Sukses

Game Angry Birds Orisinal Bakal Dihapus dari Play Store 23 Februari 2023

Angry Birds orisinal yang dikenal sebagai Rovio Classics: Angry Birds akan dihapus dari Google Play Store Februari 2023 dan menandakan akhir era game legendaris ini.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu game paling populer, Angry Birds versi klasik yang dikenal sebagai Rovio Classics: Angry Birds, akan dihapus dari Google Play Store pada 23 Februari 2023 sekaligus menjadi penanda berakhirnya era game legendaris ini.

Pengumuman ini dibagikan pengembangnya, Rovio Entertainment melalui Twitter resmi mereka, Selasa (21/02/2023).

Dalam keterangan tersebut, Rovio mengungkapkan game ini dihapus karena berdampak pada portofolio game rilisan mereka selanjutnya, termasuk Angry Birds 2, Angry Birds Dream Blast, Angry Birds Friends, Angry Birds Journey, Angry Birds Reloaded, dan Angry Birds Minecraft.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (22/02/2023), meskipun akan dihapus dari Play Store, game ini akan berganti nama menjadi Red’s First Flight di Apple App Store sambil menunggu peninjauan lebih lanjut.

Untuk pemain yang sudah mengunduh, Rovio Classics: Angry Birds tetap dapat dimainkan pada perangkat mereka, bahkan setelah tanggal penghapusan tersebut.

Maka dari itu, para penggemar Angry Birds dapat mengunduhnya saat ini, sekaligus memastikan game seluler tersebut bisa berjalan dengan baik sebelum benar-benar dihapus dari Google Play Store.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Dihapusnya Rovio Classics: Angry Birds

Keputusan menghapus game orisinal Angry Birds di Play Store ini menimbulkan sejumlah respons dari para penggemarnya. Pihak Rovio sendiri tidak menjelaskan secara detail alasan dihapusnya versi klasik ini dari jajaran seri Angry Birds.

"Kami telah meninjau kasus bisnis Rovio Classics: Angry Birds, dan karena dampak game tersebut pada portofolio game kami yang lebih luas, kami telah memutuskan game tersebut tidak akan terdaftar dari Google Play Store pada hari Kamis, 23 Februari," tulis Rovio. 

Dilansir The Verge, Rabu (23/02/2023), diperkirakan Rovio menghapus versi klasik Angry Birds untuk mendorong pemain mencoba game-game rilisan terbaru mereka yang hadir dalam versi gratis.

Hal ini dilakukan karena lebih banyak orang yang memainkan versi klasik dibandingkan versi lainnya. 

Di sisi lain, pembelian game Angry Birds klasik seharga USD 1 kemungkinan besar tidak akan menghasilkan jumlah uang sebesar hasil transaksi mikro pada aplikasi versi gratis. Namun, alasan pasti dihapusnya Angry Birds original ini belum diketahui.

3 dari 4 halaman

Kilas Balik Game Fenomenal Angry Birds

Peluncuran game Angry Birds pertama kali dilakukan pada 2009 dan berhasil mendatangkan keuntungan besar bagi developer-nya. Game ini meraih popularitas tinggi dan membuatnya tampil dalam berbagai sekuel, termasuk acara TV dan film animasi blockbuster. 

Tidak lama setelah rilis, Angry Birds lantas menjadi aplikasi game nomor satu di Finlandia. Kemudian, game ini mulai memperluas ekspansinya ke Amerika Serikat dan Inggris.

Sebagai informasi, awal pengembangan Angry Birds dilakukan ketika Rovio sedang mencari ide permainan untuk platform layar sentuh dan kompatibel dengan platform lainnya. Menurut Rovio, game ini harus mudah dimainkan tetapi sulit untuk dikuasai.

Dari situ, Rovio mengembangkan Angry Birds sebagai game sederhana yang mengajak pemain memiliki strategi saat melempar burung untuk merobohkan menara dan meletuskan karakter babi yang jahat. 

Dengan banyaknya level yang tersedia, permainan ini menjadi semakin menantang dan adiktif bagi pemain.

4 dari 4 halaman

Berbagai Versi Angry Birds yang Tersedia di Play Store dan App Store

Seiring dengan meningkatnya popularitas Angry Birds di kalangan pecinta game seluler, aplikasi permainan yang semula hanya tersedia di iOS ini juga telah dirilis di Android.

Selain versi klasiknya, Angry Birds juga memiliki berbagai seri lainnya yang tentu tidak kalah seru dan menantang. Berikut ini beberapa versi game Angry Birds yang dapat dimainkan.

Angry Birds 2

Versi ini merupakan kelanjutan dari Angry Birds seri pertama. Sama dengan sebelumnya, di versi ini pemain juga diminta untuk menjaga telur-telur agar tidak dicuri oleh piggies di Pigs Island dan mengalahkan Boss Piggies untuk dapat lanjut ke level berikutnya.

Angry Birds Go!

Berbeda dengan versi-versi lainnya, Angry Birds Go! merupakan game balapan mobil dengan karakter yang sebelumnya telah dikenal di Angry Birds versi lainnya.

Selama balapan berlangsung, pemain harus melewati pertempuran dengan berbagai senjata spesial yang terdapat di sepanjang lintasan.

Angry Birds Blast

Permainan Angry Birds versi ini hadir dengan tema puzzle yang mengharuskan pemain menyusun blok-blok dengan warna yang sama. Semakin besar kehancuran yang pemain buat, semakin tinggi pula poin yang akan diraih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.