Sukses

Warganet Laporkan Instagram Down di Berbagai Negara, Pengguna Komplain Tidak Bisa Login

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warganet melaporkan Instagram down di berbagai negara di dunia, dan berdampak ke puluhan ribu pengguna media sosial milik Meta tersebut.

Seperti biasanya, pengguna melampiaskan keluh kesahnya layanan media sosial populer tersebut ke lini masa Twitter.

Alhasil, #InstagramDown pun saat ini trending topic nomor 3 dan peringkat ke-13 secara worldwide.

Berdasarkan pantaun tim Tekno Liputan6.com di laman web Downdetector, Kamis (9/3/2023), Instagram down terjadi pada 9.52 WIB dengan laporan mencapai 46.436.

Dari laporan, 87 persen pengguna melaporkan tidak bisa membuka atau mengakses aplikasi Instagram di perangkat HP Android dan iOS mereka.

Sementara itu, 10 persen lainnya tidak bisa membuka Instagram versi browser. Terakhir, 3 persen pengguna bermasalah dengan login.

Melalu akun Twitter-nya, tim komunikasi Instagram mengakui layanan media sosial mereka memang sedang mengalami masalah teknis.

"Karena ada masalah teknis, sejumlah pengguna menghadapi masalah saat mengakses Instagram. Kami sedang memecahkan isu tersebut secepatnya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis Instagram di Twitter.

Masih belum diketahui seperti apa akar penyebab Instagram down, namun saat ini layanan media sosial milik Meta itu sudah beroperasi secara normal.

2 dari 4 halaman

Ini Cara Dapat Centang Biru Instagram

Ilustrasi instagram. (Foto oleh energepic.com: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-iphone-smartphone-internet-174938/)

Di sisi lain, verifikasi akun melalui centang biru adalah bentuk validasi terbaik untuk mengkonfirmasi keaslian akun. Maka, centang biru yang biasa ditemukan di akun-akun Instagram menunjukkan bahwa akun tersebut merupakan akun resmi milik pihak yang bersangkutan, baik individu, suatu grup, maupun merek dagang. 

Akan tetapi, mendapatkan verifikasi di Instagram tidak bisa dilakukan semua pengguna. Instagram memiliki syarat tersendiri yang harus dipenuhi suatu akun untuk dapat memiliki centang biru. 

Meskipun begitu, jika pengguna ingin tahu lebih lanjut tentang cara mendapatkan centang biru di akun Instagram, kamu dapat memperhatikan penjelasan yang dirangkum dari Sprout Social, Selasa (28/2/2023), berikut ini.

Syarat Mengajukan Verifikasi di InstagramPada situs resminya, Instagram memberikan beberapa pedoman untuk mengetahui apakah pengguna sesuai dengan kriteria.

Hal pertama yang harus dipastikan adalah pengguna yang ingin mendapat centang biru Instagram harus mematuhi Terms of Use and Community Guidelines. Selain itu, akun pengguna juga harus:

  • Authentic¬†(Asli): Akun kamu harus dimiliki oleh seseorang, bisnis, merek, atau entitas nyata.
  • Unique¬†(Unik): Menjadi satu-satunya yang mewakili diri atau bisnis pengguna.
  • Complete¬†(Lengkap): Profil harus memiliki biodata, foto, dan aktif menggunakan platform.
  • Notable¬†(Terkemuka): Akun harus mewakili seseorang atau bisnis yang dikenal publik dan telah ditampilkan dalam berbagai sumber otentik, buka sumber media bersponsor.
  • Public¬†(Publik): Akun tidak boleh dalam keadaan private.
3 dari 4 halaman

Cara Mengajukan Verifikasi Centang Biru di Instagram

Ilustrasi Instagram Stories. (via: marketing4ecommerce.net)

Pengajuan verifikasi untuk mendapatkan centang biru di samping nama akun pengguna, dapat dilakukan di aplikasi Instagram. 

Caranya, pengguna perlu masuk ke akun masing-masing dan pilih Settings pada menu kanan atas. Selanjutnya, klik Request Verification dan lengkapi sejumlah kolom yang wajib diisi. Setelah selesai, klik kirim untuk dapat ditinjau Instagram.

Saat ini, tidak ada jumlah minimal pengikut yang pasti untuk dapat mengajukan verifikasi (tak perlu memiliki banyak followers). Jika memenuhi kriteria di atas, pengguna dapat mencoba mengirimkan ajuan.

Menurut Instagram, meskipun akun pengguna memenuhi kriteria untuk diverifikasi tetapi belum pasti akan mendapatkan centang biru. Sayangnya, tidak ada batas waktu yang pasti kapan Instagram akan memberi tahu hasil keputusannya. 

Namun jika ditolak, pengguna harus menunggu 30 hari sebelum dapat mencoba mengajukan lagi.

4 dari 4 halaman

Keuntungan Memiliki Centang Biru di Akun Instagram

Ilustrasi Instagram, main media sosial Instagram. (Photo by Kate Torline on Unsplash)

Dengan tanda verifikasi yang menunjukkan bahwa akun tersebut merupakan akun resmi, pengguna akan memiliki kredibilitas yang lebih kuat karena akan membedakan akun dari akun lain.

Dengan demikian, orang-orang juga dapat dengan mudah menjangkau dan menemukan akun kamu.  

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.