Sukses

Deretan HP Samsung Galaxy yang Terima Update One UI 5.1: Galaxy Z Fold hingga A Series

Berikut adalah deretan smartphone Samsung Galaxy yang dijadwalkan akan menerima Update One UI 5.1, dari Galaxy Z Fold dan Z Flip, Galaxy Tab, hingga Samsung Galaxy A dan M Series.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung tengah menggulirkan update One UI 5.1 untuk sederetan smartphone-nya di seluruh dunia.

Sistem operasi milik Samsung ini pertama kali dirilis bersamaan dengan kehadiran Samsung Galaxy S23 series pada awal Februari lalu.

Selang sebulan, update One UI 5.1 digulirkan ke beberapa perangkat pendahulu Samsung Galaxy S23 series, termasuk perangkat yang dirilis beberapa tahun lalu.

Seperti biasanya, software update ini digulirkan berdasarkan usia si perangkat. Itu artinya, makin tua usia perangkat Samsung Galaxy kamu, kehadiran One UI 5.1 juga bakal lebih lama dibandingkan perangkat baru.

Mengutip Gizchina, Senin (5/3/2023), Samsung mendata setidaknya ada 20 model smartphone Galaxy yang akan mendapatkan pembaruan software tersebut.

Ada sejumlah model Samsung Galaxy yang mungkin mendapatkan update One UI 5.1 nantinya. Sebagai permulaan, berikut adalah daftar smartphone Samsung Galaxy yang mendapatkan update software, dari smartphone layar lipat Galaxy Z Fold dan Z Flip, Galaxy S series, Galaxy Tab S series, hingga Galaxy A dan M series.

Daftar Smartphone yang Dapat One UI 5.1:

  • Galaxy S22 Series
  • Galaxy S21 Series
  • Galaxy S20 Series
  • Galaxy Note 20 Series
  • Galaxy Tab S8 Series
  • Galaxy Tab S7 Series
  • Galaxy Z Fold 4
  • Galaxy Z Flip 4
  • Galaxy Z Fold 3
  • Galaxy Z Flip 3
  • Galaxy Z Fold 2
  • Galaxy Z Flip/ 5G
  • Galaxy S21 FE
  • Galaxy S20 FE
  • Galaxy A23
  • Galaxy A33 5G
  • Galaxy A53 5G
  • Galaxy A73
  • Galaxy M53

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Baru di One UI 5.1

Adapun pembaruan yang dihadirkan Samsung melalui One UI 5.1 meliputi kualitas kamera yang ditingkatkan, tampilan galeri yang lebih menarik, hingga dukungan konektivitas perangkat lebih menyeluruh. Untuk mengetahui deretan fitur baru tersebut, simak daftarnya berikut ini.

  • Kualitas Kamera Profesional

Bersama One UI 5.1, Samsung kini menghadirkan fitur Expert RAW sebagai bagian dari aplikasi Galaxy Camera. Untuk mengaksesnya, pengguna tinggal pilih More saat mengambil foto agar bisa mengambil foto berkualitas tinggi dalam format mentahnya (RAW).

  • Photo Remaster

Samsung juga menyempurnakan kemampuan Photo Remaster,di One UI terbaru ini, sehingga mampu memperbaiki detail gambar yang kurang secara otomatis. Perbaikan ini termasuk meningkatkan kecerahan, menyempurnakan detail, dan membuat koreksi warna.

  • Pembaruan di Aplikasi Galeri

Pada aplikasi Galeri, Samsung turut membuat perbaikan. Kini, pengguna dipermudah untuk melakukan pencarian foto dalam aplikasi Galeri dan membuat album keluarga bersama.

3 dari 4 halaman

Fitur Lainnya, Personalisasi hingga Link To Windows

  • Kemampuan Personalisasi

Dengan One UI 5.1, Samsung kini menghadirkan kemampuan Dynamic Weather Widget baru yang bisa menganalisis kondisi saat ini dan membuat desain khusus yang mencerminkan iklim.

Lalu di Modes and Routines, ada perluasan untuk mengaktifkan kustomisasi wallpaper, nada dering, sensitivitas sentuhan, dan huruf. Begitu juga dengan widget Smart Suggestions yang kini mampu merekomendasikan lagu dan playlist Spotify berdasarkan aktivitas pengguna.

  • Konektivitas yang Lebih Mulus

Samsung juga memperluas kemampuan Multi Control sebagai penghubung antara Galaxy Book dan smartphone. Melalui pembaruan ini, pengguna bisa berbagai mouse, keyboard atau trackpad dari Galaxy Book tidak hanya ke tablet, melainkan ke ponsel Galaxy tertentu.

Dengan pembaruan ini, pengguna dapat melakukan copy and paste teks serta drag and drop dari satu perangkat ke perangkat lain secara lebih mulus.

  • Link to Windows

Sementara untuk kemampuan Link to Windows, pengguna Galaxy kini bisa menjelajah internet melalui Samsung Internet di aplikasi mereka dan melanjutkan menjelajah halaman yang sama di PC mereka. Halaman ini juga bisa dibuka dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

 

4 dari 4 halaman

20 Fakta Menarik Tentang Samsung

Fakta Menarik Tentang Samsung:

  1. Pendiri Lee Byung-chul mengatakan, Samsung merupakan gabungan dari kata Korea, yakni sam (tiga) dan sung (bintang). Konon, simbol tiga bintang mewakili sesuatu yang "besar, banyak, dan kuat".
  2. Bila sekarang dikenal dengan deretan produk elektronik, awal bisnis Samsung menjual mie dan produk lainnya. Baru pada 1970, perusahaan menjual produk listrik pertamanya, yakni TV hitam putih berukuran 12 inci.
  3. Mengutip Sammobile, Sabtu (4/3/2023)), Samsung Grup memiliki 266,673 karyawan yang tersebar di dunia.
  4. Divisi konstruksi Samsung diketahui berperan besar dalam membangun gedung pencakar langit Burj Khalifa di Dubai, gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 2.722 kaki.
  5. Sebelum menggunakan logo Samsung sekarang, perusahaan ternyata mengubah logo mereka sebanyak tiga kali. Adapun logo saat ini diperkenalkan pada 2005, dimana sebelumnya ada 7 logo lain sebelumnya.
  6. Samsung SCH-100 yang diluncurkan 1996 menjadi ponsel pertama dengan teknologi CDMA. Dibandingkan 4G/LTE saat ini, CDMA memang kalah jauh saat ini.Akan tetapi, kala itu CDMA tampil lebih unggul ketimbang teknologi GSM.
  7. Samsung menjadi salah satu perusahaan terdepan dalam hal teknologi, dimana mereka menciptakan TV digital pada 1998, ponsel jam tangan (1999), home theater 3D (2010), dan ponsel dengan layar lengkung pertama di dunia--Galaxy Note 3--pada tahun 2013.
  8. Samsung memang bukan perusahaan pertama yang membuat smartphone, tetapi mereka adalah salah satu pemain pertama di pasaran tersebut.Perusahaan memperkenalkan ponsel PDA pertamanya, yaitu SPH-i3000 pada 2001.
  9. Beberapa dari Anda pasti beranggapan Galaxy S series menjadi ponsel paling laris di pasaran milik Samsung. Akan tetapi, perusahaan meraup untuk besar lewat feature phone Samsung E1110 yang dirilis pada 2009. Saat produksi ponsel berakhir pada 2012, Samsung telah menjual 15 juta unit, dan mengantongi label ponsel terlaris ke-6 sepanjang masa.
  10. Berdasarkan laporan Insider, Samsung menyumbang sekitar 17 persen dari penghasilan Produk Domestik Bruto Korea.
  11. Pada tahun 2016, Samsung mengirimkan 306 juta unit ponsel ke seluruh dunia yang meningkat dari 283,1 juta unit dibandingkan tahun 2010.
  12. Samsung S3 pernah terjual sebanyak 500 unit per menit setelah diluncurkan ke pasaran.
  13. Samsung S8 menjadi ponsel pertama perusahaan yang menggunakan teknologi AI Bixby, guna bersaing dengan Cortana (Microsoft) dan Siri (Apple).
  14. Selain membuat perangkat elektronik, Samsung diketahui pernah merakit jet tempur pertama mereka, yakni KF-16 untuk Angkatan Udara Korea Selatan.
  15. May 2017, Samsung mengantongi izin untuk melakukan uji coba kendaraan otonomos di Korea Selatan.
  16. Samsung juga menjadi perusahaan teknologi dengan daftar paten terbanyak, dibandingkan perusahaan lain di dunia dengan 7670 paten di AS.
  17. Agustus 2016 menjadi tahun paling 'gelap' bagi Samsung, karena perusahaan harus menarik 2,5 juta Galaxy Note 7 dari pasaran karena kasus kerusakan di baterai ponsel.
  18. Semua produk Samsung sejak 2013 menerima serifikasi lingkungan standar global.
  19. Pada Januari 2017, pimpinan Samsung Lee Jae-yong, diinterogasi sebagai bagian dari skandal korupsi politik terbesar di Korea Selatan, berdasarkan laporan BBC.
  20. Februari 2017, Samsung menjadi produsen TV pertama yang memperkenalkan TV QLED mampu mencapai volume warna 100 persen. Ini berarti tampilan di layar lebih nyata dan detail.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.