific League 2023 akan dimulai pada 25 Maret dan digelar sampai 28 Mei. Ada tiga tahap yang akan dijalani.

League Play akan digelar pada 25 Maret sampai 16 Mei, dilanjutkan Playoff pada 19 sampai 25 Mei, dan Semifinal dan Grand Final berlangsung pada 27 dan 28 Mei 2023.

Untuk format pertandingan, turnamen Valorant ini akan dimulai dengan 10 tim yang bertanding dalam round-robin tunggal di League Play. Pertandingan dimainkan dengan format Best-of Three (BO3). Tahap ini akan digelar selama 8 minggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Format VCT Pacific

6 tim yang lolos kualifikasi dari League Play, akan maju ke Playoff untuk bertarung di ronde eliminasi ganda dalam format BO3. Sementara Semifinal dan Final, akan berformat Best-of-Five. 

3 tim teratas dari liga Pasifik ini akan lolos kualifikasi untuk mengikuti turnamen Masters pada bulan Juni, serta bertemu dengan tim terbaik dari liga internasional lainnya di Amerika dan EMEA.

Tim terbaik ini juga akan lolos kualifikasi ke Champions pada bulan Agustus, memberikan mereka kesempatan untuk memperebutkan gelar juara dunia Valorant.

Sementara, tim Pasifik lainnya akan mendapatkan satu kesempatan lagi untuk memperebutkan satu slot di Champions melalui Last Chance Qualifier VCT Pacific pada bulan Juli.

Untuk jadwal tiap-tiap pertandingan sendiri bisa dilihat melalui situs resmi Valorant Esports di valorantesports.com.

 

3 dari 3 halaman

Tim Peserta VCT Pacific

Berikut ini daftar 10 tim esports Valorant yang akan bertanding di liga VCT Pacific 2023, seperti dikutip dari laman resmi Valorant Esports:

10 Tim Valorant di VCT Pacific 2023

  • DetonatioN Focusme (Jepang)
  • DRX (Korea)
  • Gen G (Korea)
  • Global Esports (Asia Selatan)
  • Paper Rex (Malaysia-Singapura)
  • RRQ (Indonesia)
  • T1 (Korea)
  • Talon Esports (Thailand)
  • Team Secret (Filipina)
  • ZETA DIVISION (Jepang)

RRQ menjadi tim asal Indonesia yang bakal berlaga di sini. Dalam roster-nya, ada tiga pemain Indonesia yang bergabung di tim yaitu Tehbotol, fl1pzjder, dan Lmemore. Sementara 2ge, Emman, dan EJAY, adalah pemain dari Filipina.

Adapun, VCT Pacific 2023 bisa disaksikan dalam Bahasa Indonesia melalui Twitch VALORANT ID, YouTube VALORANT Esports Indonesia, dan Facebook VALORANTesportsID.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.