Sukses

Si Pintar Google Assistant Ternyata Sempat Tak Beri Respon Saat Diperintah

Google Assistant ternyata sempat tidak memberi respon ketika diperintah mengontrol perangkat Smart Home. Google pun telah memperbaiki masalah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual Google Assistant biasanya begitu membantu pengguna. Hanya tinggal diperintah dengan suara, si cerdas ini bakal langsung menjalankan perintah pemilik perangkat, termasuk dalam mengontrol perangkat Smart Home di rumah. 

Sayangnya, pada 28 Februari lalu, beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengendalikan perangkat rumah pintar mereka dengan perintah suara Google di Google Assistant, seperti biasanya. 

Tampaknya saat itu, si pintar Google Assistant mengalami masalah dan berhenti bekerja secara tiba-tiba.

salah satu pengguna menyatakan kesulitan ketika mencoba menyalakan lampu atau televisi dengan perintah suara. Alih-alih langsung bekerja, Google Assistant justru merespons perintah tersebut dengan “Maaf, saya tidak mengerti”.

Mengutip Android Authority via Gizchina, Jumat (3/3/2023), beberapa kanal berita melaporkan kendala serupa. Masalah pada Google Assistant ini tidak hanya ditemukan di Amerika Serikat, sejumlah pengguna di negara lain pun mengeluhkan hal yang sama.  

Meskipun begitu, masalah ini hanya terjadi untuk kontrol perangkat Smart Home. Sementara fitur lain yang tersedia di asisten virtual Google ini tetap berfungsi dengan baik seperti biasanya. 

Informasi terbaru mengungkap, Google telah perbaiki Google Assistant yang sebelumnya mengalami masalah pada kemampuannya mengontrol perangkat Smart Home.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Google Telah Perbaiki Masalah

Seperti yang telah diketahui, masalah ini hanya ditemui pada pengendalian perangkat Smart Home. Beberapa waktu lalu, Google telah melakukan perbaikan yang terbilang cepat untuk mengatasinya.

Akan tetapi, Google tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait penyebab pasti dari masalah Google Assistant yang mendadak berhenti bekerja ini. 

Saat ini, pengenalan perintah suara Google telah kembali berfungsi dengan baik. Untuk memastikannya, pengguna dapat mencoba menguji fitur ini untuk mengendalikan perangkat pintar lainnya yang ada di rumah mereka.

3 dari 4 halaman

Mengontrol Perangkat Smart Home dengan Perintah Suara

Berdasarkan situs resmi Google, pengguna dapat mengontrol lebih dari 50.000 perangkat Smart Home di rumah seperti lampu, TV, dan peralatan elektronik lainnya. Internet of Things (IoT) memungkinkan pengguna untuk mengendalikan perangkat tersebut dengan perintah suara melalui Google Assistant.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan pengguna sebelum dapat menggunakan perintah suara pada perangkat lainnya.

Cara Kontrol Smart Home dengan Google Assistant

Langkah 1: Siapkan Perangkat Smartphone

Langkah 2: Hubungkan Perangkat ke Google Assistant

  • Di ponsel atau tablet Android, ucapkan "Ok Google, buka setelan Asisten",
  • Ketuk Asisten, lalu pilih Kontrol rumah,
  • Pada tab "Perangkat", klik Tambahkan perangkat dengan ikon plus,
  • Ketuk jenis perangkat yang ingin dihubungkan, lalu ikuti langkah-langkahnya,
  • Saat perangkat selesai dihubungkan, klik Selesai.

Langkah 3: Tetapkan nama perangkat

Pengguna dapat mengatur dan memilih nama untuk memanggil perangkat Smart Home secara spesifik, misalnya “lampu kamar A” atau “lampu plafon”. Untuk melakukannya, pengguna perlu mengikuti langkah-langkan berikut

  • Pada ponsel atau tablet Android, buka setelan Google Assistant,
  • Klik Asisten dan masuk Kontrol rumah,
  • Di bagian "Asisten", ketuk perangkat yang ingin diganti nama,
  • Masukkan nama pilihan pengguna,
  • Klik Oke.
4 dari 4 halaman

Tips Mengontrol Perangkat Smart Home

Tetapkan Perangkat ke Ruangan

Untuk mengontrol perangkat dengan lebih mudah dan cepat, pengguna dapat menetapkan perangkat ke ruangan yang ada di rumah secara khusus.

Misalnya, jika pengguna telah menetapkan lampu yang dihubungakan ke Google Assistant ke kamar tidur, pengguna dapat mengatakan "Nyalakan lampu di kamar tidur" sebagai perintahnya.

Cara Kontrol Perangkat Menggunakan Perintah

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat mulai mengontrol perangkat Smart Home dengan suara pengguna sesuai perintah yang telah dimasukkan sebelumnya, dengan cara berikut ini.

  • Ucapkan "Ok Google" atau tekan tombol untuk berbicara dengan Asisten Google.
  • Ucapkan perintahnya yang diinginkan terhadap perangkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.