Sukses

Pengguna iPhone Kini Bisa Buat Stiker WhatsApp dari Foto, Ini Caranya

Kini, versi terbaru WhatsApp untuk iPhone menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat stiker sendiri dari foto dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Fitur stiker di WhatsApp menjadi salah satu bagian yang paling populer. Bagi pengguna yang aktif menggunakannya, fitur ini dapat membantu dalam mengekspresikan pesan mereka. 

Meskipun aplikasi WhatsApp telah sejak lama memperkenalkan fitur stiker, tetapi untuk membuat stiker sendiri pengguna perlu menggunakan aplikasi lain yang tersedia di Play Store ataupun App Store. Hal ini membuat prosesnya tidak praktis untuk dilakukan.

Namun, kini versi teranyar aplikasi WhatsApp untuk iPhone menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat stiker sendiri dengan mudah.

Dilansir dari 9to5Mac yang mengutip WABetaInfo, Rabu (1/3/2023), fitur baru ini diperkenalkan tidak secara terang-terangan pada WhatsApp iPhone versi 23.3.77 yang kini tersedia di App Store. 

Dengan pembaruan ini, pengguna dapat leluasa membuat stiker WhatsApp sendiri dari foto di galeri ponsel sesuai keinginan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Sticker WhatsApp dari Foto di Galeri iPhone

Sebelum melakukan langkah-langkah ini, perlu diingat bahwa fitur pembuat stiker tersebut baru tersedia bagi pengguna iPhone. 

- Buka aplikasi Photos pada iPhone pengguna

- Pilih foto

- Klik dan tahan subjek atau objek yang ingin diubah menjadi stiker

- Seret dan lepas di ruang obrolan WhatsApp

- Konfirmasi pilihan untuk mengubah foto menjadi stiker

Setelah dikirim, stiker akan tetap tersimpan di koleksi WhatsApp. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mencoba cara yang sama untuk membuat stiker di iMessage dan Telegram.

3 dari 4 halaman

Hal yang Masih Perlu Dikembangkan dari Fitur Ini

Meskipun fitur ini akan memudahkan aktivitas pengguna untuk membuat stiker, tetapi masih terdapat kekurangan yang dinilai belum memenuhi ekspektasi beberapa pengguna.

Pasalnya, fitur ini hanya memungkinkan pembuatan stiker secara satu per satu. Belum terdapat tampilan yang jelas untuk membuat sticker pack.

Sticker pack atau paket stiker telah lebih dulu tersedia di berbagai aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan pengguna membuat stiker dengan tema yang senada dan menggabungkannya. 

Tak hanya itu, fitur ini juga menggunakan kemampuan deteksi subjek pada gambar yang tersedia di iOS 16, sehingga pengguna dengan versi iOS di bawahnya tidak dapat mencoba cara ini.

4 dari 4 halaman

Lebih Lanjut tentang Update WhatsApp

Sebelumnya pada awal bulan ini, WhatsApp merilis pembaruan untuk aplikasi iOS-nya yang menambahkan dukungan picture-in-picture untuk panggilan video.

Peningkatan fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk membuka aplikasi lain ketika sedang melakukan panggilan video. 

Selain itu, platform yang dimiliki Meta ini telah mengerjakan fitur newsletter yang memungkinkan pengguna meneruskan pesan yang dibuatnya ke sejumlah pengguna yang lebih luas.

Diketahui pula sebelumnya, WhatsApp telah mengembangkan opsi untuk memungkinkan pengguna mengedit pesan yang telah terlanjur terkirim.

Akan tetapi, hingga saat ini belum jelas kapan fitur ini akan hadir di pembaruan mendatang untuk pengguna. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.