Sukses

Video YouTube Film Alien Diklaim Bikin HP Pixel Mengalami Crash

Sebuah video YouTube yang merupakan cuplikan film Alien, dilaporkan sejumlah pengguna membuat HP Pixel mereka mengalami crash

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, sebuah video YouTube diklaim membuat pengguna smartphone Pixel mengalami masalah berupa crash atau berhenti tiba-tiba.

Masalah ini dilaporkan oleh sejumlah pengguna di situs forum Reddit. Mereka mengklaim mengalami saat video itu diputar, HP Pixel mereka tiba-tiba mengalami crash.

Beberapa juga melaporkan mengalami masalah jaringan seluler usai mencoba menonton video itu, di mana fungsi tersebut kembali normal setelah melakukan reboot.

Dikutip dari Gizchina, Senin (6/3/2023), masalah ini banyak dilaporkan, termasuk mereka yang memakai ponsel Google Pixel 7, Pixel 7 Pro, Pixel 6, Pixel 6 Pro, dan Pixel 6A.

Menurut laporan dari The Verge, salah satu staf mereka yang memakai Pixel 6 juga mengalami crash saat mencoba memutar video yang dimaksud.

Namun The Verge juga mencatat, tidak semua pengguna Pixel mengalami masalah itu. Pakar Android Mishaal Rahman menyebut Pixel 6 Pro-nya tidak bermasalah, beberapa pengguna Reddit juga mengatakan semuanya aman-aman saja.

Video "terkutuk" yang dimaksud adalah sebuah adegan dari film horor fiksi ilmiah Alien, yang tersedia dalam resolusi 4K HDR dan sudah berusia dua tahun.

Video itu diunggah oleh kanal Apex Clips dengan durasi sekitar tiga menit dengan judul Alien 4K HDR | Get Out of There.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com dari kolom komentar, kebanyakan warganet memang berkomentar soal isu crash yang terjadi di kalangan pengguna HP Pixel.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mirip Kasus

Namun ada juga pengguna yang mengklaim memakai smartphone Pixel dan mengatakan bug tersebut mungkin sudah diperbaiki, karena perangkat mereka baik-baik saja saat memutar video itu.

Belum diketahui penyebab bug tersebut. Mengutip CNET, Google mengatakan masalah ini sudah mereka catat dan akan meluncurkan perbaikan secara penuh pada bulan Maret ini.

Namun, beberapa pengguna berspekulasi masalah ini mungkin terkait dengan cara Pixel menangani warna, serupa dengan masalah yang membuat sebuah wallpaper, menyebabkan HP Android mengalami crash beberapa waktu lalu.

Selain itu, fakta bahwa laporannya hanya pada beberapa perangkat Pixel dan tidak pada banyak pengguna, juga menunjukkan masalah ini tidak terkait video itu sendiri, melainkan bagaimana perangkat memproses data.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, diberitakan sebuah wallpaper bisa membuat sejumlah smartphone Android tertentu mengalami soft brick dan crash. 

3 dari 4 halaman

Kasus Bug di HP Android Akibat Gambar Pemandangan

Soft brick dalam istilah Android adalah kondisi ketika smartphone mengalami kegagalan booting, namun masih bisa diatasi.

Smartphone yang soft brick biasanya memiliki ciri-ciri mau hidup tetapi hanya menampilkan tulisan merek. Selanjutnya, beberapa detik kemudian smartphone mati atau crash terus menerus.

Kembali ke masalah wallpaper, mengutip Android Authority, Senin (1/6/2020), masalah ini awalnya ditemukan oleh pengamat dan leaker perangkat Univerce Ice.

Ia pun mengumumkan via Twitter dan informasi ini dikonfirmasi oleh para pengguna Android lainnya. Rupanya yang bikin masalah adalah pemasangan wallpaper dengan gambar pemandangan seperti gambar di atas.

Begitu gambar dipasang sebagai wallpaper, smartphone mengalami soft brick, terutama sejumlah smartphone Samsung dan Google. Kendati demikian, smartphone dari merek lain juga ada yang mengalami dampaknya.

 

4 dari 4 halaman

Google Lakukan Perbaikan

Google kabarnya juga telah melakukan perbaikan terkait masalah "gambar terkutuk itu."

Informasi ini ditemukan di forum Android Open Source Project (AOSP), di mana perwakilan search Google, Wu Ahan, mengkonfirmasi bahwa perbaikan untuk bug telah dikerjakan.

Menurut posting-an tersebut, Google saat itu dilaporkan sedang meninjau solusi di lingkup internal. Tidak jelas apakah perbaikan ini akan berhasil, atau masih harus diuji.

Diwartakan Ubergizmo, Jumat (5/6/2020), tampaknya masalah ini terjadi karena profil warna yang dikodekan ke dalam wallpaper tersebut berbeda dari beberapa profil yang digunakan dalam tampilan tertentu.

Tidak semua smartphone Android terpengaruh, bukan Pixel 4 XL, tetapi Pixel 3 XL. Perangkat Android yang paling banyak mengalami hal ini adalah Samsung.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.